Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Cara membersishkan Paru-Paru dengan Mudah secara Alami

cara membersihkan paru-paru

Cara membersishkan Paru-Paru dengan Mudah secara Alami
- Paru-paru merupakan salah satu organ penting dan vital bagi tubuh manusia. Paru-paru terdiri dari dua bagian yang terletak pada bagian kiri dan bagian kanan yang memiliki berperan vital bagi pernapasan manusia.

Di bagian paru-paru ada organ yang dinamakan alveolus yaitu cabang terkecil yang memiliki peran agar mengikat oksigen lalu disimpan untuk selanjutnya dibawa oleh darah yang kemudian diedarkan ke semua tubuh yang dilakukan oleh jantung.

Kedua organ vital tersebut berperan menjamin semua organ pada tubuh termasuk otak mendapatkan oksigen.

Banyaknya polusi yang kita hirup dari udara kotor dan juga banyaknya asap dari asap perokok menyebabkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan paru-paru. apalagi jika hidup di perkotaan yang udaranya sudah banyak tercemar polusi, ini sangat tidak baik bagi paru-paru.

Selain itu, meskipun kita bukan perokok aktif, namun asap yang terpapar dari asap perokok lain disekitar kita juga menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan paru-paru kita. Seperti asma, sesak nafas, bahkan hingga menyebabkan paru-paru terkena flek ataupun cairan.
 
Terapi sederhana yang bisa Sobat lakukan seperti tidak merokok, hidup pada lingkungan yang berpolusi rendah atau udara bersih, dan menjauhi asap perokok aktif merupakan cara membersihkan paru-paru yang bisa Sobat lakukan untuk menghindari dampak buruk untuk paru-paru.

Cara membersishkan Paru-Paru dengan Mudah

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa Sobat konsumsi untuk membantu membersihkan paru-paru secara alami :

1. Antioksidan

Banyak mengonsumsi bahan makanan yang mengandung anti-oksidan baik bagi kesehatan paru-paru. Dalam sebuah riset mengungkapkan bahwa orang yang makan makanan yang banyak memiliki kandungan anti-oksidan seperti buah apel kurang lebih 5 buah dalam satu minggu bermanfaat untuk meningkatkan kinerja paru-paru menjadi lebih baik jika dibanding orang yang jarang makan buah apel.

Selain buah apel, masih banyak bahan makanan lain yang baik bagi paru-paru seperti sayuran brokoli, kol, serta tauge. Sayur-sayuran tersebut memiliki kandungan anti-oksidan Isothiocyanate yang bermanfaat untuk mengurangi resiko bagi seseorang terkena kanker paru-paru.

2. Kedelai

Jenis bahan kedelai juga sudah terbukti bermanfaat baik untuk kesehatan paru-paru. Menurut hasil penelitian terungkap bahwa apabila seseorang yang secara rutin mengonsumsi kedelai dapat menstabilkan kinerja paru-paru serta mengurangi resiko sesak nafas.

Hal tersebut disebabkan karena kedela memiliki kandungan yang kaya akan flavonoid yang berfungsi sebagai anti peradangan. Oleh sebab itu hal tersebut bisa memproteksi paru-paru dari pengaruh tembakau yang bisa mengakibatkan penyakit kanker.

3. Jeruk Nipis

Selain juga berkhasiat untuk kecantikan, jeruk nipis mempunyai khasiat yang baik untuk membersihkan paru-paru dari zat kimia yang ada pada dalam rokok. Dengan penggunaan alat GC-MS lalu dianalisa ternyata air jeruk nipis bermanfaat mengurangi zat kimia semisal nikotin sampai 70%.

Bukan Cuma bisa menghilangkan zat kimia, perasan air jeruk nipis bisa juga membantu mengurangi rasa kecanduan terhadap rokok.

4. Jahe

Bahan selanjutnya adalah jahe, yang bersifat anti-bakteri dan anti-septik serta dapat berguna membantu saluran bronkial untuk mengurangi zat yang berbahaya dalam paru-paru kita. Khasiat yang biasanya langsung terlihat dan terasa apabila diminum oleh seorang perokok yaitu membuat napas lebih lega.

