Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Cara mengatasi Bekas Jerawat yang Ampuh Secara Alami Paling Manjur

cara ampuh mengatasi bekas jerawat

Cara mengatasi Bekas Jerawat – Tumbuhnya jerawat sering kali membuat kita merasa jengkel, apalagi bekas jerawat yang ditinggalkannya akan sangat sulit sekali dihilangkan.

Namun saat ini anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan yang namanya jerawat atau bahkan bekas jerawat, ada banyak berbagai produk perawatan kecantikan wajah untuk mengatasi masalah bekas jerawat.

Ada banyak sekali berbagai produk kecantikan yang dapat anda peroleh dengan mudah di pasaran, meskipun terbilang mahal namun khasiatnya cukup ampuh dalam mengatasi bekas jerawat di wajah dengan cepat.

Untuk melakukan perawatan kecantikan memang tergolong mahal, akan tetapi jika anda mencari cara yang lebih mudah dan murah, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba cara alami yang sudah terbukti aman tanpa efek samping.

Baca juga:

Cara mengatasi Bekas Jerawat Secara Alami

Khusus buat Anda yang sedang mencari cara mengatasi bekas jerawat secara alami, maka anda bisa mencoba salah satu bahan alami dibawah ini untuk dijadikan sebagai obat jerawat secara alami. Berikut informasinya.

1. Kulit Jeruk

Bahan alami untuk mengatasi bekas jerawat ini memang terbukti ampuh dan cepat. Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan vitamin C dan juga asam alpha hidroxi yang dapat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah anda secara maksimal.

Obat bekas jerawat alami ini juga sangat ampuh membersihkan kulit wajah dari sisa-sisa make up, kulit berminyak, penumpukan sel kulit mati dan masih banyak lagi masalah kulit wajah yang lainnya.

Cara memakainya :

  • Ambil cangkang jeruk, lalu keringkan dibawah terik matahari hingga benar-benar kering.
  • Setelah itu, haluskan kulit jeruk tersebut dengan cara di tumbuk hingga halus.
  • Kemudian tambahkan sedikit air sambil diaduk hingga mirip seperti pasta, lalu gosok-gosokkan secara perlahan dengan posisi memutar dari bawah ke atas.
  • Selanjutnya, bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

2. Cuka Sari Apel

Sari cuka apel merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk mengatasi bekas jerawat, karena bahan alami ini mampu menjaga keseimbangan pH kulit dan juga mengurangi efek kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat.

Caranya yaitu :

  • Siapkan dan campurkan sekitar 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air, aduk hingga tercampur merata.
  • Setelah itu, bersihkan kulit wajah yang berjerawat dan oleskan bahan alami tadi pada bagian kulit yang berjerawat dengan menggunakan kapas.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan menggunakan air hangat.

Untuk hasil maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

3. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya dapat dijadikan sebagai bahan alami yang efektif untuk mengobati berbagai jenis luka, termasuk mengatasi bekas jerawat. Kandungan aloesin yang terdapat pada gel lidah buaya ini mampu menghambat proses pembentukan dari melanin yang dapat menjadikan kulit berwarna gelap.

Selain itu, kandungan senyawa yang terdapat pada lidah buaya juga dapat memberikan rangsangan terhadap pembentukan sel kulit baru dan sekaligus menyamarkan noda bekas jerawat.

Caranya yaitu :

  • Ambil satu batang tanaman lidah buaya langsung dari tanamannya, lalu kupas kulitnya dan ambil daging lidah buaya nya
  • Setelah itu, haluskan daging tanaman lidah buaya tersebut menggunakan blender atau pengocok telur
  • Langkah selanjutnya yaitu, oleskan masker lidah buaya tersebut pada permukaan kulit wajah yang terdapat bekas jerawat secara merata
  • Diamkan selama minimal 3 menit supaya nutrisi yang terkandung di dalam gel lidah buaya tersebut meresap secara sempurna ke dalam kulit
  • Terakhir, bilas dengan air bersih

Untuk hasil optimal, sebaiknya lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam selama satu bulan.

4. Scrub Gula pasir

Tahukah anda, ternyata gula pasir yang biasa kita jadikan sebagai pemanis makanan dan minuman juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi bekas jerawat. Gula pasir dapat kita jadikan sebagai scrub alami untuk mengikis sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit baru.

