Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Cara mengobati Bekas Luka Bakar Secara Alami Tradisional

cara mengobati bekas luka bakar

Cara mengobati Bekas Luka Bakar – Kita semua tentunya pernah mengalami luka bakar kecil di rumah, terutama ketika kita sedang melakukan pekerjaan rumah dan tanpa sengaja tangan atau bagian tubuh kita lainnya terkena benda panas, air panas atau minyak panas.

Ketika mengalami luka bakar, maka kita harus segera melakukan tindakan utama untuk menyembuhkan luka bakar tersebut, namun belum banyak yang tahu tindakan apa yang mesti dilakukan guna untuk mencegah dan mengurangi efek dari luka bakar itu sendiri.

Ketika anda atau buah hati anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan luka bakar, maka sebaiknya anda tetap tenang dan jangan terlalu panik.

Solusi terbaik untuk mengatasinya mudah kita dapatkan di sekitar kita, dengan melakukan tindakan yang cepat menggunakan obat luka bakar alami atau tradisional akan sangat efektif dalam melakukan pertolongan pertama.

Baca juga:

Cara mengobati Luka Bekas Terbakar Secara Alami

Ketika kita terkena luka bakar, maka sudah pasti luka tersebut akan meninggalkan bekas seperti melepuh dan menghitam. Bekas luka terbakar tersebut tentunya akan membuat kita merasa kurang percaya diri, apalagi jika bekas luka tersebut berada pada bagian tubuh yang sulit untuk ditutupi seperti tangan atau bagian wajah.

Tapi tak perlu cemas, sebab bekas luka bakar Anda dapat diatasi oleh sendiri secara alami dan tidak perlu berobat ke dokter atau membeli obat-obatan yang harganya mahal. Berikut ini beberapa bahan atau obat alami untuk menghilangkan bekas luka bakar, diantaranya yaitu :

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat memberikan efek dingin dan meringankan rasa sakit pada kulit yang terkena luka bakar, sehingga tanaman ini bisa anda jadikan obat ketika anda mengalami luka bakar. Gel lidah buaya pun dapat digunakan untuk membersihkan bekas luka bakar pada kulit.

Caranya yaitu : Siapkan satu batang tanaman ludah buaya ukuran sedang, lalu kupas kulitnya dan ambil gel lidah buaya tersebut. Setelah itu, bersihkan terlebih dulu bekas luka pada kulit dengan air hangat dan keringkan, kemudian oleskan gel lidah buaya secara merata dan biarkan semalaman. Lakukan setiap malam agar kulit anda bisa melakukan proses regenerasi sel kulit baru.

2. Madu

Madu juga sangat efektif untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar. Selain itu, jika secara rutin dan teratur terus menerus dilakukan maka madu akan membantu mencegah radang serta membersihkan bekas luka bakar di kulit.

Caranya pun sangat mudah, anda cukup mengoleskan madu secara merata pada luka atau bekas luka bakar, biakan semalaman agar kandungan nutrisi pada madu dapat meresap dengan sempurna dan mempercepat proses regenerasi sel kulit baru.

3. Kentang

Manfaat kentang untuk mengobati luka bakar memang masih terdengar asing bagi sebagian orang, namun faktanya kentang ini sangat efektif untuk menyembuhkan luka bakar sekaligus menghilangkan bekas luka bakar dengan cepat dan aman.

Caranya yaitu, siapkan 1 buah kentang dan kupas kulitnya dan parut. Setelah itu, tempelkan hasil parutan kentang tersebut pada bekas luka bakar, ikat menggunakan perban dan diamkan selama semalaman.

Cara ini juga sangat baik dilakukan ketika anda baru mengalami luka bakar, karena kentang dapat memberikan efek dingin pada kulit dan juga dapat meringankan rasa sakit.

4. Teh Celup

Bila Anda sering mengonsumsi minuman teh celup, sebaiknya kantong teh celup bekasnya jangan dibuang, sebab bubuk teh bekas celupan tersebut dapat Anda gunakan untuk mengobati luka bakar serta menghilangkan bekasnya pada kulit.

