Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah dan Alami

cara mengecilkan perut buncit

Cara mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah dan Alami
- Perut buncit pastinya akan dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri, sehingga tidak sedikit orang yang merasa frustasi dengan kondisi seperti ini.

Perut merupakan area yang paling banyak menimbun lemak, karena otot-otot yang ada di bagian perut sangat jarang digunakan atau dilatih, sehingga proses pembakaran lemak di area perut sangat sedikit dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Banyak sekali penyebab berut buncit yang jarang kita sadari dalam kehidupan sehari-hari mulai dari kebiasaan ngemil cemilan terutama cemilan manis, kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga, sering minum minuman beralkohol, minuman bersoda, kebiasaan tidur setelah makan dan masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya, yang dapat menyebabkan perut buncit.

Lalu, bagaimana cara mengecilkan perut buncit?

Ada banyak sekali cara untuk mengecilkan perut buncit, mulai dari rajin berolahraga, menerapkan pola makan sehat dan juga gaya hidup sehat setiap hari. Untuk itu, dibawah ini akan Herbalidoc jelaskan mengenai cara mengecilkan perut buncit dengan cepat dan aman. Berikut penjelasannya.

Baca juga:

7 Cara mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah dan Alami

1. Rajin Berolahraga

Olahraga memang memiliki peran yang sangat penting dalam langkah mengecilkan perut buncit, karena untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal dan memiliki perut rata tidak cukup hanya dengan melakukan diet saja.

Dengan rajin berolahraga, maka timbunan lemak akan terbakar dalam jumlah yang banyak dan merubahnya menjadi sumber energi di dalam tubuh.

2. Senam Aerobik

Senam Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat bagus untuk dilakukan, karena dengan senam dapat membakar kalori dalam jumlah banyak.

3. Berenang

Jenis olahraga berikutnya yang bagus dilakukan untuk mengecilkan perut buncit yaitu dengan melakukan olahraga berenang. Selain itu, olahraga ini juga dapat membentuk otot semua bagian tubuh dan juga tidak membebani bagian tubuh tertentu saat melakukannya.

Prinsip dari olahraga renang ini sama hal nya dengan jenis olahraga senam aerobik, karena pada sistem pembakaran oksigen dan juga kalori dalam tubuh dapat terjadi secara bertahap dan konsisten.

4. Jogging

Jogging adalah salah satu olahraga yang diminati oleh semua kalangan usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Sebaiknya olahraga ini selalu dilakukan secara rutin setiap hari, dengan menjalani olahraga jogging minimal selama 30 menit mampu membakar kalori hingga 500-900 kalori.

5. Bersepeda

Sama hal nya dengan jogging, olahraga bersepeda juga sangat digemari banyak kalangan, karena selain menyehatkan olahraga ini juga sangat menyenangkan. Dengan bersepeda minimal selama 30 menit, perut buncit akan cepat mengecil karena dengan olahraga ini mampu membakar kalori sebanyak 300 kalori.

Selain dapat mengecilkan perut buncit, olahraga bersepeda juga dapat melatih otot-otot tubuh lainnya seperti paha dan tungkai agar lebih kuat dan sehat.

Lihat juga:

6. Olahraga Pembentuk Otot Perut

cara melangsingkan perut gendut

Untuk mendapatkan hasil lebih optimal, maka sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga pembentuk perut. Ada beberapa jenis olahraga pembentuk perut yang bisa anda lakukan dirumah, yaitu :

Sit Up

Olahraga yang satu ini memiliki gerakan yang dapat membakar timbunan lemak khusus dibagian perut, caranya yaitu :

  • Posisikan tubuh anda berbaring diatas matras dengan posisi kedua kaki lurus.
  • Kemudian letakkan kedua tangan anda dibagian belakang ataupun bagian samping kepala.
  • Cobalah berusaha untuk mengangkat tubuh anda hingga ke posisi duduk dengan tetap mempertahankan posisi kedua kaki lurus.

Khusus untuk wanita, sebaiknya anda melakukan olahraga ini dengan posisi lutut di tekuk untuk mencegah resiko cedera pada rahim.

