Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Mudah menambah Berat Badan Anak secara Alami

 

cara menambah berat badan anak

Cara Mudah menambah Berat Badan Anak secara Alami
- Berat badan memang hal yang sangat penting dalam tumbuh kembang tubuh Anak, karena jika berat badan anak Sobat berada pada angka dibawah rata-rata, maka Sobat patut untuk segera melakukan penanganan agar berat badan anak Sobat lebih berisi dan sehat.

Mungkin Sobat sering merasa khawatir dengan melihat tubuh anak Sobat yang terlihat kurus? Jika dokter menyatakan bahwa anak Sobat sehat, maka Sobat tidak perlu terlalu khawatir pada berat badannya.

Baca juga:

8 Cara Mudah menambah Berat Badan Anak

Ada beberapa hal yang perlu Sobat lakukan agar berat badan anak Sobat meningkat dan lebih berisi, yaitu :

1. Berikan Makanan Berkalori Tinggi

Anak-anak pada usia 2-3 tahun sangat membutuhkan asupan kalori yang cukup sekitar 1.000 kkal per harinya, sedangkan untuk anak usia 4-8 tahun membutuhkan asupan kalori sebanyak 1.200 – 1.400 kkal per harinya.

Untuk meningkatkan berat badan manusia membutuhkan rata-rata sekitar 3.500 kkal untuk menambah berat badan sebanyak 5 ons dari total berat tubuhnya, sehingga dengan memberikan asupan kalori sebanyak 500 kkal per hari pada tubuh si kecil dapat membantu mendapatkan 5 ons per minggu.

2. Menambah Asupan Lemak

Dengan menambahkan asupan lemak pada menu makanan harian si kecil dapat membantu menambah asupan kalori tubuhnya, karena pada setiap 1 gram lemak mengandung kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah gizi lainnya.

Untuk mendapatkan asupan lemak yang cukup untuk tubuh si kecil, maka Sobat bisa menggunakan mentega, minyak zaitun, kanola dan mayonnaise trans-fat untuk memasak masakan kesukaan si kecil.

Selain itu, Sobat juga dapat memberikan anak Sobat susu krim, keju atau sayuran untuk mencukupi kebutuhan kalori pada tubuh anak Sobat.

Ketika Sobat sedang memasak, maka bantu bahan-bahan masakan yang rendah lemak dengan bahan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti sereal oatmeal yang dicampur dengan susu segar.

3. Cukupi Asupan Karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan salah satu sumber gizi yang mengandung kalori cukup tinggi, dalam 1 gram karbohidrat mengandung 4 kkal.

Meskipun jumlahnya tidak sebanyak dalam kandungan lemak, tidak ada salahnya jika Sobat memberikan cemilan yang tinggi karbohidrat kepada anak Sobat seperti kismis, granola dan buah-buahan kering. Salah satu dari jenis makanan tersebut mengandung 240 kkal/250 gram, sehingga makanan tersebut sangat cocok untuk menambah berat badan anak.

4. Sumber Kalori dari Minuman

Biasanya Si kecil lebih doyan minum aneka jenis minuman dibandingkan dengan makanan, maka tidak ada salahnya jika Sobat memberikan anak Sobat minuman yang mengandung kalori tinggi. beberapa jenis minuman yang dapat menambah berat badan anak yaitu seperti jus buah-buahan segar, yogurt, susu segar dan smoothies.

Jenis minuman tersebut juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral, karena pada setiap produk minuman olahan susu mengandung protein mencapai 8 gram per-porsinya. Maka untuk mendapatkan asupan kalori yang cukup dari minuman, Sobat bisa memberikan buah hati Sobat susu formula khusus untuk menambah berat badannya.

5. Makan secara Teratur

Jangan pernah melewatkan jam makan, karena dengan melewatkan jam makan dapat menghilangkan nafsu makan si kecil. Dengan demikian, maka anak Sobat akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan asupan kalori dalam jumlah yang cukup untuk mendukung aktivitas anak Sobat sehari-hari.

Pastikan Sobat membiasakan anak Sobat untuk makan 3 kali sehari dengan 2 kali membiasakan untuk makan selingan antara waktu makan normal.

6. Berikan Porsi Makan Besar

Pada saat sarapan pagi, maka Sobat bisa memberikan dua porsi roti lapis sekaligus dalam sekali sarapan. Selain itu, sediakan juga segelas besar susu hangat atau satu mangkuk besar sereal dan juga buah-buahan berukuran besar.

