Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Makanan Penyebab Keguguran yang Perlu dihindari

makanan penyebab keguguran

Makanan Penyebab Keguguran
memang sudah semestinya untuk anda hindari, sehingga janin yang ada dalam kandungan akan tetap terjaga kesehatannya sampai bayi lahir dengan sehat dan selamat. Pada umumnya setiap ibu hamil harus cermat dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi, tujuannya yaitu untuk mencukupi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil.

Ada banyak sekali jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh para ibu hamil, namun tidak sedikit pula jenis makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pada setiap jenis makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, ada yang baik untuk dikonsumsi dan ada juga yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dianggap mengandung zat berbahaya yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan dan bahkan menyebabkan keguguran.

Oleh karena itu, sangat penting untuk anda ketahui jenis makanan apa saya yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika anda belum mengetahuinya, kami akan bahas berbagai jenis makanan apa saja yang dapat menyebabkan keguguran.

Dengan demikian, anda akan lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang akan anda konsumsi selama kehamilan.

Baca juga:

Makanan Penyebab Keguguran yang Harus dihindari

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan keguguran, diantaranya yaitu :

1. Buah Nanas

Nanas merupakan salah satu jenis buah yang yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering dapat meningkatkan resiko keguguran bagi mereka yang sedang hamil muda. Hal ini dikarenakan, di dalam buah nanas mengandung enzim yang disebut dengan Protease Bromealin.

Kandungan zat ini memiliki nilai kimiawi yang sama dengan senyawa Papain yang banyak terdapat dalam buah pepaya muda. Maka dari itu, besar kemungkinan nanas juga dapat menyebabkan keguguran bagi ibu hamil muda yang mengonsumsinya.

2. Kepiting

Makanan penyebab keguguran lainnya yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu makanan olahan kepiting, olahan kepiting ini merupakan termasuk ke dalam salah satu jenis makanan seafood yang memiliki rasa sangat enak dan lezat yang sangat disukai oleh masyarakat.

Di dalam kepiting ini mengandung nutrisi yang sangat tinggi dan lengkap serta mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, di balik rasanya yang sangat lezat ternyata olahan kepiting ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

3. Buah Delima

Selain buah nanas, jenis makanan penyebab keguguran yang termasuk ke dalam buah-buahan lainnya yaitu buah delima. Mengkonsumsi buah delima baik dalam bentuk jus maupun dikonsumsi secara langsung dapat meningkatkan resiko keguguran apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering.

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dapat menyebabkan ibu hamil muda mengalami kontraksi yang cukup hebat dan disertai dengan kram pada rahim, sehingga anda wajib menghindari buah yang satu ini dan perlu juga anda ketahui bahwa biji buah delima inilah yang paling berbahaya bagi ibu hamil.

Simak juga:

4. Ikan

Meskipun di dalam daging ikan mengandung protein yang sangat tinggi dan juga vitamin yang lengkap, tetapi pada saat trimester pertama kehamilan sangat disarankan untuk menghindari mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang banyak terutama untuk jenis ikan kaleng.

Makanan jenis ikan kaleng ini diketahui memiliki kandungan bahan pengawet yang sangat tinggi, kandungan pengawet ini dapat menyebabkan terjadi retensi air. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi ikan yang hidup di air yang sudah tercemar.

5. Pepaya Muda

Jenis buah lain yang harus dihindari oleh ibu hamil yaitu buah pepaya muda. Buah ini diketahui mengandung berbagai zat yang berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan embrio, karena kandungan zat berbahaya pada buah pepaya muda ini bisa saja menyebabkan terjadinya kontraksi yang kuat pada rahim sehingga sangat berpotensi menyebabkan keguguran.

Bahkan telah dilakukan penelitian dengan dipraktikkan pada tikus yang sedang hamil, sebagian besar tikus mengalami keguguran ketika diberi makan buah pepaya muda. Meski demikian, sampai saat ini masih belum dilakukan penelitian apakah jenis pepaya matang juga dapat menyebabkan keguguran atau tidak.

5. Durian

Bagi Anda yang sangat gemar mengkonsumsi buah durian, maka saat hamil sebaiknya Anda menghindarinya dulu sampai bayi anda lahir. Hal ini dikarenakan, kandungan asam arachidonat dan juga kandungan alkohol yang terkandung di dalam durian sangat tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kandungan asam arachidonat ini dapat memicu pembentukan prostaglandin yang dapat merangsang terjadinya kontraksi dan menyebabkan keguguran. Sedangkan untuk kandungan alkohol yang terkandung di dalam buah durian ini dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan berat badan yang sangat rendah. Jika alkohol yang masuk ke dalam tubuh sangat banyak, maka sangat beresiko mengalami keguguran.

6. Daging dan Telur

Perlu Anda ketahui bahwa kedua makanan ini tidak sepenuhnya tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil, hanya saja ibu hamil harus berhati-hati ketika mengolah atau memasak kedua jenis makanan ini.

Hindari mengkonsumsi kedua makanan ini yang dimasak setengah matang apalagi dikonsumsi mentah. Hal ini dikarenakan, di dalam daging dan telur mentah mengandung bakteri salmonella yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh ibu hamil, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

7. Keju

Jenis makanan berikutnya yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda yaitu keju, keju sendiri sebenarnya tidak memiliki kandungan yang berbahaya justru seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa keju ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jenis keju yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu keju yang tidak dipasteurisasikan terlebih dulu, sedangkan jenis keju yang telah dipasteurisasikan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena diyakini dapat menyebabkan keguguran. Maka dari itu, jika anda ingin mengkonsumsi keju, sebaiknya pilih jenis keju yang benar-benar berkualitas dan terjamin kesehatannya.

Faktor Penyebab Keguguran Selain  Makanan

Perlu anda ketahui juga bahwa penyebab keguguran bukan hanya disebabkan oleh mengkonsumsi makanan tertentu saja, bahkan bisa jadi keguguran yang terjadi disebabkan oleh faktor lain yang sangat perlu anda waspadai, seperti kekurangan asupan nutrisi selama masa kehamilan terlebih asupan asam folat, terkena infeksi dan juga dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup yang kurang sehat seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol.

Berbagai penyebab tersebut juga tidak boleh dianggap sepele dan harus anda hindari, apalagi jika usia kehamilan anda masih sangat muda. Upayakan untuk selalu melakukan aktivitas fisik ringan secara rutin dan teratur.

Selain itu, Anda harus periksakan kondisi kesehatan kandungan dan janin secara berkala ke bidan atau dokter spesialis kandungan terdekat untuk memantau perkembangannya.

Lihat juga:

Demikianlah ulasan mengenai beragam jenis makanan penyebab keguguran, semoga ulasan singkat diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk Anda semua.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "7 Makanan Penyebab Keguguran yang Perlu dihindari"