Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara mengobati Flu dan Batuk Pilek secara Alami

cara mengobati flu

Cara mengobati Flu dan Batuk Pilek secara Alami
- Flu yang disertai batuk pilek merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi virus pada alat pernafasan manusia seperti tenggorokan, hidung, serta paru-paru.

Penyakit influenza ini dapat terjadi karena disebabkan virus RNA yang termasuk kelompok virus Orthomyxoviridae yang notabene merupakan virus influenza.

Penyakit Batuk pilek atau flu ini bisa dengan mudah menular dari penderita flu kepada orang lain. Flu bisa ditularkan melalui virus yang menular melalui udara, kontak langsung dengan penderita flu, berbagi makanan, minuman, dan juga saat bersin.

Selain dapat menular pada orang terdekat atau keluarga kita, terserang sakit flu biasanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Jika sudah terkena sakit flu, biasanya dapat mengganggu aktivitas pernapasan pada hidung karena adanya lendir pada saluran hidung. Selain itu, sakit flu biasanya juga disertai dengan batuk dan rasa sakit kepala ringan.

Untuk itu, kita harus segera mengatasi sakit flu atau pilek ini. Lalu, apa saja obat sakit flu alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit flu? Dan bagaimana cara menyembuhkan flu secara alami? Untuk mengetahuinya simak bahasannya dibawah ini.

Gejala Sakit Flu

Ada beberapa gejala atau tanda saat tubuh terserang penyakit influenza atau pilek ini. Berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa ditemukan saat seseorang mengalami flu atau pilek
  • Mengalami bersin-bersin
  • Tersumbatnya saluran pernafasan seperti hidung
  • Saluran hidung menjadi basah
  • Terasa gatal pada tenggorokan
  • Bisa juga disertai batuk berdahak
  • Mata menjadi berair
  • Mengalami demam ringan
  • Tubuh terasa sedikit kelelahan
  • Biasanya disertai pusing atau sakit kepala ringan
Penyebab Sakit Flu

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terserang sakit flu dan batuk. Berikut ini adalah beberapa  hal yang bisa menjadi penyebab sakit flu dan batuk:

1. Infeksi Virus

Salah satu penyebab utama seseorang terserang penyakit flu atau pilek adalah karena adanya infeksi virus. Salah satu virus yang bisa menyebabkan sakit flu adalah virus RNA. Virus ini merupakan salah satu jenis virus yang dikelompokkan kedalam jenis virus Orthomyxoviridae yaitu jenis virus influenza.

2. Perubahan Musim

Faktor lain yang menjadi penyebab sakit flu adalah karena adanya pergantian musim atau perubahan cuaca. Perubahan musim dari hujan ke musim kemarau dan sebaliknya atau umumnya lebih dikenal dengan sebutan musim pancaroba biasanya menyebabkan melemahnya kondisi sistem pertahanan tubuh manusia.

Hal ini berdampak pada rentannya tubuh terserang berbagai penyakit, salah satunya sakit flu atau pilek yang disertai batuk ini.

3. Alergi terhadap Debu

Sebagian orang memiliki alergi terhadap benda asing tertentu yang masuk kedalam hidung. Salah satunya adalah alergi terhadap debu yang bisa menyebabkan bersin-bersin sehingga menyebabkan sakit flu atau pilek.

4. Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh yang tidak prima menjadi penyebab tubuh rentan terserang berbagai penyakit. Saat sistem pertahanan tubuh melemah menyebabkan penyakit mudah menyerang tubuh salah satunya adalah sakit flu ini.

5. Minuman Dingin

Minuman dingin juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab sakit pilek. Bagi beberapa orang, mengonsumsi es atau minuman dingin bisa mengakibatkan dirinya terkena sakit pilek.

Orang yang tidak biasa mengonsumsi minuman dingin akan mudah terkena sakit pilek saat mereka mencoba mengonsumsi es atau minuman dingin. Hal ini dikarenakan minuman yang terlalu dingin dapat merangsang produksi lendir.

