Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara mengempeskan Jerawat dengan Aman dan Mudah

cara mengempeskan jerawat

Cara mengempeskan Jerawat – Apa yang anda rasakan ketika bangun tidur mendapati tumbuhnya jerawat di wajah anda? Pastinya anda akan merasa kesal, bukan?

Munculnya jerawat di wajah pastinya dapat membuat kita kesal, apalagi jika jerawat yang tumbuh berukuran besar, merah dan meradang. Melihat kondisi seperti ini, maka pastinya anda tidak akan tinggal diam dan mencari cara agar jerawat tersebut bisa cepat kempes dan hilang.

Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang menjengkelkan, namun jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat bisa membuat jerawat semakin parah dan meradang.

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat, jika anda ingin jerawat yang tumbuh bisa hilang dengan cepat, maka anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Baca juga:

Cara mengempeskan Jerawat yang Ampuh dengan Cara Tradisional dan Medis

1. Benzoil Peroksida

Benzoil Perosida adalah salah satu jenis obat jerawat yang ampuh mengempeskan jerawat dengan cara membasmi bakteri yang menjadi penyebab tumbuhnya jerawat.

Obat jerawat ini memiliki tingkat kadar konsentrasi yang berbeda-beda, namun untuk kadar konsentrasi 2.5% memiliki khasiat yang hampir sama dengan Benzoil Peroksida dengan kadar konsentrasi 5 sampai dengan 10%, namun untuk Benzoil Peroksida yang memiliki kadar konsentrasi lebih rendah biasanya memiliki resiko iritasi yang lebih ringan di kulit.

Benzoil Peroksida juga ternyata tidak hanya ampuh untuk membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat, tetapi juga dapat membantu pengelupasan sel kulit mati dan sekaligus mengganti sel kulit mati dengan lapisan kulit baru.

Dengan demikian, dalam satu malam pemakaian kulit wajah anda akan tampak lebih bersih, halus dan juga bebas jerawat setelah melakukan pengobatan menggunakan Benzoil Peroksida.

2. Asam Salisilat

Sama seperti Benzoil Peroksida, manfaat dari Asam Salisilat berkhasiat dan ampuh membasmi bakteri dan kuman secara cepat, sekaligus juga mampu mencegah timbulnya jerawat-jerawat baru bermunculan. Selain itu, Asam Salisilat juga mampu memberantas sel kulit mati secara menyeluruh serta sangat efektif membantu sel kulit baru tumbuh kembali.

Untuk penggunaan sangat gampang, oleskan tipis dan merata Asam Salisilat di bagian kulit yang ditumbuhi jerawat, lalu diamkan selama semalaman. Besok harinya dijamin jerawat pun akan mengempes, lakukan terus secara rutin dan teratur sampai jerawat benar-benar teratasi.

Pastikan anda mencuci wajah anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat, sehingga sel kulit mati akan lebih mudah mengelupas dan jerawat pun akan cepat kempes dan hilang dalam waktu satu malam.

3. Pasta Gigi (Odol)

Biasanya odol atau pasta gigi digunakan sebagai bahan untuk mengggosok gigi atau membersihkan gigi. Akan tetapi, pasta gigi pun ternyata mempunyai khasiat yang ampuh untuk mengobati sekaligus menghilangkan jerawat.

Kandungan zat silika pada pasta gigi bermafaat untuk mencegah bakteri dan kuman penyebab jerawat dan mampu mengempeskan jerawat hanya dalam waktu semalam saja.

Caranya pun sangat mudah dan sederhana, yaitu :

  • Bersihkan kulit wajah yang berjerawat menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan handuk lembut
  • Setelah itu, oleskan pasta gigi secukupnya saja dan tipis-tipis saja. Pastikan anda memilih pasta gigi herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami
  • Diamkan pasta gigi kering semalaman, pada keesokan harinya jerawat sudah kempes dan kering.

