Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara mencegah Penyakit Maag yang Terbukti Ampuh

cara mencegah penyakit maag

Cara mencegah penyakit maag haruslah dipahami dengan baik. Hal ini karena penyakit ini rentan terjadi pada siapa saja. Baik karena telat makan maupun karena sering mengkonsumsi makanan tertentu.

Maag, adalah gejala penyakit yang menimbulkan rasa tidak nyaman di perut bagian atas. Biasanya rasa tidak nyaman ini timbul- tenggelam. Gejala penyakit Maag atau Dispepsia ini hampir semua orang pernah merasakannya. 

Menurut catatan yang pernah saya baca, hampir lebih dari 40% orang dewasa mengalami gejala maag, dan sekitar lebih dari 10% dilarikan ke rumah sakit.

Penyakit Maag ini memang ringan, tapi akan sangat mengganggu kegiatan kita sehari-hari, maka dari itu kita harus bisa mencari cara mencegah penyakit maag yang ampuh.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas sedikit tentang cara mencegah penyakit maag yang ampuh, untuk kamu yang sedang mencari artikel tentang cara mencegah penyakit  ini, bisa membaca artikel ini sampai habis yah!

Baca juga:

Tanda dan Gejala Maag yang Perlu Anda Waspadai

Kira- kira gejala penyakit maag itu seperti apa sih? Buat kamu yang belum tahu gejalanya, kamu bisa melihat gejala-gejalanya dibawah ini :

Rasa tidak Nyaman pada Perut Bagian Atas

Rasa tidak nyaman ini kadang  juga di sertai nyeri yang kuat, sehingga pada penderita maag tertentu rasanya seperti di pukul pada bagian perut.

Cepat Kenyang

Gejala yang kedua adalah cepat kenyang, kalau kamu merasa baru makan satu sendok dan sudah merasa kenyang, segera periksa kan diri ke dokter yah!

Sensasi kembung

Sensasi kembung, padahal tidak habis ngopi atau mengonsumsi makanan dengan  kandungan kafein yang tinggi. Patut curiga bahwa ini adalah gejala maag.

Mual dan Muntah

Tidak selamanya mual itu pertanda dua garis biru yah. Mual juga bisa menandakan kamu masuk angin, atau mungkin gejala maag.

Rasa Terbakar pada Dada

Kalo kamu merasakan rasa terbakar di dada, segera periksakan ke dokter terdekat dan konsultasikan gejala yang dirasakan.

Lihat juga:

Faktor Penyebab Penyakit Maag

Memahami penyebab maag akan membuat kita semakin memahami dengan baik, cara mencegah penyakit ini.

Penyebab maag sebenarnya sampai saat ini belum ditemukan pasti, bagaimana seseorang bisa menderita maag. Namun ada beberapa tulisan yang saya baca menyatakan bahwa ada dua kemungkinan seseorang terkena maag, yaitu :

1. Menurunnya Pergerakan Saluran Cerna

Menurunnya pergergerakan saluran cerna, mengakibatkan kita merasakan mual, muntah dan rasa cepat kenyang  juga perut kembung.

2. Meningkatnya Asam Lambung

Sedangkan pada meningkatnya asam lambung, kita akan merasakan nyeri pada ulu hati dan rasa terbakar pada dada.

Cara mencegah Maag

Mencegah penyakit maag tidak lah sulit, tapi tetap membutuhkan konsistensi dan kedisplinan yang wajib di laksanakan, berikut di bawah ini adalah cara mencegah maag yang bisa kamu lakukan.

1. Berhenti Merokok

Dalam rokok, kandungan nikotin sangat berbahaya.

Karena nikotin memiliki efek untuk relaksasi otot. Jika kita merokok dan zat nikotin itu masuk kedalam tubuh, maka oto pencernaan yang seharusnya menahan isi lambung agar tidak naik keatas menjadi lemah.

Hal ini lah yang menyebabkan kita kadang merasakan seperti ada cairan pahit, yang merangkak naik ke tenggorokan. 

Kemungkinan maag terjadi pada perokok semakin tinggi, mengingat para perokok itu akan cenderung batuk. Dimana pada saat batuk perut akan tertekan sehingga menjadikan resiko asam lambung naik semakin besar.

2. Ubah pola makan Anda

Cobalah lebih sehat dengan mengubah pola makan yang anda jalankan saat ini. Mencegah maag dengan mengubah pola makan adalah hal yang paling mudah dilakukan. Kamu bisa mengikut pola makan sehat seperti dibawah ini :

Cobalah makan lebih sering tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Jika biasanya kamu makan 3 kali sehari, cobalah menjadi 5-6 kali sehari dengan porsi yang sedikit.

Jangan makan terlalu kenyang, karena selain menjadi teman setan. Makan terlalu kenyang juga membuat lambung kamu terlalu penuh, dan membuat isi lambung akhirnya naik ke tenggorokan.

Kurangi juga mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam dan pedas.

Jangan tidur sambil makan, apalagi sambil jalan-jalan naik motor karena itu akan meningkatkan resiko naiknya isi lambung.

Pengalaman saya pribadi penyakit maag biasanya akan lebih rentan terjadi, mana kala kita terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas dan asam. Kurangi bahkan hindari makanan ini, terutama bagi kamu yang sudah langganan dengan penyakit maag.

Simak juga:

3. Coba Jalani Diet

Nggak selamanya gemuk menjadi gambaran orang yang sehat. Jika kamu merasa berat badan kamu lebih dari ideal, kamu mesti belajar diet.

Karena kegemukan memiliki resiko yang sangat tinggi mengalami maag, kenapa? karena orang yang kegemukan akan cenderung makan dengan porsi besar.

Oke sekian artikel  tentang cara mencegah penyakit maag yang ampuh, semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari informasi tentang cara mencegah maag yah! Pantau terus herbalidoc.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya.

Post a Comment for "3 Cara mencegah Penyakit Maag yang Terbukti Ampuh"