7. Olahraga Ringan dan Kardio

Cobalah untuk mengajak anak Sobat berolahraga, berikan latihan olahraga ringan untuk membantu merangsang petumbuhan otot agar anak Sobat dapat cepat tumbuh besar tapi bukan bertambah gemuk.

Olahraga juga dapat membantu menstimulasi nafsu makan anak Sobat dan membuat mereka selalu ingin makan. Selain itu, lakukan olahraga yang dapat membuat anak Sobat merasa haus.

Setiap mereka merasa haus, Sobat bisa memberikan anak Sobat minuman berkalori tinggi untuk melepaskan dahaga selepas melakukan olahraga.

Lihat juga:

8. Makanan Penambah Berat Badan Anak Terbaik

makanan penambah berat badan anak

Untuk menambah berat badan anak, maka sebaiknya Sobat memberikan makanan-makanan yang mengandung kalori tinggi dan juga mengandung zat-zat yang dapat menunjang pertumbuhannya. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang mampu meningkatkan berat badan anak Sobat dengan cepat, diantaranya yaitu :

Mentega, Margarin dan Minyak Zaitun

Ketika Sobat akan menyiapkan makanan untuk anak, Sobat bisa menambahkan mentega, margarin atau minyak zaitun pada makanan tersebut. Ketiga jenis makanan tersebut mengandung kalori yang cukup tinggi dan pastinya akan terasa lebih enak. Sobat bisa menambahkan margarin dan mentega sebagai bahan membuat puding untuk anak Sobat.

Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah-buahan yang mempunyai manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan, diantaranya yaitu bisa membantu menambah berat badan pada anak.

Selain itu, kandungan nutrisi lain yang terdapat pada buah alpukat diantaranya yaitu mengandung asam folat dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. Untuk mendapatkan manfaat dari alpukat ini, Sobat bisa menambahkannya dengan susu agar diminum oleh anak.

Pisang

Buah pisang juga termasuk ke dalam jenis buah yang tinggi akan kalori, sehingga buah pisang bisa Sobat berikan kepada anak agar berat badannya bisa bertambah. Buah ini bisa dimakan langsung atau dijadikan kolak pisang atau juga smoothies agar anak-anak tidak merasa bosan untuk mengonsumsinya.

Produk Susu Sapi

Susu sapi atau olahan yang terbuat dari susu sapi merupakan jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Kandungan kalori yang terdapat pada susu cukup tinggi, bahkan susu mengandung mineral penting yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Andai Si kecil tidak suka minum susu sapi, maka solusi alternatifnya Sobat bisa memberikan mereka aneka jenis makanan yang terbuat dari susu sapi seperti es krim, yoghurt, butter dan aneka produk makanan lain yang terbuat dari bahan susu sapi.

Kacang-Kacangan dan Selai Kacang

Makanan penambah berat badan lainnya yang baik untuk anak-anak yaitu kacang-kacangan dan selai kacang. Jenis makanan ini terbukti ampuh untuk membantu menambah berat badan anak, Sobat bisa memberikan anak Sobat kacang merah atau kacang tanah yang dicampur dengan sup.

Jika anak Sobat tidak suka makan kacang-kacangan, Sobat bisa memberikan anak Sobat selai kacang yang dioleskan pada roti tawar.

Cemilan Berkarbohidrat Tinggi

Jika anak Sobat susah makan, maka Sobat bisa berikan anak Sobat cemilan sehat yang dapat merangsang pertumbuhan dan meningkatkan berat badannya. Cemilan yang bisa Sobat berikan diantaranya seperti kentang goreng atau kentang panggang, mie, bihun, jagung atau biskuit bayi.

Simak juga:

Daging dan Telur

Bila buah hati Sobat tidak memiliki alergi, maka Sobat bisa memberikan anak Sobat daging dan telur. Hal ini dikarenakan daging dan telur mengandung protein yang cukup tinggi.

Selain itu, kedua jenis makanan penambah berat badan anak ini juga mengandung kalori, omega 3 dan zat besi yang sangat berguna untuk menunjang perkembangan otak, sistem saraf dan mencegah anemia pada anak.

Itulah sedikit penjelasan dari Herbalidoc mengenai cara menambah berat badan untuk anak, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca semua.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "8 Cara Mudah menambah Berat Badan Anak secara Alami"