Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara menghitung Berat Badan Ideal Untuk Pria dan Wanita, Anak-Anak serta Ibu Hamil

cara menghitung berat badan ideal

Cara menghitung Berat Badan Ideal Untuk Pria dan Wanita, Anak-Anak serta Ibu Hamil
- Berat badan ideal dan bentuk tubuh proporsional pastinya sangat diidam-idamkan oleh setiap orang untuk memilikinya, terutama bagi kaum wanita.

Hal ini dikarenakan, dengan memiliki berat badan yang ideal dapat meningkatkan rasa percaya diri. Namun tahukah Sobat, apa perbedaan dari bentuk tubuh ideal dengan berat badan ideal?

Disini dapat sedikit kami jelaskan bahwa bentuk tubuh ideal adalah suatu hal yang di nilai subjektif, karena bentuk tubuh yang ideal menurut Sobat tentunya akan berbeda dengan tanggapan dari orang lain seperti teman, saudara atau bahkan pasangan Sobat.

Jika bentuk tubuh yang ideal itu termasuk ke dalam hal yang subjektif, maka berat badan ideal termasuk ke dalam hal yang objektif. Lalu, apakah Sobat merasa jika bentuk tubuh Sobat yang saat ini di anggap tidak ideal?

Tapi tunggu dulu, mungkin bisa saja Sobat merasa jika bentuk tubuh Sobat tidak ideal, tetapi untuk ukuran berat badan mungkin saja termasuk ke dalam kategori ideal.

Baca juga:

Masih bingung apakah berat badan Sobat sudah termasuk pada angka ideal atau tidak? Lalu, bagaimana cara mengetahui berat badan pria dan wanita sudah ideal atau belum? Nah, untuk mengetahuinya Sobat bisa simak penjelasannya pada artikel Herbalidoc berikut ini.

5 Cara menghitung Berat Badan Ideal

Apakah Sobat tahu, apa itu BMI? BMI adalah kependekan dari Body Mass Index. BMI merupakan suatu perhitungan kalkulator yang dihitung berdasarkan dari tinggi badan dan berat badan Sobat, kemudian angka tersebut dihitung dan diketahui apakah berat badan Sobat sudah termasuk ke dalam kategori ideal atau tidak.

Metode Penghitungan Berat Badan Ideal memakai Rumusan Kalkulator BMI

Cara menghitung berat badan dengan memakai metode BMI ini baru bisa dilakukan pada usia 20 tahun, sedangkan perhitungan pada seseorang yang berusia diatas 20 tahun bisa berbeda. Akan tetapi, cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan metode BMI ini akan dianggap sedikit menyesatkan bagi seorang atlet atau para olahragawan.

Hal ini dikarenakan kalkulator BMI juga akan menghitung berat badan yang berasal dari masa otot, sehingga kalkulator BMI akan menunjukan kegemukan yang pada kenyataannya justru tidak.

Angka BMI menunjukan angka normal dengan kisaran antara 18.5 hingga 25. Jika angka BMI menunjukan angka diatas 25 berarti menujukan jika Sobat beresiko mengalami penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2 dan juga osteoporosis.

Dengan demikian, bagi Sobat yang memiliki angka BMI antara 25 dan 18 untuk melakukan konsultasi dengan dokter atau dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat agar berat badan Sobat menjadi ideal.

Terlebih bagi Sobat yang memiliki angka BMI mencapai lebih dari 40, maka Sobat harus berhati-hati karena pada kondisi ini akan dapat membahayakan kesehatan tubuh Sobat.

Cara menghitungnya yaitu seperti berikut :

Berat tubuh ideal = Berat badan (kg) : (Tinggi badan)² (m)

Sebagai contoh :

Apabila berat badan Sobat mencapai 47 kg dengan memiliki tinggi badan mencapai 1.63 meter, maka Sobat dapat membagi 47 : (1.63)² = 17.8. maka bisa disimpulkan jika angka BMI Sobat yaitu 17.8.

Untuk angka BMI yang di nilai normal atau ideal yaitu berkisar antara 18.5-25, namun jika angka BMI Sobat berada di bawah 17, maka Sobat termasuk orang yang kekurangan berat badan.

Sedangkan jika nilai BMI Sobat diatas 40, maka Sobat termasuk ke dalam seseorang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) sehingga harus berhati-hati.

Lihat juga:

Cara menghitung Berat Badan Ideal dengan menggunakan Rumus Brosca

Cara perhitungan ini pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Pierre Paul Brosca, rumus brosca yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu untuk menghitung berat badan perempuan dan laki-laki.

