Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Cara mengatasi Sesak Nafas dengan Cara Medis dan Cara Alami

cara mengatasi sesak nafas

Cara mengatasi Sesak Nafas dengan Cara Medis dan Cara Alami
- Sesak nafas adalah suatu kondisi dimana terjadinya gangguan pada sistem pernafasan, seseorang yang menderita sesak nafas tentu akan merasakan ketidaknyamanan seperti rasa nyeri dan berat pada saat bernafas. Ketika mengalami sesak nafas, maka harus segera diobati agar tubuh kembali sehat dan dapat beraktifitas lagi seperti biasa.

Banyak sekali obat sesak nafas yang banyak di jual di apotik baik yang dapat di beli secara bebas tanpa resep dokter dan ada yang harus dengan resep dari dokter.

Selain itu, sesak nafas juga tidak hanya dapat diobati dengan obat sesak nafas yang ada di apotik saja, sesak nafas juga dapat diobati secara alami dengan menggunakan obat sesak nafas alami yang bisa Sobat dapatkan dengan mudah dan juga tentunya lebih murah.

Nah, untuk mempersingkat waktu kali ini Herbalidoc akan membagikan informasi mengenai berbagai jenis obat-obatan medis dan herbal yang bisa Sobat gunakan untuk mengobati sesak nafas. Silahkan disimak.

Cara mengatasi Sesak Nafas

Cara yang pertama dengan menggunakan metode pengobatan medis, berikut ini beberapa jenis dan nama obat sesak nafas generik di apotik yang bisa Sobat gunakan untuk mengobati penyakit sesak nafas, diantaranya yaitu :

1. Agonis Reseptor Beta Adrenergik

Nama obat sesak nafas medis pertama yang bisa Sobat pilih untuk mengobati sakit nafas yaitu Agonis reseptor beta adrenergik, obat sesak nafas atau asma ini dapat bekerja dengan cara mengurangi serangan penyakit asma yang disebabkan oleh karena adanya kesibukan fisik dan dapat merangsang agar saluran pernapasan kembali melebar.

2. Anti-kolinergik

Obat sesak nafas generik di apotik berikutnya yaitu Anti-kolinergik, obat ini dapat berfungsi untuk menghambat proses kontraksi otot ketika terjadi penyempitan pada saluran pernapasan.

Selain itu, obat sesak nafas yang satu ini juga dapat memperlebar bagian sisi saluran pernafasan yang mencegah sesak nafas kambuh kembali.

Ada beberapa macam obat yang termasuk golongan Anti-kolinergik, diantaranya yaitu enzatropine, atropine, dan diphenhidramin.

3. Kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan jenis obat yang sudah cukup terkenal dan ampuh untuk mengobati penyakit sesak nafas atau asma, obat ini dapat bermanfaat untuk menghambat proses tanggapan. Ketika terjadi peradangan pada saat menderita sesak nafas, maka obat ini mampu meredakannya.

Untuk contoh obat sesak nafas generik yang termasuk ke dalam jenis obat Kortiko steroid yaitu seperti Inhalasi aerosol, Becloment, Budesonide pulmicote, Flixotide dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Obat Kelompok Theophylline

Untuk obat sesak nafas yang satu ini merupakan jenis obat yang terdiri dari 2 bentuk yaitu bentuk tablet dan sirup. Obat sesak nafas ini umumnya sering diberikan kepada pasien yang menderita penyakit asma atau sesak nafas yang sudah cukup parah.

Theophylline bisa dikonsumsi oleh semua usia mulai dari anak-anak hingga dewasa, tetapi obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

5. Cordyceps Plus Capsule

Obat sesak nafas yang selanjutnya merupakan jenis obat yang termasuk ke dalam obat-obatan herbal, khasiatnya sudah teruji secara klinis dan proses pembuatannya pun sudah didukung dengan menggunakan mesin berteknologi canggih dan mutakhir sehingga telah lulus uji standar international. Obat ini dapat dikonsumsi setiap pagi dan malam sebelum tidur, pastikan Sobat mengonsumsinya satu jam sebelum makan.

6. Cromolin dan Nedocromil

Kedua jenis obat sesak nafas di apotik ini dapat diberikan hanya untuk mencegah serangan sesak nafas, sehingga bukan diberikan ketika sesak nafas menyerang. Meski begitu, harga kedua obat ini lumayan mahal tetapi obat ini cukup aman untuk dikonsumsi.

