Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Panduan Program Hamil (Promil) agar Cepat Berhasil

panduab program hamil (promil)

Panduan Program Hamil
- Program hamil atau Promil merupakan suatu upaya  agar cepat hamil dan segera memiliki momongan. Metode tersebut umumnya dilakukan melalui 2 cara, yaitu dengan cara medis dan non-medis atau alami.

Tahap-tahap dalam proses kehamilan itu sebenarnya sangatlah sederhana, pembuahan atau konsepsi dapat terjadi ketika cairan sperma yang dihasilkan oleh pria akan bertemu dan membuahi sel telur yang ada pada wanita. Bagian sebagian wanita, proses pembuahan ini dapat terjadi dengan mudah tetapi ada juga sebagian wanita lain yang sering mengalami kesulitan.

Dari 100 pasangan yang ingin hamil, 80 bahkan hingga 90 pasangan diantaranya dapat dengan mudah hamil hanya dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Sedangkan sisanya memerlukan waktu yang cukup lama atau mungkin memerlukan bantuan dari tindakan medis untuk bisa segera hamil.

Untuk dapat memahami terjadinya proses pembuahan dan juga kehamilan, mungkin sebaiknya Sobat mempelajari teori dalam mengenal lebih detail mengenai organ reproduksi pada pria dan juga wanita, mengenal masa ovulasi, mengetahui siklus haid atau menstruasi, masa subur dan mengetahui bagaimana cara untuk dapat meningkatkan kesuburan baik itu pada kaum pria maupun wanita.

Baca juga:

Persiapan dan Panduan Program Hamil (Promil)

Bagi Sobat yang ingin segera hamil dan memiliki anak, maka tidak ada salahnya jika Sobat mencoba beberapa tips sederhana dibawah ini yang dapat Sobat lakukan agar bisa cepat hamil. Simak dan ikuti beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Hentikan Penggunaan KB Sejak Dini

Pada umumnya pasangan yang baru menikah sering mengkonsumsi atau melakukan suntik KB. Pasalnya mereka ingin menghabiskan masa-masa bahagia bersama pasangan sebelum mereka memutuskan untuk memiliki anak.

Tetapi bagi Sobat yang ingin segera hamil dan memiliki anak, segera hentikan penggunaan alat kontrasepsi baik itu berupa pil KB, suntik maupun spiral.

Hal ini dikarenakan, terlalu lama mengonsumsi atau memakai alat kontrasepsi tentunya tubuh memerlukan waktu untuk mulai kembali berovulasi secara teratur sampai beberapa kali mengalami siklus menstruasi sampai tubuh Sobat siap untuk menerima kehamilan. Setelah Sobat dapat berovulasi dengan normal, maka Sobat sudah dapat melakukan langkah yang kedua.

2. Mengetahui Masa Subur

Seberapa sering pun Sobat dan pasangan melakukan hubungan intim, tetapi jika Sobat tidak melakukannya pada masa subur tetap saja Sobat akan mengalami kesulitan untuk bisa hamil.

Salah satu kesalahan terbesar dari wanita yang mengalami kesulitan untuk bisa hamil yaitu disebabkan oleh karena ketidaktahuan secara pasti kapan mereka berovulasi.

Oleh karena itu, untuk mengetahuinya Sobat bisa menggunakan alat prediksi ovulasi dan alat ini akan dapat mendeteksi setiap lonjakan luteinizing hormone (LH) pada urin, dimana hal tersebut akan terjadi pada saat 36 sampai dengan 48 jam sebelum ovulasi.

Dengan cara ini, maka Sobat akan dapat mengetahui sejak awal kapal sel telur dari tubuh Sobat dilepaskan dari ovarium.

Selain itu, Sobat juga dapat melakukan metode dengan mengukur suhu basal pada tubuh Sobat. untuk dapat memprediksi kapan Sobat berovulasi, Sobat bisa menghitungnya dengan mengurangi 14 hari dari total seluruh durasi 1 siklus menstruasi Sobat.

3. Melakukan Hubungan sebelum Berovulasi

Sperma hanya dapat bertahan hidup selama dua sampai 3 hari di dalam rahim dan tuba fallopi, tetapi sel telur akan mampu bertahan hidup kurang dari 24 jam saja. Oleh karena itu, agar Sobat bisa cepat hamil sebaiknya Sobat melakukan hubungan intim bersama dengan pasangan sebelum berovulasi.

Dengan cara ini, besar kemungkinan sperma akan dapat hidup di dalam rahim dan siap untuk membuahi sel telur yang telah dilepaskan dari ovarium.