Caranya adalah, kantong teh bekas yang sudah dicelupkan ke air panas kemudian di celupkan lagi kedalam air dingin. Lalu tempelkan atau oles-oles secara merata pada bagian kulit yang terbakar, biarkan beberapa saat sampai sari dari bubuk teh benar-benar meresap.

Untuk memperoleh hasil sesuai yang optimal, lakukan rutin sebanyak tiga kali dalam sehari.

5. Putih Telur

Sebagian dari anda mungkin hanya tahu jika putih telur hanya dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat kecantikan kulit wajah saja, namun pada kenyataannya putih telur ini juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya peradangan serta kulit yang melepuh sekaligus mengobati bekas luka terbakar.

Caranya pengobatannya pun cukup mudah, siapkan satu butir putih telur dan rendam atau oleskan putih telur tersebut pada bagian kulit yang terbakar. Diamkan selama satu jam atau semalaman, cara ini dapat meringankan rasa sakit dan juga mampu menghilangkan bekas luka bakar dengan cepat dan aman.

Lihat juga:

6. Tepung Terigu

Tepung terigu merupakan salah satu bahan makanan yang biasa anda gunakan dalam membuat gorengan atau kue, namun disamping itu tepung terigu juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati luka bakar.

Tepung terigu yang ditambahkan sedikit air dan dijadikan pasta, maka ketika dioleskan pada luka bakar akan mencegah udara masuk ke dalam jaringan kulit, sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat luka bakar.

7. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin dan juga asam lemak esensial yang terdapat pada minyak zaitun mampu mempercepat proses penyembuhan dan sekaligus meregenerasi sel kulit baru pada kulit yang terkena luka bakar, sehingga bekas luka bakar akan pudar dan kulit akan kembali normal seperti biasanya.

Minyak zaitun mempunyai manfaat sebagai nutrisi untuk kulit, sekaligus mencegah terjadinya infeksi pada kulit yang terluka yang disebabkan oleh organisme berbahaya.

8. Minyak Kelapa dan Jus Lemon

Campuran dari minyak kelapa dan jus lemon dapat dijadikan sebagai obat alami pada luka bakar ringan, di dalam minyak kelapa mengandung vitamin E dan juga asam lemak yang bersifat anti-jamur, anti-bakteri dan juga anti-oksidan.

Sedangkan pada jus lemon mengandung asam alami yang mampu menghilangkan bekas luka terbakar. Cara membuat ramuannya yaitu, campurkan minyak kelapa dan air perasan jeruk lemon, lalu oleskan pada bekas luka bakar dan diamkan semalaman.

9. Kulit Pisang

Obat bekas luka bakar alami lainnya yaitu dapat menggunakan kulit pisang, karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan senyawa anti-oksidan yang dapat mengurangi efek peradangan dan pembengkakan pada kulit yang terkena luka bakar ringan.

Selain itu, obat alami ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar dengan cepat serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Caranya cukup sederhana, anda hanya perlu menggosok-gosokkan kulit pisang yang telah matang pada kulit yang terbakar secara perlahan, lakukan cara ini beberapa kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

10. Bawang Putih

Di dalam bawang putih mengandung sulfur dan juga quercetin yang berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan luka bakar serta menghilangkan bekas luka bakar dengan cepat.

Caranya cukup dengan mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada kulit yang terluka, diamkan selama semalaman untuk mengurangi efek peradangan dan kemerahan.

Simak juga:

11. Yogurt

Yogurt dapat bertindak sebagai obat luka bakar yang dapat mendinginkan dan mengurangi rasa sakit, obat alami ini juga dapat menghilangkan bekas luka terbakar yang melepuh dengan cepat.

Caranya yaitu cukup mengoleskan yogurt pada kulit dan biarkan selama 15 menit. Untuk efek yang lebih baik, gunakan yogurt yang dingin.

Itulah tadi beberapa obat bekas luka terbakar secara alami yang dapat kami paparkan, semoga dengan informasi ini dapat memberikan anda pengetahuan untuk melakukan tindakan pertama yang harus anda lakukan ketika mengalami kecelakaan kecil di rumah.

Jika luka bakar yang anda alami cukup parah, setelah diobati dengan salah satu obat alami diatas, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat, salam sehat ala herbal !

1 comment for "11 Cara mengobati Bekas Luka Bakar Secara Alami Tradisional"