Caranya yaitu :

  • Siapkan gula pasir secukupnya, campurkan dengan satu sendok teh minyak zaitun
  • Aduk kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta
  • Sebelum menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat
  • Setelah itu, oleskan scrub gula pasir yang telah dibuat tadi pada permukaan kulit wajah atau pada bagian kulit yang terdapat bekas jerawat sambil di gosok-gosokkan secara lembut dan memutar
  • Selanjutnya, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air biasa dan menggunakan sabun muka yang biasa anda gunakan sehari-hari

5. Masker Alpukat dan Madu

Buah alpukat dan madu memang sudah sangat terkenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk perawatan kecantikan. Selain dapat melembabkan dan menghaluskan kulit, alpukat dan madu juga dapat menghilangkan noda hitam pada kulit wajah dan mengatasi bekas jerawat dengan cepat.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam alpukat dan juga madu mampu merangsang sel kulit baru, sehingga dengan perawatan secara rutin dan teratur kulit akan tampak lebih sehat, lembut dan kencang awet muda.

Caranya yaitu :

  • Ambil buah alpukat, lalu ambil daging buahnya dan masukan ke dalam wadah
  • Setelah itu campurkan dengan satu sendok makan madu dan tambahkan 1 sendok teh air perasan lemon
  • Aduk semua bahan hingga tercampur merata dan membentuk pasta
  • Oleskan masker tersebut pada permukaan kulit wajah atau pada bagian kulit yang terdapat bekas jerawat secara merata, biarkan selama beberapa saat minimal 30 menit agar nutrisinya terserap sempurna ke dalam jaringan kulit
  • Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan

Untuk mendapatkan hasil maksimal, maka sebaiknya lakukan perawatan ini minimal 3 kali seminggu.

6. Baking Soda

Umumnya banyak orang hanya tahu jika baking soda adalah bahan untuk membuat kue. Disamping itu, ternyata bahan alami ini juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan mengatasi bekas jerawat dengan cepat dan aman.

Kandungan yang terdapat pada baking soda mampu mengikis sel kulit mati dan meningkatkan pH kulit serta mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Caranya yaitu :

  • Pertama-tama buatlah pasta dari bahan satu sendok teh baking soda yang dicampur dengan dua sendok teh air, aduk hingga membentuk seperti pasta
  • Setelah itu, gunakan krim baking soda tersebut dengan mengoleskannya pada kulit wajah yang terdapat noda bekas jerawat secara merata
  • Diamkan selama minimal 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan keringkan

7. Pasta Gigi Herbal

Di dalam pasta gigi herbal terkandung nutrisi yang tidak hanya bagus untuk gigi dan gusi, tetapi juga baik untuk kulit wajah yang terdapat jerawat dan bekas jerawat.

Kandungan fluoride, hidrogen peroksida dan triclosan yang ada pada pasta gigi efektif untuk mengurangi efek dari peradangan ataupun bekas jerawat.

Caranya yaitu :

  • Sebelum menggunakannya, bersihkan terlebih dulu kulit wajah anda dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan
  • Setelah itu, oleskan pasta gigi pada bagian kulit wajah yang terdapat jerawat ataupun bekas jerawat, biarkan selama 15 menit dan bersihkan lagi dengan air dingin biasa
  • Anda bisa lakukan cara ini minimal 3 kali seminggu, dalam beberapa minggu anda sudah bisa melihat perubahannya

Untuk anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya jangan pernah coba lakukan cara ini. Hal ini dikarenakan, pasta gigi dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi.

8. Ampas Teh Hitam

Mungkin saja beberapa orang menduga kalau teh cuma bisa diminum saja, kenyataannya tak, ampas teh yang masih tetap fresh begitu ampuh untuk mengatasi bekas jerawat di wajah, bahan ini masih tetap disebut alami karena belum digabungkan dengan bahan lain, jadi kita dapat memakai ampas teh dengan baik.

Berikut adalah cara pembuatannya :

Bila Anda seorang  penikmat minuman teh, ampas hasil teh tadi janganlah di buang, segera saja dioleskan di wajah serta diamkan sepanjang 15 menit lantas basuh dengan air hangat.

Anda dapat coba langkah alami ini tiap-tiap 2-3 kali dalam satu minggu serta saksikan akhirnya sekitaran 2 minggu, ampas teh tak beresiko untuk kulit.