Cara mengobati Flu dan Batuk Pilek

cara mengobati batuk pilek

Ada berbagai bahan tradisional yang bisa Sobat manfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan flu atau pilek. Berikut ini adalah beberapa bahan herbal alami untuk mengobati flu dan batuk:

1. Jahe

Sobat bisa memanfaatkan jahe sebagai bahan herbal untuk menyembuhkan sakit flu dan batuk. Jahe dikenal memiliki kandungan senyawa anti virus yang berguna membantu menghilangkan virus penyebab flu dan batuk.

Beberapa jenis jahe seperti jahe biasa dan jahe merah telah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan sakit flu dan batuk.

Dari hasil riset menunjukkan bahwa jahe memiliki kandungan gingerol, minyak atsiri, terpenoid zingiberol serta shogaol yang merupakan senyawa yang banyak digunakan sebagai bahan obat batuk.

Cara membuatnya cukup mudah, bersihkan lalu tumbuk beberapa ruas jahe, lalu masukkan ke dalam segelas air hangat, kemudian tambahkan madu secukupnya. Aduk hingga merata dan minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari.

2. Madu

Madu memiliki sifat sebagai anti-bakteri yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia, salah satu khasiat madu yaitu dapat digunakan untuk membantu meredakan batuk dan sakit flu.

Madu mampu mengurangi iritasi pada saluran tenggorokan. Namun, sebaiknya madu tidak diberikan pada anak yang berusia dibawah 2 tahun. Sobat dapat mencampurkan madu murni dengan lemon untuk diminum agar membantu meredakan batuk pilek.

3. Pepermint

Salah satu bahan herbal yang banyak digunakan untuk menyembuhkan flu atau pilek adalah pepermint. Kandungan senyawa yang bernama mentol mampu mengencerkan dahak serta lendir pada saluran pernapasan serta mampu untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Sobat dapat membuat segelas teh pepermint dengan menambahkan madu murni secukupnya. Lalu minumlah 1 sampai 2 kali sehari untuk membantu menghilangkan flu dan batuk.

4. Bawang Putih

Sobat juga bisa menggunakan bahan tradisional seperti bawang putih sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi batuk pilek.

Bawang putih mengandung zat yang memiliki sifat anti-viral ringan serta mampu memperkuat daya tahan tubuh. Sobat bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurkannya pada menu makanan sehari-hari.

5. Ekstrak Elderberry

Elderberry merupakan tanaman yang berasal dari eropa yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan, salah satunya untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat serta gangguan pada saluran pernapasan yang lain.

Ekstrak elderberry ini memiliki bermanfaat sebagai anti-viral serta anti-inflamasi yang berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan sakit flu.

6. Lada dan Madu

Madu memiliki sifat anti-bakteri yang mampu mengurangi iritasi pada saluran pernafasan. Sobat bisa menggunakan campuran madu dan lada sebagai obat tradisional flu untuk membantu mengatasi batuk pilek.

Cara membuatnya pun sangat gampang:
  • Campurkan 1 sendok makan bubuk lada dengan 1 sendok makan madu pada satu gelas air yang telah mendidih
  • Setelah itu aduk hingga merata, tunggu hingga air menjadi hangat
  • Lalu minum ramuan tersebut 1 sampai 2 kali dalam sehari untuk melegakan pernapasan
Perlu Sobat ketahui, sebaiknya jangan menggunakan ramuan ini untuk mengatasi flu dan batuk pada anak-anak.

7. Garam

Cara sederhana untuk membantu meredakan batuk pilek adalah dengan berkumur-kumur dengan air garam. Berkumur menggunakan campuran air garam berguna untuk membantu melembabkan tenggorokan.

Sobat bisa berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam, kunyit, jahe, kencur atau cuka apel.

Berkumur dengan bahan-bahan tersebut juga bermanfaat untuk membersihkan bakteri yang ada pada mulut yang menjadi penyebab flu dan batuk.

Demikian tadi informasi tentang 7 cara mengobati flu dan batuk pilek secara alami, semoga uraian diatas dapat memberikan manfaat untuk para pembaca semuanya.

Sampai jumpa pada postingan Herbalidoc berikutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "7 Cara mengobati Flu dan Batuk Pilek secara Alami"