Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mencegah Penularan Penyakit TBC dan 6 Penybabnya

cara mencegah tb

Cara mencegah Penularan Penyakit TBC dan 6 Penyebabnya
- Sakit paru TBC atau dalam istilah medis yang dikenal dengan nama Tuberkolosis ini adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri bernama mycobacterium tubercolosis.

Penyakit ini dapat menular dengan sangat cepat dan sering menyerang bagian tubuh yang mengandung banyak oksigen seperti organ paru-paru. Oleh karena itu, seseorang yang terinfeksi penyakit TBC akan ditandai dengan menderita batuk yang parah dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama bahkan penyakit ini cukup sulit untuk disembuhkan.

Penyebab Sakit Paru TBC

Infeksi paru-paru yang disebabkan oleh mycobacterium tubercolosis dapat dengan mudah menular, biasanya untuk jenis mycobacterium lain seperti hal nya bakteri mycobacterium bovis hanya akan menyerang pada hewan seperti sapi, sedangkan untuk jenis bakteri mycobacterium avium sering kali menyerang penderita penyakit HIV/AIDS.

Ada beberapa hal penting yang dapat dikenali dari bakteri mycobacterium tubercolosis, diantaranya yaitu :
  • Mycobacterium tubercolosis merupakan bakteri yang memiliki bentuk batang dan berukuran hanya 2-4 micrometer saja, sementara untuk ukuran lebar dari bakterin ini yaitu sekitar 0,2 sampai dengan 0,5 micrometer
  • Proses generasi dari bakteri ini sangat lambat yaitu sekitar 15 sampai 20 jam
  • Bakteri ini bersifat sebagai parasit intraseluler fakulatif
  • Pada rantai sel bakteri terdapat tali berbentuk khas
  • Bakteri Mycobacterium tubercolosis tidak termasuk ke dalam gram positif ataupun negatif

Penyebaran Penyakit TBC

Dalam proses penyebarannya, penyakit TBC ini dapat terjadi dalam waktu yang sangat cepat dan mudah, maka bagi seseorang yang positif terinfeksi penyakit TBC ini akan dengan mudah menularkan kepada siapa saja tanpa disengaja baik melalui batuk maupun memalui air ludah.

Bakteri mycobacterium tubercolosis akan cepat menyebar melalui udara dan kemudian akan masuk pada lingkunagn lainnya seperti ke dalam air dan tanah.

Seseorang yang terinfeksi penyakit TBC aktif akan dapat menularkan infeksi TB kepada orang lain, sedangkan seseorang yang terkena penyakit TB laten tidak akan dapat menularkan penyakit ini pada orang lain.

Bakteri penyebab penyakit TBC biasanya akan menginfeksi organ paru-paru di dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh sangat berpengaruh terhadap proses penyebaran atau infeksi dari penyakit TBC ini ke dalam tubuh.

Proses Penyebaran TBC pada Organ Tubuh

Jika terdapat bakteri yang masuk ke dalam alveoili atau ruangan di dalam tubuh yang dipenuhi kadar oksigen pada paru-paru, maka bakteri akan mulai berkembang di dalam organ paru-paru dan proses perkembangannya sangat cepat.

Setelah itu, bakteri penyebab TBC ini akan masuk dan menyebar selanjutnya akan menginfeksi organ-organ tubuh lainnya melalui kelenjar limfatik serta aliran darah.

Proses penyebarannya aka di awali pada bagian tubuh yang mengandung oksigen paling tinggi seperti paru-paru, ginjal, sumsum tulang belakang dan selaput otak.

Proses perkembangan dan penyebarannya sangat cepat, terutama jika menyerang seseorang yang sedang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Faktor Penyebab Penyakit TBC

Meskipun proses penyebaran dari penyakit TBC ini sangat cepat, tetapi sistem kekebalan tubuh dan juga faktor lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab TBC yang sudah dapat dipastikan. Berikut ini merupakan beberapa orang yang beresiko terserang penyakit TBC, yaitu :
  1. Orang dengan gejala infeksi virus HIV/AIDS
  2. Tinggal di lingkungan kumuh dan minim terpenuhinya kebutuhan nutrisi
  3. Mengonsumsi minuman beralkohol
  4. Mereka yang tinggal atau hidup di jalanan dan sering terkena polusi serta lingkungan yang sangat kotor
  5. Orang yang sudah sering terserang berbagai jenis penyakit dengan menyerang sistem kekebalan tubuh
  6. Petugas kesehatan yang sering merawat atau menangani pasien penderita penyakit TBC dan kurang menjaga kesehatan tubuh serta juga lingkungan sekitar
Awalnya penyakit TBC hanya akan menyerang organ paru-paru saja, namun jika kondisi ini terus berlangsung dan tidak segera dilakukan perawatan dengan baik dan tepat, maka penyakit ini akan berkembang dengan sangat cepat.