7. Accolate

Obat sesak nafas terakhir yang bisa Sobat gunakan untuk meredakan sesak nafas atau asma yaitu Accolate, harga obat ini lumayan mahal dan termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga penggunaannya harus berada dibawah pengawasan dokter.

Obat ini bisa diberikan kepada anak mulai dari usia 5 tahun dan dewasa dengan berbentuk tablet oral. Accolate sangat bermanfaat untuk mencegah dan juga mengobati sesak nafas atau asma, konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan obat ini.

Mengobati Sesak Nafas secara Alami

cara mengobati nafas sesak

Selain penggunaan obat generik di apotik, cara mengobati sesak nafas atau asma juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan alami atau tradisional yang bisa dibuat sendiri di rumah. berikut ini beberapa obat sesak nafas alami yang bisa Sobat gunakan, diantaranya yaitu :

1. Bawang Putih

Obat alami sesak nafas yang bisa anda gunakan yaitu bawang putih, bawang putih sangat dipercaya memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengobati sesak nafas atau asma.

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan gejala penyakit asma. Namun belum ada penelitian yang membuktikan secara ilmiah terhadap keefektifannya untuk mengobati penyakit asma.

2. Jahe

Jahe juga dipercaya dapat meringankan gejala-gejala yang ditimbulkan pada penderita penyakit asma, karena jahe dapat memberikan rasa hangat pada tubuh sehingga sudah sejak dulu jahe ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati sesak nafas. Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap efektifitasnya.

3. Echinacea

Echinacea dipercaya dapat membantu mengobati infeksi pada saluran pernafasan bagian atas, namun penggunaan Echinacea ini ada efek samping yang ditimbulkan pada sebagian orang yang mengonsumsinya, seperti muncul ruam di kulit dan menyebabkan terjadinya kerusakan hati jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Meskipun terkenal sangat ampuh untuk mengatasi gangguan pernafasan, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap penggunaan obat alami ini dalam jangka panjang.

4. Akar licorice

Akar licorice merupakan salah satu bahan alami yang dikenal cukup ampuh dalam meredakan sesak nafas, karena pada bahan alami ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang cukup tinggi yang dapat berperan penting dalam menenangkan organ paru-paru bagi penderita penyakit asma.

Namun Sobat harus hati-hati dalam mengonsumsi obat alami ini secara berlebihan, karena dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini ternyata cukup efektif untuk meringankan gejala yang ditimbulkan pada penderita penyakit sesak nafas atau asma. Hal ini dikarenakan, kunyit mengandung zat yang baik untuk meredakan infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan.

Meski demikian, sampai saat ini masih belum ada penelitian yang membuktikan secara klinis tentang efektifitasnya terhadap penyakit asma.

6. Madu

Manfaat madu untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan madu juga dipercaya cukup efektif untuk membantu meringankan gejala pada penderita penyakit asma serta dapat meredakan iritasi pada tenggorokan.

Selain itu, madu juga terbukti efektif mampu mengencerkan dahak dan mengeluarkannya dari saluran pernafasan, sehingga dapat membuat nafas terasa lebih ringan.

Itu tadi uraian mengenai 13 cara mengatasi sesak nafas dengan cara medis dan cara alami, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk Sobat semuanya.

Namun jika boleh kami sarankan, alangkah baiknya jika kondisi sesak nafas yang diderita belum terlalu parah, sebaiknya lakukan pengobatan dengan menggunakan obat alami, karena efek samping yang ditimbulkannya dari obat alami jauh lebih ringan dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan medis.

Sampai jumpa lagi pada artikel Herbalidoc selanjutnya, salam sehat ala herbal !

PERHATIAN!

Semua artikel di blog ini bertujuan hanya sebagai edukasi dan informasi tentang pengobatan alternatif dengan bahan atau ramuan herbal alami, namun tidak menggantikan pengobatan medis dari dokter serta penanganan ahli kesehatan profesional.

Sebelum menggunakan obat-obatan tradisional disarankan untuk periksakan terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda yang sebenarnya.

Saat dalam kondisi darurat, sebaiknya segerakanlah untuk pergi berobat ke rumah sakit atau dokter.

Post a Comment for "13 Cara mengatasi Sesak Nafas dengan Cara Medis dan Cara Alami"