Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tanda-Tanda Hamil Anak Perempuan menurut Medis

tanda-tanda hamil anak perempuan

Tanda-Tanda Hamil Anak Perempuan menurut Medis - Tanda-tanda hamil anak perempuan memang tidak sepenuhnya dapat dipastikan 100%, akan tetapi bagi wanita hamil biasanya akan memiliki feeling dalam memperkirakan jenis kelamin pada anak yang sedang di kandungnya.

Feeling tersebut hanyalah sebuah perasaan seorang ibu saja, meskipun perkiraannya sering tepat tetapi juga terkadang suka salah.

Namun untuk memperkuat perkiraan tersebut ada beberapa ciri yang bisa dilihat apakah anak yang akan dilahirkan berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Banyak ciri-ciri yang bisa Sobat kenali untuk membedakan hamil anak laku-laki dan perempuan, namun ciri-ciri tersebut tidak bisa dilihat dengan jelas sehingga Sobat membutuhkan beberapa tanda untuk memperkuat perkiraan tersebut agar lebih akurat.

Semakin banyak ciri-ciri yang Sobat temukan pada kehamilan Sobat, maka perkiraan tersebut akan semakin kuat.

Meski demikian, keakuratan dari cara mengetahui ciri-ciri hamil anak perempuan atau laki-laki masih bisa meleset, berbeda hal nya jika dibandingkan dengan melakukan pengecekan dengan menggunakan USG yang tingkat akurasinya bisa mendekati 100%.

Tanda-Tanda Hamil Anak Perempuan 

Lalu, apa sajakah ciri-ciri hamil anak perempuan?

Bagi Sobat para pasangan yang baru saja menikah dan hamil, maka mungkin saja pengetahuan Sobat tentang kehamilan masih sangat minim.

Maka dari itu, mungkin akan sangat sulit untuk membedakan ciri-ciri dari kehamilan Sobat. Namun untuk menambah pengetahuan bagi Sobat, berikut ini merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan yang bisa Sobat kenali.

1. Sering Mual di Pagi Hari

Jika Sobat sedang mengandung anak perempuan, maka Sobat akan sering merasa mual di pagi hari. Bahkan intensitas rasa mual yang akan Sobat rasakan lebih tinggi jika dibandingkan dengan hamil anak laki-laki.

Biasanya rasa mual ini akan terjadi hanya pada pagi hari saja, terutama pada saat bangun tidur. Reaksi ini akan sangat menguras tenaga dan kondisi tersebut akan berlangsung selama 3 bulan dari awal kehamilan.

Kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Sobat sehari-hari, terlebih bagi Sobat yang memiliki aktivitas cukup padat setiap harinya.

2. Beban pada Pinggul akan semakin Berat

Tanda-tanda hamil anak perempuan juga bisa dikenali dari bertambahnya beban pada pinggul dan juga punggung. Hal ini dikarenakan ketika mengandung anak perempuan biasanya perut akan melebar ke samping dan juga condong ke atas.

Dengan demikian, beban pinggul dan punggung akan semakin bertambah seiring betambahnya usia kehamilan.
 
3. Dada semakin Membesar

Selama masa kehamilan ukuran dan bentuk dada ibu hamil akan membesar baik dada bagian kanan maupun dada bagian kiri.

Namun khusus untuk ibu hamil yang mengandung anak perempuan, biasanya dada sebelah kiri akan lebih besar dibandingkan dengan dada sebelah kanan.

4. Perubahan Warna Urine

Ciri-ciri hamil anak perempuan berikutnya dapat dikenali dari warna urine, jika Sobat sedang hamil anak perempuan biasanya warna urine akan sedikit berbeda dari biasanya.

Urine akan berwarna kuning kusam dan lebih keruh jika dibandingkan dengan hamil anak laki-laki.

5. Perubahan Warna Rambut

Ketika sedang mengandung anak perempuan, ibu hamil biasanya akan mengalami perubahan pada warna rambut. Biasanya warna rambut akan berubah menjadi kemerahan dan lebih merah jika dibandingkan dengan warna rambut sebelum hamil.

Jika Sobat melihat ciri-ciri kehamilan tersebut, maka kemungkinan besar anak yang sedang Sobat kandung memiliki jenis kelamin perempuan.