5. Selenium

Selain kandungan Vitamin E, unsur mineral pada selenium juga terbukti sangat besar manfaatnya untuk membuat organ paru-paru menjadi lebih kuat. Dari hasil riset mengungkapkan bahwa jumlah selenium pada tubuh berbanding terbalik dengan banyaknya jumlah sel kanker.

Maksudnya apabila kadar selenium memiliki jumlah banyak dalam tubuh maka jumlah sel kanker akan turun atau bisa sampai hilang.

6. Jeruk Bali

Cara membersihkan paru-paru secara alami menggunakan jeruk bali juga ternyata mempunyai khasiat yang baik untuk melawan kanker paru-paru. Jeruk bali memiliki kandungan yang kaya akan anti-oksidan yang bermanfaat menghindarkan tubuh dari sel kanker yang tumbuh tak terkendali.

Dari hasil penelitian, jeruk bali memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C yang dapat membuat buah ini memiliki kemampuan menghambat kinerja enzim yang bisa menyebabkan sel kanker paru-paru tumbuh.

7. Bawang Putih

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh salah satu lembaga kesehatan di China menyebutkan bahwa dengan rutin mengonsumsi bawang putih sedikitnya 2 kali dalam satu minggu bisa mengurangi resiko seseorang terkena kanker paru-paru hingga 44%.

Bawang putih dikenal memiliki kandungan anti-oksidan yang bisa menurunkan radikal bebas pada tubuh serta memiliki kandungan senyawa allicin yang bermanfaat untuk mengurangi inflamasi pada tubuh.

8. Minum air putih secara teratur

Minum air putih secara rutin dan teratur memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita seperti meningkatkan sistem imun, melancarkan metabolisme pada tubuh, serta mencegah tubuh kekurangan cairan. Selain itu, mengonsumsi air putih sangat berkhasiat mengeluarkan racun yang berasal dari rokok.

Sebaiknya seseorang minum air putih secara teratur minimal 8 gelas atau 2 liter setiap hari untuk dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

9. Mandi dengan Air Hangat

Bagi Sobat yang perokok sebaiknya melakukan hal ini, yaitu mandi dengan air hangat karena dengan mandi air hangat Sobat bisa rilex dan tenang apalagi ditambah dengan eucalyptus dimana fungsinya membuat dada Sobat akan terasa ringan serta membersihkan paru-paru dari kotoran asap rokok hingga bersih dan hilang secara alami.

10. Jus Wortel

Selain berfungsi sebagai sayuran, Wortel buah juga memiliki manfaat lainnya yaitu untuk membersihkan paru-paru dari kotoran asap rokok dan nikotin.

Kandungan wortel memiliki banyak sekali vitamin antara lain yaitu vitamin A yang begitu baik untuk penglihatan Sobat. Maka dari itu dengan mengonsumsi buah wortel secara teratur Sobat bisa menghilangkan asap dan nikotin di paru-paru secara cepat dan alami.

11. Apel

Selain buah wortel diatas kali ini buah apel yang dapat membersihkan paru-paru dari asap yang disebabkan polusi dan asap rokok. Seperti yang kita ketahui bahwa buah apel memiliki begitu banyak manfaat karena kandungan anti-oksidan dalam buah apel yang sangat tinggi membantu kinerja paru-paru untuk lebih produktif membersihkan racun dan asap dalam paru-paru.

Selain itu juga dengan mengonsumsi apel Sobat akan terhindar dari radikal bebas yang terdapat pada paru-paru.

12. Rajin Berolahraga

Setelah Sobat mengonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran untuk menghilangkan racun dan kotoran pada paru-paru, alangkah baiknya diimbangi dengan hidup sehat dengan cara berolahraga secara rutin dan teratur, yang mana cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh Sobat.

Lebih baiknya lagi Sobat rajin berolahraga di pagi hari ditempat yang masih banyak pohon-pohon hijau seperti taman, hal tersebut sangat baik sekali untuk paru-paru karena adanya asupan udara segar di pagi hari. Dengan berolahraga minimal 3 hari sekali tentunya kan menambah stamina Sobat dalam bekerja.

Demikian uraian mengenai cara membersihkan paru-paru dengan mudah secara alami, Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Sampai ketemu lagi di artikel Herbalidoc selanjutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "12 Cara membersishkan Paru-Paru dengan Mudah secara Alami"