Lakukan gerakan ini beberapa kali sesuai kemampuan.

Back Up

Olahraga ini memiliki gerakan yang hampir sama dengan olahraga sit up, hanya saja olahraga ini kebalikannya dari sit up. Caranya yaitu :

  • Pastikan posisi tubuh anda tengkurap lurus diatas matras.
  • Kemudian letakkan kedua tangan diatas bagian belakang kepala.
  • Cobalah berusaha untuk mengangkat tubuh bagian atas tanpa adanya bantuan tangan.

Lakukan gerakan ini beberapa kali sesuai kemampuan.

Sikap Lilin

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit berikutnya yaitu dengan gerakan sikap lilin, caranya yaitu :

  • Berbaring diatas matras dengan posisi lurus.
  • Coba angkat kedua kaki dengan posisi lurus ke atas hingga bagian perut pun ikut terangkat, kemudian tahan selama beberapa menit dengan menggunakan bantuan tangan dibagian pinggang kiri dan kanan.
  • Setelah itu, posisikan kembali pada posisi berbaring lurus secara perlahan.

Lakukan gerakan ini beberapa kali sesuai kemampuan.

Gerakan Bersepeda

Olahraga pembentuk perut berikutnya yaitu dengan melakukan gerakan bersepeda, caranya yaitu :

  • Posisikan tubuh berbaring lurus diatas matras.
  • Kemudian angkat kedua kaki, lalu lakukan gerakan seperti anda sedang mengayuh sepeda.

Lakukan sesuai kemampuan secara rutin setiap hari.

Ball Crunch

Olahraga pembentuk perut yang satu ini merupakan olahraga seperti sit up namun dilakukan diatas bola karet berukuran besar, caranya yaitu :

  • Pertama posisikan tubuh anda duduk diatas bola karet berukuran besar dengan posisi kaki menapak ke lantai.
  • Setelah itu, cobalah untuk membaringkan tubuh anda hingga bagian pantat dan punggung menyentuh bola.
  • Kemudian letakkan kedua tangan di bagian belakang kepala, lalu cobalah berusaha untuk mengangkat tubuh hingga mencapai posisi duduk.

Lakukan gerakan ini beberapa kali sesuai kemampuan.

Belly Dance

Olahraga ini saat ini memang sedang populer dikalangan masyarakat, Belly Dance atau tarian perut adalah jenis olahraga gerakan tubuh yang dapat membakar lemak serta membentuk otot perut dengan cepat.

Namun sebaiknya olahraga ini dilakukan setelah anda melakukan olahraga senam aerobik, jangan pernah melakukan olahraga ini sebelum pemanasan karena dapat menyebabkan kram otot perut.

7. Diet Sehat

Selain dengan menjalani olahraga secara rutin dan teratur, untuk mengecilkan perut juga dapat dilakukan dengan menjalani program diet sehat.

Diet sehat yang dimaksud yaitu bukan mengurangi jatah makan anda dalam sehari yang awalnya 3 kali sehari menjadi 2 kali sehari atau bahkan menjadi 1 kali sehari, melainkan dengan mengatur pola makan dan merubah menu makanan dengan makanan yang sehat, rendah kalori dan lemak serta mengurangi porsi makanan yang kita makan.

Namun sebelum melakukan diet, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi untuk menentukan diet apa yang cocok untuk anda, karena jika salah dalam memilih jenis diet akan berakibat buruk bagi kesehatan anda.

Simak juga:

Sebagai Tambahan :

Untuk mendapatkan hasil maksimal, disamping menjalani program diet sehat, imbangi juga dengan olahraga rutin setiap hari. Selain itu, hal penting yang tidak boleh Anda lakukan selama menjalani program untuk mengecilkan perut buncit yaitu hindari tidur setelah makan.

Itulah tadi langkah-langkah cara mengecilkan perut buncit yang dapat Sobat lakukan dirumah, semoga informasi diatas dapat membantu dan bemanfaat untuk para pembaca semuanya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "7 Cara mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah dan Alami"