9. Pepaya Muda

Pepaya muda serta masih tetap fresh hasil dari pohonnya, Buah ini begitu bagus untuk perawatan muka yang gelap akibat sisa jerawat tadi, kandungan nutrisi yang tinggi pada pepaya berkhasiat untuk mengatasi bekas jerawat serta akan memberikan dampak yang baik untuk kulit muka.

1 buah pepaya muda dipotong kecil-kecil serta bersihkan sampai bersih bebas dari getahnya lantas diblender serta tuangkan pada suatu wadah.

Anda dapat mengoleskan segera juice buah pepaya tadi di muka dengan cara rata, pakai 2 kali dalam seminggu, bahan alami ini tak berikan resikonya pada kulit muka Anda.

Lihat juga:

cara mengobati bekas jerawat

10. Buah Kentang

Terkecuali pepaya, kentang juga begitu bagus untuk mengatasi bekas jerawat, bush kentang memiliki kandungan banyak vitamin yang menolong bersihkan kulit muka dari noda hitam atau flek akibat jerawat namun pemakaiannya mesti teratur setiap hari atau malam hari.

Cara pembuatannya :

Langkah menyingkirkan sisa jerawat dengan kentang, Anda dapat pilih kentang yang besar serta irislah beberapa tidak tebal lantas tempelkan irisan kentang tersebut di muka Anda,.

Janganlah lupa diamkan sekitaran 20 menit serta bersihkan kembali dengan air hangat. kerjakan saat malam maupun pagi hari.

11. Minyak kelapa Murni

Untuk Anda yang menginginkan berupaya menyingkirkan sisa jerawat dapat coba faedah minyak kelapa, namun minyak kelapa murni yang tidak ada kombinasi bahan lain, minyak kelapa memiliki kandungan Asam laurat serta Asam kaprat yang begitu ampuh untuk menyamarkan flek hitam di kulit akibat jerawat, diluar itu minyak kelapa juga dapat mencegah timbulnya jerawat baru di wajah Anda.

Berikut adalah meggunakannya:

Anda dapat bikin atau beli minyak kelapa asli atau Anda buat sendiri dengan kelapa, menyingkirkan sisa jerawat dengan minyak kelapa, Anda tak perlu memberikan bahan lain cukup berikan minyak kelapa di semua muka Anda serta diamkan sebagian menit, lantas basuh dengan air sekian kali sampai bersih, pakai saat malam hari dengan teratur.

12. Bawang Putih

Nah, bawang putih umumnya kita temukan di dapur serta berguna untuk bumbu masakan, namun bawang putih tidak kalah faedahnya untuk kecantikan, salah nya ialah untuk menyingkirkan jerawat serta sisanya, kandungan anti-septik pada bawang putih dapat melawan bakteri akibat jerawat, serta dapat mengobati luka akibat jerawat di muka Anda.

Berikut adalah cara mengolahnya:

Langkah menyingkirkan jerawat serta sisanya dengan bawang putih sangat gampang, Anda dapat melembutkan bawang putih lantas berikan di bagian yang ada jerawat maupun pada sisanya, serta diamkan sebagian menit, meskipun baunya yang menyengat namun bakal berikan dampak yang baik untuk kulit Anda, tambah baik dipakai saat malam hari.

13. Madu Alam

Seperti umum, madu satu diantara bahan alami yang memiliki sejuta faedah untuk badan serta kulit, umpamanya madu bisa mengatasi bekas jerawat dengan cara alami, kandungan antiseptik pada madu begitu baik sebagai perawatan serta mencegah jerawat, dengan kerap memakai madu bakal bikin kulit muka Anda selalu putih berseri.

Cara mengolahnya:

Berikut adalah cara pembuatan madu untuk mengatasi bekas jerawat, caranya sangat gampang, Anda tinggal mencari madu yang masih tetap alami, serta berikan pada semua muka, diamkan sepanjang 20 menit, madu begitu baik untuk perawatan kulit dari luar, lagi juga bahan alami ini tak beresiko untuk kulit.

14. Lemon

Nah, bagaimana caranya memproses lemon untuk mengatasi bekas jerawat dengan baik? kandungan pada lemon yang tertinggi yaitu Vitamin C sehingga dapat bersihkan sel kulit mati di muka hingga bakal mendorong untuk timbulnya sel kulit yang baru, jadi flek hitam akibat jerawat dapat terangkat dengan gampang.

Cara membuatnya sebagai berikut:

Langkah menyingkirkan sisa jerawat dengan air perasan lemon, kita dapat membelah 1 buah lemon yang masih tetap fresh, lantas peras airnya serta campur dalam 1 gelas air bersih.