Pilih jenis pasta gigi yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate, karena zat tersebut dapat membuat kulit mengalami iritasi

4. Garam Laut

Kandungan zat yang terdapat pada garam laut efektif untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat, jerawat yang tumbuh akan berangsur-angsur mati dan kering.

Cara pemakaiannya adalah seperti berikut:

  • Pertama-tama, larutkan 1 sendok makan garam laut dengan 2 sendok makan air hangat
  • Kemudian sediakan kapas lalu basahi dengan air larutan garam
  • Lalu usapkan secara merata dibagian kulit yang tumbuh jerawat dan biarkan semalaman

Pada keesokan harinya jerawat akan mati, kering dan dalam beberapa hari kulit anda akan kembali bersih, halus dan bebas jerawat.

Lihat juga:

5. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil adalah salah satu produk perawatan wajah, minyak Tea Tree Oil ini dapat membasmi mikroba yang dapat bersarang pada bagian dalam pori-pori kulit wajah. Selain dapat menghilangkan jerawat.

Tea Tree Oil juga dapat berfungsi sebagai anti-radang, karena sifatnya yang mampu mencegah terjadinya peradangan seperti kemerahan. Untuk mendapatkannya bisa diperoleh di apotik ataupun toko kosmetik terdekat di kota anda.

Cara Penggunaannya yaitu :

  • Pertama-tama basahi kapas atau cotton bud, pastikan tidak dioleskan terlalu banyak pada kulit wajah
  • Setelah itu, oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat dan gunakan tipis-tipis saja
  • Diamkan semalam sampai kering, lalu bersihkan kulit wajah anda

Gunakan Tea Tree Oil secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu, sehingga jerawat akan benar-benar hilang tanpa meninggalkan bekas.

6. Tablet Aspirin

Obat aspirin sebetulnya diperuntukkan bagi penderita asma atau sesak nafas, namun ternyata obat ini pun sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Caranya yaitu :

  • Bubukkan 1 tablet aspirin, lalu larutkan dengan air secukupnya hingga memiliki tekstur seperti pasta
  • Setelah itu, oleskan obat aspirin tersebut pada jerawat secara merata dan diamkan selama semalaman

Pada keesokan harinya jerawat sudah mati dan mulai mengering.

7. Astringen

Astringen adalah suatu zat yang dapat menyebabkan terjadinya kontraksi pada kulit atau dalam istilah lain mengecil. Di dalam Astringen mengandung bahan anti-mikroba yang sangat efektif untuk mengempeskan jerawat dengan cepat dan membasminya.

Ada beberapa macam Astringen yang beredar dipasaran, untuk membelinya pastikan Anda memilih yang memiliki kandungan Asam Salisilat dan Benzoil Peroksida.

Jika anda akan membeli ke apotik, sebaiknya anda mengatakan kepada penjaga toko jika anda membutuhkan Astringen untuk kulit yang tidak terlalu keras reaksi obatnya.

Simak juga:

8. Minyak Telur

Salah satu manfaat minyak telur untuk perawatan kulit yaitu berkhasiat untuk mencegah dan mengobati jerawat, sekaligus juga mengempeskan dan menghilangkannya.

Kandungan nutrisi di dalamnya mampu menghentikan reaksi dari jerawat ini dalam waktu yang cepat, sehingga jerawat akan cepat mati dan mengering hanya dalam satu malam saja.

Cara pemakaiannya sebagai berikut :

  • Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk lembut
  • Kemudian oleskan minyak telur pada kulit yang berjerawat, namun jika jerawatnya banyak dan menyebar di seluruh wajah, maka anda bisa mengoleskan masker minyak telur ini secara merata pada seluruh permukaan kulit wajah
  • Setelah itu, diamkan selama 30 menit hingga masker kering
  • Terakhir, bilas hingga bersih tanpa sisa

Lakukan cara ini 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur, pada keesokan harinya jerawat sudah mulai mengerut dan mengering.

Itu tadi uraian mengenai cara mengempeskan jerawat dengan aman dan mudah, semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda semua.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "8 Cara mengempeskan Jerawat dengan Aman dan Mudah"