Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips mencegah Penyakit Rematik

tips mencegah penyakit rematik

Tips mencegah penyakit rematik tentu sangatlah penting. Di tempat saya, biasanya penyakit ini banyak diderita orang-orang yang sudah mulai tua. Ada juga beberapa yang masih berusia muda, terutama para pekerja berat.

Seseorang yang mengalami biasanya melakukan berbagai pengobatan. Baik dengan menghubungi dokter, tabib, maupun menggunakan obat-obatan tradisional. Tak sedikit anak muda yang peduli dengan orang tuanya, mencari solusi terkait penyakit ini. Tak sedikit pula yang berfikir bijak, bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Apakah kamu juga sedang mencari cara untuk mencegah penyakit rematik? Kamu berada di tempat yang tepat. Karena pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang tips mencegah penyakit rematik, dan obat alami yang bisa membantu proses pencegahannya.

Penyakit rematik, atau biasa dikenal dengan Rheumatoid Arthritis, biasanya terjadi dengan ditandai gejala seperti, kaku pada sendi di pergelangan tangan, lutut, dan bisa juga terjadi pada seluruh bagian tangan. Gejala ini biasanya terjadi pada pagi hari.

Pada beberapa literatur yang sempat saya baca, biasanya gejala kekakuan dan peradangan sendi ini, disertai dengan rasa nyeri dan panas. Pada kasus tertentu, bahkan mengalami pembengkakan pada bagian yang terkena.

Nah, untuk mencegah penyakit rematik menyerang kamu, berikut ini ada beberapa cara dan obat alami, yang bisa kamu coba untuk meredakan dan mencegah penyakit tersebut.

Baca juga:

Tips mencegah Penyakit Rematik

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit ini. Jika rajin dilakukan tubuh pun akan semakin sehat dan kuat. Ada pun cara yang kami maksud adalah sebagai berikut:

1. Istirahat dan Relaksasi

Kamu bisa memulainya dengan istirahat yang cukup dan melakukan relaksasi. Pada penderita rematik, dianjurkan untuk tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Usahakan juga untuk bisa tidur siang, walau hanya beberapa saat. 

Cara ini di percaya dapat mencegah dan meredakan gejala rematik.

2. Yoga

Jika kamu menyukai nuansa yang tenang, kamu bisa melakukan yoga dengan rutin. Dengan melakukan yoga kamu bisa meredakan nyeri pada persendian, meningkatkan fleksibilitas serta bisa menghilangkan stress dan ketegangan.

3. Olahraga

Tips Mencegah penyakit rematik berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga teratur bisa menjadi cara utama, untuk mencegah dan menurunkan resiko penyakit ini. 

Dengan olahraga, kita akan bisa memperkuat oto, meningkatkan jangkauan gerak sendi dan lain sebagainya. Tidak ada aturan jelas tentang olah raga apa yang di wajibkan untuk menurunkan, atau mencegah penyakit rematik ini. Namun kamu bisa mencoba olahraga yang banyak memanfaatkan gerak badan seperti : 

  • Berjalan kaki
  • Berenang, atau 
  • Aerobik air 

Untuk penderita rematik, hindari berolahraga yang terlalu menguras tenaga. Usahakan pula ketika berolaharga kita harus menjalaninya dengan santai, dan dengan porsi waktu yang sesuai.

4. Tai Chi

Gerakan Tai chi bisa menjadi salah satu usaha untuk mencegah dan meredakan penyakit rematik.

Dalam gerakan bela diri yang berasal dari Tiongkok ini, kita akan banyak menemukan berbagai gabungan antara gerakan lambat, lembut dan pernapasan dalam.

Penggabungan setiap gerakan ini, akan mampu melatih banyak sekali anggota tubuh kita, terutama pikiran, dan anggota tubuh lainnya, 

Menurut beberapa literatur, menyatakan bahwa tai chi dapat meningkatkan fungsi pada tubuh,  juga dapat meredakan rematik dan mencegahnya.

5. Minyak Ikan

Membahas minyak ikan mengingatkan saya akan memori kanak-kanak dulu. Setiap kali ada pedagang jamu keliling,  hal yang saya tanyakan pertama adalah minyak ikan. Jika tidak ada kecewa sekali rasanya. Jika ada tentu meminta orang tua membeli.

Rasanya begitu enak, mungkin karena zaman dulu tidak terlalu banyak snack seperti sekarang ini. Namun apa pun itu nyatanya minyak ikan memang memiliki manfaat yang sangat baik, salah satunya untuk penderita rematik.

Beberapa penelitian yang sempat dilakukan, menyatakan bahwa minyak ikan dapat membantu kita mengurangi rasa sakit, dan kekakuan yang dirasakan akibat dari rematik. Ada pun minyak ikan yang di rekomendasikan adalah : 

  • Salmon
  • Mackerel
  • Tuna
  • Cod
  • Herring 

Karena kandungan tinggi asam lemak omega-3 nya, sangat bermanfaat dalam memerangi peradangan dengan cara menghalangi reseptornya.

Lihat juga:

Jika kamu berencana ingin menambahkan minyak ikan sebagai suplemen kedalam menu harian, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter sebelumnya. Hal ini karena pada beberapa kasus yang terjadi, minyak ikan justru memperparah kondisi dan meningkatkan kemungkinan memar atau pendarahan. 

Dalam kasus lainnya, bagi beberapa orang mengkonsumsi minyak ikan dapat mengakibatkan mual. Sendawa dan juga bau amis di mulut. Untuk menghindari hal-hal negatif, berkonsultasi dengan dokter memang pilihan bijak.

Demikian pembahasan mengenai tips mencegah penyakit rematik. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari informasi tentang tips mencegah penyakit rematik yah! Terimakasih.

Salam sehat ala herbal !

1 comment for "5 Tips mencegah Penyakit Rematik"

  1. Izin nyimak hu newbie mw belajar ngblog
    https://datamoba.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete