Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara menjaga Kesehatan Jantung, Penting diketahui Setiap Orang!!!

cara menjaga kesehatan jantung

Cara menjaga kesehatan jantung
sangatlah penting untuk diketahui semua orang. Tak sedikit kebahagiaan terenggut karena jantung bermasalah. Mulai dari tidak leluasa beraktifitas, hingga harus meregang nyawa secara tiba-tiba.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa penyakit kardiovaskuler adalah penyakit non-menular.

Penyakit ini mengambil andil besar dari kematian manusia hampir di seluruh bagian dunia. Jalan satu-satunya untuk terhindar dari penyakit jantung adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Menurut WHO, sebanyak 17,7 juta jiwa meninggal setiap tahunnya karena penyakit jantung. Jika di lihat lebih detail dari data yang disajikan, dari total kematian hampir setengahnya di akibatkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke.

Pada tahun 2030 WHO memperkirakan, kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung akan meningkat tajam, yakni sekitar 23,3 juta jiwa.

Pada artikel kali ini Herbalidoc akan membahas cara menjaga kesehatan jantung yang hampir semua orang di dunia ini sudah menjalankannya.

Baca juga:

5 Cara menjaga Kesehatan Jantung

Semua orang tentu setuju mencegah lebih baik dari pada mengobati. Selain lebih mudah dilakukan, langkah pencegahan juga dapat dilakukan dengan penuh suka cita. Berbeda dengan mengobati, selain harus menahan rasa sakit berbagai beban lain pun dapat dirasakan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar jantung senantiasa sehat. Diantaranya cara tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Gejala yang Mungkin Timbul

Selalu perhatikan gejala yang biasa timbul dari penyakit jantung ini, karena gejala bisa timbul tidak hanya dari orang-orang yang beresiko. Tapi kita yang sehat pun masih memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung. 

Selalu mewaspadi gejala yang terjadi sebenarnya menjadi kewajiban semua orang. Hal ini karena penyakit jantung ini, kadang suka menyerang tiba-tiba.

Salah satu cara mudah untuk melakukan pengecekan sebenarnya sangat mudah. Kamu tinggal menulis beberapa perubahan yang terjadi pada setiap  gejala yang timbul, misalnya :

  • Kesulitan menarik napas
  • Sesak saat berbaring
  • Timbul bengkak pada kaki dan tangan,
  • Muncul keringat dingin disertai nyeri dada
  • Detak jantung tidak teratur meski tanpa sebab
  • Pingsan dan gejala lainnya.

Jika kamu merasakan gejala-gejala yang saya sebutkan di atas, segera hubungi dokter terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Penanganan secara dini akan meminimalisir hal-hal tidak diinginkan terjadi. Selain itu kamu juga akan bisa memastikan kondisi kesehatan saat itu. Selain semakin tenang, jika ada suatu hal terjadi maka bisa segera diatasi.

2. Rutin Olahraga

Olahraga sangat membantu sekali dalam meningkatkan pertahanan dan kebugaran jantung,  juga paru-paru. Dengan rutin berolahraga kita akan mendapatkan manfaat seperti, menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Olahraga juga dapat menjaga berat badan tetap ideal. Olahraga yang rutin bisa dilakukan setidaknya  30 menit sehari, dan minimal 5 hari dalam seminggu.

3. Rutin Cek Tekanan Darah

Rutin melakukan cek tekanan darah bisa mencegah kita dari penyakit jantung. Tekanan darah yang normal biasanya ada di bawah angka 120/80 mmHg.

Jika tekanan darah kita lebih dari angka normal, kita akan mengalami Hipertensi. Dimana Hipertensi itu sendiri dapat menyebabkan penyakit jantung. Fakta ini membuat kita tidak heran lagi, orang-orang yang mengalami tekanan darah tinggi lebih mudah mengalami jantung bermasalah.

4. Batasi Asupan Kolesterol

Cara ini adalah salah satu yang sangat ideal, dengan membatasi asupan kolesterol kita dapat menjaga tekanan darah. Asupan kolesterol yang dibatasi akan membuat tubuh kita dapat mengendalikan lemah jenuh, dan kolesterol tetap dalam batas yang wajar.

Untuk membatasi asupan kolesterol, kamu bisa mulai dengan membatasi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh seperti :

  • Daging berlemak
  • Sosis dan daging burger
  • Mentega
  • Krim, hingga
  • Kue, biskuit, cokelat, dan permen

Disertai pula dengan perbanyak konsumsi makanan yang berserat dan juga ikan.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih selalu menjadi peran utama dalam kesehatan, dari mulai kesehatan jantung sampai kesehatan untuk bagian  tubuh yang lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi air putih kandungan oksigen dalam darah juga meningkat. Hal ini dapat membantu jantung untuk lebih ringan dalam bekerja menyalurkan darah ke seluruh tubuh.

Boleh di bilang bahwa jantung merupakan pusat kehidupan kita. Dari jantung mengalir darah yang diperlukan seluruh anggota dan organ tubuh. Jadi, menjaga jantung merupakan kewajiban yang harus dijalankan.

Dengan jantung yang sehat maka kita bisa lebih produktif lagi dalam menjalani kehidupan. Kita pun bisa dengan leluasa menyayangi keluarga kita.

Berbagai pemberitaan tentang kematian mendadak karena jantung bermasalah, selain memberi efek negatif juga memberi dampak positif. Diantaranya adalah kita lebih peduli akan kesehatan. Lebih dari itu, senantiasa berbuat yang terbaik tanpa harus menunda-nunda lagi.

Lihat juga:

Serangan jantung mendadak adalah salah satu bukti, bahwa umur manusia tidak ada yang tahu kapan berakhir masanya. Oleh karenanya, lakukanlah yang terbaik sekarang juga. Dimulai dengan keluarga, lingkungan, hingga agama, bangsa dan negara.

Demikian pembahasan mengenai cara menjaga kesehatan jantung, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Jangan lupa share agar semakin banyak yang merasakan manfaatnya

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "5 Cara menjaga Kesehatan Jantung, Penting diketahui Setiap Orang!!!"