Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mencegah Corona Covid-19 secara Alami dan Medis

cara mencegah corona virus covid 19

Cara mencegah Corona Covid-19 - Setiap orang mempunyai asumsi sendiri-sendiri tentang virus corona COVID-19 (2019-nCoV), ada yang bilang hal tersebut merupakan hoax atau konspirasi elit politik dunia saja, ada juga sebagian kalangan yang menyebut bahwa hal tersebut adalah sebuah kecelakaan yang terjadi karena bocornya senjata biologis cina di markas militernya yang terletak di Wuhan.

Namun semua rumor yang beredar tersebut sampai sekarang belum dapat dibuktikan kebenarannya dan masih dianggap sebagai hoax dari orang-orang atau kelompok tertentu yang tidak bertanggung jawab dan tidak mengetahui fakta sebenarnya tentang Covid-19 atau 2019 Novel Coronavirus tersebut.

Baca juga:

Penyebab Virus Corona COVID-19

Virus corona Covid-19 atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan virus jenis baru yang menyerang manusia.

Virus corona ini dapat menular kepada siapa saja dan dimana saja, bukan hanya anak-anak dan orang dewasa saja, virus ini juga bisa menyerang orang lanjut usia bahkan ibu hamil serta bayi baru lahir.

2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau virus corona ini merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan, yang pertama kali terdeteksi muncul di kota Wuhan, Tiongkok (Cina). Yang mana sampai saat ini, belum bisa ditemukan secara pasti vaksin untuk mencegah corona tersebut.

Beberapa kasus gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus corona, termasuk SARS dan MERS terbukti diakibatkan oleh kelelawar.

Saat air urine atau ludah dari kelelawar yang terdapat virus corona dimakan oleh babi maka virus tersebut otomatis akan menginfeksi pada babi dan menjadi obyek perantara terhadap proses penularan atau penyebaran virus selanjutnya.

Ketika manusia mengonsumsi daging babi yang sebelumnya telah terinfeksi oleh virus corona, maka orang yang telah terinfeksi virus corona tadi akan menjadi penyebar dan menularkan virus tersebut kepada orang-orang terdekat di sekitarnya melalui ludah atau air liur ketika bersin dan batuk.

Gejala atau Ciri-Ciri Terkena Virus Corona Covid-19

Kebanyakan pasien yang terkena virus corona Covid-19 ini biasanya akan merasakan tanda-tanda yang ringan atau sedang, serta akan segera membaik dengan sendirinya sehingga tidak memerlukan perawatan lebih lanjut di pusat kesehatan atau rumah sakit. Namun tetap diperlukan beberapa langkah mandiri untuk mencegah corona agar tidak semakin memburuk.

Berikut beberapa tanda-tanda yang umum terjadi:

  • Mengalami batuk kering
  • Terjadinya Demam
  • Mudah lelah

Sedangkan untuk tanda-tanda tidak umum adalah sebagai berikut:

  • Terjadinya jari kaki dan tangan yang berubah warna
  • Bintik-bintik pada kulit yang tidak biasa
  • Berkurangnya sensitifitas dari indera pengecap atau pencium
  • Mata yang memerah
  • Timbulnya diare
  • Rasa nyeri pada tenggorokan
  • Sakit atau nyeri pada persendian

Cara mencegah agar tidak Tertular Virus Corona Covid-19

cara mencegah covid-19

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah melindungi diri Anda sendiri serta orang-orang terdekat di sekeliling Anda, terutama keluarga atau kerabat.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mencari tahu tentang berbagai informasi mengenai virus corona Covid-19, disertai dengan melakukan praktik pencegahan yang sesuai dengan prosedur protokol kesehatan, yang telah ditetapkan oleh lembaga atau otoritas kesehatan.

Ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan dalam rangka mencegah corona (Covid-19) agar tidak menular kepada Anda, diantaranya yaitu:

  • Rajin mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan sabun anti-septik berbahan alkohol di air yang mengalir
  • Hindari menyentuh bagian wajah terlalu sering, seperti mata, hidung, dan mulut
  • Tutup mulut Anda dengan sikut atau lengan bagian dalam ketika bersin atau batuk, bisa juga menggunakan tisu
  • Jika tidak ada hal yang penting dan mendesak, usahakan agar selalu tetap di dalam rumah
  • Bila mengalami batuk dan demam yang tak kunjung sembuh, disertai gangguan pada pernafasan, sebaiknya segera hubungi dan periksakan ke petugas medis

Untuk memeriksakan kesehatan ke petugas kesehatan, sebaiknya dilakukan dengan cara menelepon dahulu kepada pihak medis untuk selanjutnya akan diberikan arahan tentang penanganan gangguan kesehatan yang dialami.

Cara tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencegah corona (Virus covid-19) atau virus lainnya yang beresiko mengenai orang-orang terdekat disekitar Anda.

Saat ditempat umum atau keramaian, gunakan selalu masker. Karena masker penting peranannya dalam mencegah menyebar dan menularnya berbagai macam virus dari satu orang ke orang lain, terutama virus yang penyebarannya lebih banyak melalui udara.