Kemudian ambillah sehelai handuk kecil serta basahi handuk itu dengan air perasan lemon tadi lantas diamkan di bagian muka Anda selama beberapa menit, 

Bersihkan kembali muka Anda dengan air kerjakan langkah tersebut dengan baik jangan pernah tentang mata, pakai saat malam hari saja.

15. Masker Putih Telur

Sesungguhnya putih telur bukan sekedar berguna untuk mengatasi bekas jerawat saja, namun juga sebagai penutrisi kulit Anda hingga dapat bersihkan flek hitam yang disebabkan oleh jerawat.

Dengan rutin memakai masker putih telur di muka akan membuat sel kulit yang baru hingga muka Anda bakal terlihat lebih awet muda, tidak cuma itu putih telur juga dapat Anda pakai sebagai pencegah berbagai permasalahan kulit muka lainnya.

Berikut cara membuatnya :

Berikut adalah cara mudah pembuatan masker telur untuk menyingkirkan jerawat serta perawatan kulit yang lain.

  • Langkahnya sangat gampang, Anda siapkan 1 telur ayam kampung yang masih fresh.
  • Pisahkan kuning telurnya
  • Kocok sampai berbusa lalu oleskan di wajah
  • Untuk menyingkirkan bau amis Anda dapat menambahkan sedikit perasan jeruk nipis
  • Pakai masker ini saat malam hari saja paling sedikit 3 kali dalam satu minggu

16. Minyak Bunga Mawar

Pernahkah Anda mendengar minyak bunga mawar? minyak ini berguna untuk beragam penyakit kulit umpamanya luka bakar. Manfaat lain dari minyak bunga mawar ialah sangat berkhasiat untuk mengatasi bekas jerawat.

Dengan minyak bunga mawar Anda dapat mengobati flek hitam di kulit muka sehingga muka Anda terlihat lebih mempesona dan bersih dari noda.

Berikut adalah caranya:

  • Anda dapat memperoleh minyak bunga mawar di toko atau apotik, langkah memakainya Anda bisa langsung mengoleskan minyak ini di wajah
  • Sembari memijat lembut muka Anda selama beberapa menit, kemudian diamkan selama 15 menit,  lantas bersihkan dengan air
  • Pakai saat malam hari sebelumnya tidur

17. Mentimun

Selain alpukat, buah mentimun fresh yang umumnya jadi minuman juice segar di siang hari juga ampuh mengatasi bekas jerawat, kandungan Vitamin E serta anti-oksidan yang ada pada buah mentimun memiliki khasiat yang mengagumkan untuk mencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan pada kulit Anda

Bila kulit sering terpapar asap rokok maupun faktor beresiko yang lain yang akan menimbulkan jerawat hingga menyebabkan sisa yang sering jadi permasalahan besar untuk kulit Anda, bagaimana caranya menghindarinya?

Berikut caranya:

Langkah menggunakannya sangat mudah, Anda cuma memerlukan sedikit madu sebagai pelengkap untuk bikin masker wajah guna menyingkirkan sisa jerawat dengan cara alami, masker yang Anda buat cuma dapat dipakai sekali saja.

Sediakan 1 buah mentimun lantas haluskan dengan blender serta campur 2 sendok madu alami untuk 1 buah mentimun, aduk sampai benar-benar merata lantas oleskan di wajah Anda, diamkan beberapa menit selalu bersihkan dengan air hangat, buat masker ini saat malam hari saja.

Simak juga:

18. Bersihkan Muka Minimal 2 kali Sehari

Kadang-kadang beberapa orang berasumsi kalau menjaga kesehatan dan kebersihan muka cukup hanya melakukan beberapa langkah perawatan saja, namun kerap meremehkan hal yang simpel ini.

Memang iya membersihkan muka adalah hal yang begitu simpel, namun alangkah akan sangat baik untuk selalu membersihkan kulit muka sekurang-kurangnya 2 kali dalam satu hari, apalagi ketika Anda usai melakukan suatu  kegiatan, baik itu dalam ataupun luar ruangan.

Demikian ulasan mengenai Cara mengatasi Bekas Jerawat Secara Alami Paling Manjur, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua dan dapat menjadi solusi terbaik bagi anda yang memiliki masalah bekas jerawat.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "18 Cara mengatasi Bekas Jerawat yang Ampuh Secara Alami Paling Manjur"