Rumus perhitungannya yaitu :

Wanita : Berat badan yang ideal (kg) = {tingginya badan (cm) – 100} – {[tingginya badan (cm) – 100] x 15%}

Sedangkan rumus untuk pria adalah sebagai berikut:

Pria : Berat badan yang ideal (kg) = {ukuran tinggi badan (cm) – 100} – {[ukuran tinggi badan (cm) – 100] x 10%}

Salah satu contohnya:

Untuk laki-laki yang memiliki tinggi badan mencapai 172 cm, maka cara menghitung berat badan idealnya yaitu (172-100) – {(172-100) x 10%} = 72 – 7.2 = 64.8.

biasanya masyarakat umum hanya menghitung berat badan ideal dengan cara tinggi badan di kurangi (-100), dan bagi mereka itu adalah berat badan ideal, tapi itu bukanlah angka yang ideal.

Nah, sekarang Sobat sudah tahu bagaimana cara menghitung berat badan ideal yang benar baik itu bagi perempuan maupun laki-laki mulai dari usia 20 tahun ke atas. Selain itu, Sobat juga wajib tahu bagaimana cara menghitung berat badan ideal pada anak-anak dan juga cara menghitung berat badan ideal pada ibu hamil.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Anak

menghitung berat badan

Cara menghitung idealnya berat badan pada anak berumur 1-10 tahun

Rumus :

Berat badan ideal anak = 2.n + 8 (n adalah usia anak dalam hitungan tahun)

Salah satu contoh :

Jika usia anak Sobat 3 tahun 4 bulan, maka cara menghitungnya yaitu (2 x 3.4) + 8 = 14.8. Jadi, berat badan ideal anak Sobat yaitu 14.8 kg.

Cara untuk menghitung berat badan ideal pada anak usia diatas memang terbilang cukup mudah, tapi bisa juga menjadi rumit. Sebagai contoh, jika anak Sobat berusia 3 tahun 10 bulan. Maka jika kita konfersikan akan menjadi 3.10, lalu angka tersebut dikalikan dengan 2 dan hasilnya akan menjadi 6.20.

Jadi usianya 6 tahun 20 bulan. Kemudian dihitung lagi, 20 bulan sama dengan 1 tahun 8 bulan. Maka angka 6.20 ditambahkan dengan angka 1.8 dan hasilnya menjadi 8, kemudian tambahkan dengan angka 8 dan hasilnya berat badan idealnya yaitu 16 kg.

Menghitung berat badan ideal anak usia 0-12 bulan

Rumus :

Berat badan ideal = {umur (bulan) :2} + 4

Salah satu contoh :

Jika usia anak 5 bulan, maka sama dengan 5:2 + 4 = 2.5 + 4 =6.5

Simak juga:

Cara menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Setiap ibu hamil pasti selalu memperhatikan dan menjaga berat badannya agar tetap ideal dan sehat, tujuannya yaitu untuk menjaga kesehatan calon bayi yang ada dalam kandungan. Cara menghitungnya sangat mudah, yaitu :

Rumus :

BBIh = BBI + (UH x 0.35)

Keterangan :

BBIh = Berat Badan Ibu hamil

BBI = Berat badan ideal

UH = Umur kehamilan dalam hitungan minggu

0,35 = Tambahan berat badan kg per-minggu

Untuk mencari tahu angka berat badan ideal pada ibu hamil, kita bisa memakai rumus Brosca.

Salah satu contoh :

Jika ibu hamil memiliki tinggi badan mencapai 155 cm dan usia kehamilannya menginjak usia 27 minggu, maka angka BBI menurut rumus Brosca yaitu 46.75 kg.

Cara menghitungnya, yaitu :

BBIh (Berat Badan Ibu hamil)= 46.75 + (27/Usia kehamilan x 0.35/Tambahan berat badan per-minggu) = 46.75 + 9.45 = 56.2 kg

Dari hasil contoh cara perhitungan tersebut menunjukan bahwa, berat badan ideal untuk ibu hamil tersebut yaitu sekitar 56.2 kg.

Demikian tadi beberapa cara menghitung berat badan ideal yang bisa Sobat lakukan, namun jika Sobat masih merasa ragu atau masih belum yakin dengan hasilnya. Maka Sobat bisa mencoba membuka laman internet khusus untuk menghitung berat badan ideal secara online.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "5 Cara menghitung Berat Badan Ideal Untuk Pria dan Wanita, Anak-Anak serta Ibu Hamil"