Lihat juga:

Cara merawat Orang yang Terkena Virus Corona Covid-19

Hampir semua orang pasti akan merasakan hal yang sama di saat adanya wabah virus corona covid-19 seperti sekarang. Stres, sedih dan merasa bingung serta bosan karena sudah lama harus selalu berada di rumah terus dan tidak bisa bebas beraktifitas dan bersosialisasi seperti biasanya di luar rumah.

Namun selama masa pandemi seperti sekarang ini, bagaimanapun juga Anda harus tetap melakukan berbagai macam rutinitas, yang menunjang untuk menjaga kesehatan dan kekebalan atau sistem imun tubuh. Perbanyak olah raga, berjemur di pagi hari, serta selalu mengonsumsi makanan yang bergizi.

Jaga komunikasi agar tetap berjalan dengan sesama anggota keluarga, kerabat, rekan kerja atau teman sekolah meskipun hanya bisa dilakukan melalui telepon dan sosial media atau internet.

Sampai saat ini, belum ditemukan vaksin atau penawar khusus yang dapat mencegah corona sekaligus mengobati secara tuntas gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh virus corona covid-19 ini.

Penanggulangan untuk mengatasi wabah ini masih terus dianalisa dan diuji, di tempat uji klinis secara mendalam oleh pakar kesehatan di berbagai negara di dunia.

Bila Anda merasakan adanya gejala-gejala seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perbanyaklah minum air putih. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta tidak terlalu capek dan istirahat yang cukup.

Alangkah lebih baiknya lagi jika Anda segera mengisolasikan diri secara mandiri di kamar terpisah dengan anggota keluarga lainnya, bila memungkinkan kamar mandi yang Anda pakai harus khusus hanya untuk Anda.

Jangan lupa juga untuk membersihkan permukaan alat atau perabotan di rumah yang sering Anda sentuh dengan menggunakan bahan dis-infektan.

Cara mengobati Sakit Akibat Virus Corona Covid-19

cara mengobati virus corona

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sampai sekarang belum dapat ditemukan obat atau vaksin untuk virus corona ini. Namun Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah agar diri Anda dan orang-orang terdekat dengan Anda tidak tertular oleh covid-19.

Dikutip dari halaman halodoc.com, selain pencegahan dengan cara medis, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan herbal dibawah ini untuk mencegah corona covid-19 secara alami, diantaranya sebagai berikut:

1. Jinten Hitam

Kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasi dalam jintan hitam terbukti mampu untuk menjaga sekaligus meningkatkan sistem imunitas (kekebalan) pada tubuh, selain itu senyawa tersebut juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi di dalam tubuh.

Dengan adanya beberapa khasiat dan manfaat dari jinten hitam, maka tidak salah lagi kalau herbal ini diyakini mampu membantu untuk mencegah corona.

2. Cengkeh

Selain memiliki manfaat sebagai rempah atau bumbu penyedap masakan, cengkeh juga mempunyai bermacam-macam khasiat untuk pengobatan dan kesehatan tubuh.

Kandungan senyawa pada kuncup bunga buah cengkeh diyakini berkhasiat untuk menetralisir racun yang berbahaya pada tubuh manusia, serta sangat ampuh untuk memperbaiki kadar sel dalam darah. Sehingga cengkeh ini diklaim mampu mencegah corona atau covid-19.

3. Daun Kelor

Kalori yang rendah serta kandungan anti-oksidan pada daun kelor diyakini berkhasiat untuk menghentikan pertumbuhan patogen atau mikro-organisme yang menjadi penyebab berbagai penyakit didalam tubuh.

Selain itu, senyawa asam amino pada daun kelor juga terbukti sangat bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa membantu untuk mencegah corona atau covid-19.

4. Jahe Merah

Salah satu bahan herbal yang paling banyak dibicarakan oleh banyak orang terkait khasiatnya bisa untuk mencegah corona, adalah jahe merah.

Kandungan gingerol dalam jahe merah diklaim mampu mencegah virus corona. Beberapa khasiat jahe merah lainnya yaitu sebagai obat herbal untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Simak juga:

5. Kunyit

Kandungan kurkumin dan sifat anti-oksidan yang dimiliki oleh kunyit, terbukti berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan serta menjaga daya tahan tubuh, dan diyakini dapat membantu untuk mencegah corona, sehingga tubuh Anda dapat terhindar dari penularan virus corona.

Bila Anda hanya merasakan gejala-gejala yang ringan dan setelah dilakukan pemeriksaan hasilnya sehat, segeralah melakukan karantina mandiri dengan meminta bantuan petugas kesehatan atau layanan kesehatan secara online untuk memperoleh informasi atau petunjuk yang harus Anda lakukan untuk menjalani proses isolasi mandiri.

Jika gejala yang Anda alami tidak kunjung reda dan makin parah, segera hubungi atau telepon petugas medis untuk dilakukan pemeriksaan atau tes kesehatan lebih lanjut mengenai kondisi yang pasti tentang kesehatan Anda.

Demikian di atas tadi uraian mengenai cara ampuh mencegahvirus corona covid-19 secara alami dan medis, tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan menerapkan pola hidup yang sehat disertai dengan selalu menjaga kebersihan.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk para pembaca semuanya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "Cara mencegah Corona Covid-19 secara Alami dan Medis"