Bagi Sobat yang memiliki durasi dari siklus menstruasinya berlangsung selama 28 hari (kondisi normalnya Sobat dapat berovulasi sejak hari ke-14), maka inilah yang sebaiknya Sobat lakukan, yaitu:

  • Cobalah untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan beberapa kali dalam seminggu. Waktu yang paling baik untuk mulai melakukan hubungan intim yaitu setelah Sobat selesai menstruasi, sehingga Sobat tidak akan melewatkan masa-masa tersubur pada diri Sobat, terlebih lagi jika panjang durasi dari siklus menstruasi Sobat sering berubah-ubah setiap bulannya.
  • Melakukan hubungan intim dua hari sekali, lakukan sejak hari ke-10 setelah Sobat selesai menstruasi.

Lihat juga:

Hal-hal yang Harus dilakukan pada saat melakukan Hubungan Intim

Berikut ini beberapa hal yang penting untuk Sobat lakukan saat melakukan hubungan intim dengan pasangan, yaitu :

Melakukan hubungan intim sebelum tidur

Melakukan hubungan intim sebelum tidur menjadi waktu yang sangat tepat, karena kemungkinan besar setelah selesai berhubungan Sobat akan langsung tidur. Dengan begitu, sperma yang masuk ke dalam vagina tidak akan tumpah keluar.

Berbaring telentang setelah berhubungan

Mengingat vagina secara alaminya lebih condong ke bawah, maka dengan berbaring telentang setiap setelah melakukan hubungan intim akan dapat membantu sperma untuk bisa tinggal lebih lama dan tidak akan tumpah ke luar. Dengan demikian, kondisi ini akan memudahkan sperma untuk dapat berenang menuju ke dalam rahim untuk melakukan pembuahan.

Posisi misionaris

Dari banyaknya posisi dalam melakukan hubungan intim, salah satu posisi yang paling disarankan untuk bisa cepat hamil yaitu dengan berbaring telentang, kemudian ganjal pantat Sobat dengan bantal agar posisinya lebih tinggi dari kepala Sobat setiap setelah melakukan hubungan intim.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berhubungan intim

Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat Sobat berhubungan intim dengan pasangan, yaitu :

Jangan gunakan pelumas

Banyak pasangan yang mengira jika dengan menggunakan pelumas buatan dapat membantu sperma berenang lebih cepat ke dalam rahim. Pada kenyataannya sangatlah keliru, justru dengan menggunakan pelumas buatan akan memperkecil peluang untuk bisa hamil.

Di dalam cairan pelumas buatan terdapat beberapa kandungan zat yang dapat merubah keseimbangan pH di dalam organ kewanitaan dan juga dapat menurunkan mobilitas dari sperma itu sendiri.

4. Jangan Khawatir jika Sobat tidak mengalami Orgasme

Tentu akan sangat menyenangkan jika bisa mencapai puncak orgasme, tetapi untuk bisa hamil Sobat tidak perlu mengalami orgasme. Meskipun beberapa orang beranggapan jika wanita mengalami orgasme akan lebih cepat untuk terjadi kehamilan, tetapi pada kenyataannya teori tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

5. Jangan Terlalu Khawatir Terhadap Penggunaan Model Celana Dalam Pria

Masalah kesuburan pada pria memang dapat disebabkan oleh karena suhu testis yang terlalu panas, sehingga dapat mempengaruhi produksi dan kualitas sperma. Tetapi wajar saja jika ada yang beranggapan bahwa celana dalam yang terlalu ketat dapat mempengaruhi kualitas sperma pria, namun secara ilmiah belum bisa membuktikan secara pasti.

6. Lakukan Tes Kehamilan

Semakin cepat Sobat mengetahui jika Sobat sudah hamil, maka semakin cepat pula Sobat dapat segera melakukan perawatan prenatal mulai dari menerapkan pola makan, minum dan juga pola hidup yang lebih sehat. Dengan demikian, kehamilan Sobat akan selalu terjaga kesehatannya. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk rutin melakukan tes kehamilan.

Simak juga:

7. Hasil Test Negatif

Jika hasil test menunjukan negatif dan Sobat belum bisa hamil bulan ini, Sobat tidak perlu khawatir karena hampir sebagian besar wanita gagal untuk bisa hamil pada saat melakukan program kehamilan pertama kali.

Besar kemungkinan Sobat salah dalam menghitung hari tersubur Sobat, sehingga sperma tidak dapat membuahi sel telur. Tidak ada salahnya jika Sobat terus mencoba kembali, karena gagal pada pertama kali melakukan program kehamilan ini bukan berarti Sobat tidak bisa hamil.

Itulah beberapa tips dan cara dalam melakukan program kehamilan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Sobat semua yang ingin segera hamil. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "7 Panduan Program Hamil (Promil) agar Cepat Berhasil"