Penyakit TBC dapat menjadi salah satu jenis penyakit yang beresiko mengalami komplikasi, sehingga penyakit ini harus di waspadai. Ada beberapa komplikasi yang kemungkinan akan terjadi dan ditemukan pada penderita TBC jika terlambat ditangani, yaitu :

Komplikasi Penyakit TBC yang Sangat Resistan Terhadap Jenis Obat-Obatan

Dokter biasanya akan memberikan obat anti-biotik untuk mengobati penderita penyakit TBC, namun pada tahapan tertentu ada jenis penyakit aktif yang sudah bersarang di dalam tubuh tidak mengenal jenis obat, sehingga bakteri yang bersarang di dalam tubuh kebal terhadap obat.

Jika kondisi ini terjadi pada pasien penderita TBC, maka bisanya dokter akan menyarankan pasien untuk menjalani rehabilitasi atau pengobatan dalam jangka panjang dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu misalnya pengobatan selama 6 bulan atau bahkan 1 tahun.

Mengalami Kerusakan pada Organ Paru-Paru


Bakteri yang sudah hidup dan berkembang pada paru-paru menjadi lebih mudah untuk menyebar ke organ-organ tubuh lainnya, bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi dengan cepat dan menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan pada paru-paru yang umumnya dapat ditandai dengan batuk berdarah.

Terjadi Komplikasi pada Organ Dalam

Kondisi dari pasien penderita penyakit TBC akan semakin parah dan berbahaya jika sudah menyerang organ-organ tubuh lainnya seperti organ ginjal, hati, sumsum tulang belakang dan selaput otak.

Kehilangan kemampuan untuk beraktifitas

Jika bakteri penyebab TBC ini sudah menyerang bagian persendian, maka penderitanya akan merasakan rasa sakit di area persendian, pembengkakan, bernanah dan mengalami kerusakan sendi yang parah.

Kondisi seperti ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan kemampuan untuk beraktifitas dan kesulitan bergerak.

Kerusakan Mata

Kompilkasi yang serius pada penderita TBC yaitu dapat beresiko mengalami kerusakan pada mata, kerusakan ini terjadi pada bagian kornea dan juga retina mata.

Keadaan seperti ini dapat beresiko penderita TBC mengalami pembengkakan pada retina mata dan juga terganggunya kesehatan mata.

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

penyebab sakit paru tbc

Langkah paling utama dalam melakukan pencegahan infeksi bakteri tuberkulosis yaitu dengan melakukan imunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin), maka dari itu, bayi yang baru berusia 2 bulan wajib dilakukan imunisasi pemberian vaksin BCG.

Sobat juga dapat melakukan pencegahan penyakit TB ini dengan selalu mengenakan masker ketika berada di tempat yang ramai, ketika melakukan interaksi dengan penderita TB dan juga senantiasa mencuci tangan setiap sebelum dan setelah makan.

Pasien penderita penyakit TBC bisa menularkan penyakit ini jika penderita masih belum menjalani perawatan atau pengobatan dalam jangka panjang yang biasanya akan ditentukan oleh dokter.

Beberapa langkah berikut ini akan sangat berguna untuk mencegah penularan penyakit TB pada anggota keluarga dan orang-orang yang berada di sekitar kita, yaitu :
  • Biasakan untuk menutup mulut ketika sedang bersin atau batuk, Sobat juga bisa mengenakan masker dan jika Sobat memakai tisu sebaiknya tisu dibuang setelah digunakan
  • Tidak meludah dan membuang dahak sembarangan
  • Menjaga kebersihan rumah dan memiliki sirkulasi udara yang baik di dalam rumah.
  • Jangan dulu sering keluar rumah dan jangan tidur sekamar dengan orang yang belum terinfeksi minimal selama 1 bulan selama menjalani pengobatan
Itulah sedikit ulasan kesehatan mengenai 6 Penyebab Penyakit TBC dan Cara mencegah Penularannya, semoga uraian diatas dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi para pembaca semuanya.

Sampai ketemu lagi pada artikel Herbalidoc selanjutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "Cara mencegah Penularan Penyakit TBC dan 6 Penybabnya"