Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Penyakit yang disebabkan Virus, Selain Corona Ada Apa Saja?

penyakit yang disebabkan virus

Penyakit yang disebabkan virus - Membahas penyakit yang disebabkan virus tentu sangat menarik. Apalagi di tengah masyarakat dunia masih dihebohkan dengan pandemi Covid-19. Meski tak terlihat, nyatanya virus memang benar adanya.

Pada zaman yang sudah serba modern ini, sangat mudah bagi kita mempercayai. Bahwa tidak hanya manusia dan hewan juga tumbuhan saja yang menghuni dunia ini. Namun ada juga ada makhluk super kecil yang turut andil didalamnya. Yaitu Virus dan makhluk bersel satu lainnya.

Virus yang kita kenal selama ini merupakan virus yang menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan. Dan memang belum ditemukan juga tentang virus yang menguntungkan bagi manusia. Kecuali bakteri yang masih bisa bekerjasama untuk kehidupan kita.

Umumnya virus bisa muncul dengan membawa visi misi untuk menghancurkan kehidupan manusia. Caranya dengan menjangkiti manusia dan banyak menimbulkan kerugian. Virus bertanggung jawab besar untuk segala dampak negatif dari kehidupan manusia. Banyak sekali jenis penyakit yang disebabkan virus yang menjangkiti manusia.

Pada artikel kali ini, akan dibahas sedikit informasi, tentang daftar penyakit pada manusia yang disebabkan oleh Virus. Artikel ini dibuat berdasarkan referensi artikel-artikel mengenai sains dan kehidupan, juga berbagai sumber lainnya.

Baca juga:

10 Penyakit yang disebabkan Virus

Tentu ada beragam penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Influenza

Daftar penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus, yang dibahas pertama adalah influenza. Penyakit ini terjadi akibat dari infeksi virus Myxovirus, dimana virus ini memiliki tiga type yaitu :

Myxovirus A

Myxovirus B, dan 

Myxovirus C

Virus ini menyerang bagian saluran pernapasan, epitelium dalam dari trakea dan bronki manusia.

2. Demam atau Batuk Pilek

Pada penyakit ini, jenis virus yang menyerang adalah Rhinovirus. Penyakit ini bisa menyerang saluran pernapasan atas, virus ini bisa menjangkiti siapapun dan dalam rentang usia berapapun.

3. Severe Acute Resporatory Syndrome (SARS)

SARS sempat menjadi momok menakutkan bagi seluruh penghuni dunia. Hal ini karena korban jiwanya yang banyak,  dan juga menular. SARS merupakan saah satu penyakit yang disebabkan virus.

Coronavirus atau SARS-associated coronavirus (SARS-CoV), virus ini menyerang bagian saluran pernapasan dan memiliki gejala khusus yaitu, demam tinggi, sakit kepala, perasaan tidak nyaman secara keseluruhan, dan juga sakit tubuh. 

Pada kasus tertentu, penderita juga bisa mengalami batuk kering

4. Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV)

MERS-CoV atau Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus, merupakan penyakit yang menyerang bagian pernapasan berat dengan gejala demam, batuk dan juga sesak napas. 

Virus ini merupakan akibat dari infeksi Corona Virus.

5. Covid-19

Virus yang sedang menjadi ketakutan terbesar masyarakat dunia, penyakit ini merupakan akibat dari infeksi virus Novel Coronavirus. Penyakit ini menyerang bagian saluran pernapasan dengan gejala yang tidak bisa di prediksi. 

Namun menurut penelitian terbaru, gejala dari penyakit ini akan muncul dalam rentang 2-14 hari setelah terinfeksi virus ini. Gejala yang terjadi adalah demam, batuk dan sesak napas.

6. Campak

Penyakit yang disebabkan virus berikutnya adalah campak. Penyakit ini di akibatkan dari infeksi virus Paramyxovirus A. 

Bagian tubuh yang di serang penyakit ini adalah saluran pernapasan dari mulut ke bronki. Setelah itu menyebar ke bagian kulit dan  juga usus halus.

7. Campak Jerman

Campak jerman, merupakan penyakit yang di akibatkan dari infeksi Rubella Virus. Virus ini dapat menyerang bagian saluran pernapasan, kelenjar limfa di leher, mata dan juga kulit.

8. Herpes

Penyakit Herpes ini terjadi akibat dari infeksi virus  Herpes simplex, virus ini menyerang bagian tubuh manusia di bagian membran mukosa di mulut, kulit dan juga alat kelamin. 

Salah satu penyakit yang disebabkan virus ini, umumnya terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Misalnya saja seperti tidak mandi secara teratur, tidak suka mencuci tangan sebelum makan, dan lain sebagainya.

9. Ebola

Penyakit ini dinamakan Ebola, bukan karena suka main bola yah, tapi karena virus yang membawa penyakit ini bernama Ebola virus. 

Virus ini akan menyerang darah dan juga pembuluh darah. Penyerangan virus ini dapat berakibat fatal, dan bisa menyebabkan pendarahan.

Lihat juga:

10. Polio

Daftar penyakit yang disebabkan virus terakhir yang kita bahas adalah polio. Sangat miris rasanya jika melihat anak yang terkena polio. Selain bentuk fisiknya kecil, kebanyakan juga tidak bisa berjalan. Masa depan bisa menjadi suram jika terkena penyakit ini.

Penyakit ini yang paling banyak kita temui vaksinya, setiap kita datang ke posyandu pasti akan di sosialisasikan tentang vaksin virus ini.

Virus ini di akibatkan dari infeksi Polio virus. Virus ini dapat menyerang faring dan usus halus.

Kemudian berlanjut menyerang darah. Virus ini juga dapat menyerang neuromootorik di vertebrae atau tulang punggung.

Demikian artikel terkait daftar penyakit yang disebabkan virus. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari informasi tentang penyakit yang di akibatkan oleh virus yah!

Semoga bermanfaat, salam sehat ala herbal !


Post a Comment for "10 Penyakit yang disebabkan Virus, Selain Corona Ada Apa Saja?"