6. Lebih Moody

Pada saat mengandung anak perempuan, seorang ibu biasanya akan mengalami perubahan sikap yang lebih moody, sehingga Sobat akan selalu melakukan segala sesuatu sesuai dengan mood yang sedang Sobat rasakan.

Ciri-ciri kehamilan ini memang tidak akan Sobat sadari, namun biasanya orang-orang yang ada di sekitar Sobat seperti suami dan orang tua akan sangat peka dengan perubahan sikap yang terjadi pada diri Sobat.

7. Lebih Cerewet

Jika Sobat sebelum hamil memiliki karakter cenderung pendiam, namun pada saat Sobat sedang mengandung anak perempuan biasanya akan terjadi perubahan sikap menjadi cerewet.

Sama dengan ciri diatas, perubahan sikap ini juga jarang di sadari oleh ibu hamil melainkan dapat dirasakan oleh orang-orang terdekat di sekitar Sobat.

8. Kulit menjadi lebih Sensitif

Ciri-ciri hamil anak perempuan juga bisa dikenali dari terjadinya perubahan kondisi kulit menjadi lebih sensitif berbeda dengan kondisi pada saat sebelum hamil.

Ciri-Ciri ngidam ketika Hamil Anak Perempuan

ciri-ciri mengandung anak perempuan

Ciri-ciri hamil anak perempuan juga bisa dikenali dari ngidam yang di alami oleh ibu hamil. Ngidam adalah suatu gambaran dari perasaan ibu hamil yang menginginkan sesuatu, banyak orang yang menganggap jika ngidam ini adalah bawaan dari bayi yang sedang dikandungnya.

Secara medis, kondisi ngidam ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada wanita hamil, sehingga banyak ibu hamil yang menginginkan sesuatu atau melakukan sesuatu hal tertentu.

Meski demikian, menurut penelitian medis belum ada hasil yang membuktikan secara ilmiah dan ngidam ini juga dapat dikaitkan dengan tanda-tanda hamil anak perempuan.

Ketika ibu hamil sedang mengandung anak perempuan, biasanya ada beberapa jenis makanan yang sangat ingin dimakan oleh ibu hamil. Salah satunya yaitu aneka jenis makanan manis.

Selain itu, banyak ibu hamil yang mengatakan jika dirinya sangat sulit untuk melawan rasa keinginan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Meski demikian, menurut medis usahakan agar jangan terlalu menurutkan keinginan atau ngidam yang diungkapkan oleh ibu hamil jika keinginannya tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungannya.

Seperti misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, pedas apalagi jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Karena jika selalu dituruti, maka dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan juga janin.

Ciri-ciri ngidam ketika sedang hamil anak perempuan lainnya yaitu ibu hamil sering ngidam berbagai produk olahan makanan yang terbuat dari susu seperti minum susu, permen susu dan produk olahan susu lainnya.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang sering dikait-kaitkan dengan ciri-ciri hamil anak perempuan yaitu seperti ngidam donat, apalagi jika donat yang diinginkannya memiliki rasa manis seperti rasa cokelat atau strawberry.

Bagaimana, apakah Sobat sudah menemukan salah satu atau beberapa ciri-ciri diatas? Jika Sobat mengalaminya dan bahkan lebih dari satu ciri, maka kemungkinan besar anak yang sedang Sobat kandung memiliki jenis kelamin perempuan.

Namun semua ciri-ciri diatas bisa saja meleset, tetapi untuk lebih memastikannya Sobat bisa melakukan pemeriksaan dengan melalui USG tujuannya untuk melihat jenis kelaminnya dengan jelas.

Demikianlah sedikit uraian mengenai tanda-tanda hamil anak perempuan, meskipun ciri-ciri diatas masih belum akurat 100%, namun setidaknya pertanda-pertanda diatas dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk membedakan kehamilan anak pertama dengan kehamilan berikutnya.

Apapun jenis kelamin anak Sobat nantinya, hal yang paling penting anak Sobat lahir dengan sehat dan selamat.

Sampai ketemu lagi di postingan Herbalidoc berikutnya, semoga bermanfaat, salam sehat ala herbal !

Posting Komentar untuk "8 Tanda-Tanda Hamil Anak Perempuan menurut Medis"