Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara mengatasi Rambut Kering Mengembang secara Alami dan Manjur

mengatasi rambut kering mengembang

Cara mengatasi Rambut Kering Mengembang secara Alami dan Manjur
- Rambut kering mengembang, kusut dan kusam memang menjadi sebuah masalah yang besar bagi sebagian kaum wanita.

Ada beberapa orang yang menggunakan cara kimiawi untuk menyelesaikan problem kecantikan ini, namun sayangnya malah menimbulkan efek samping yang lumayan berat.

Banyak Sobat yang menanyakan apakah ada solusi cara mengatasi masalah rambut yang kering secara alami ?

Bahkan ada yang sengaja mencari video panduan tentang bagaimana caranya mengatasi rambut yang panjang pendek tapi kering, mudah rontok, selalu mengembang, terasa kasar, selalu bercabang dibagian ujungnya , berketombe, tekstur kusut dan juga kusam agar bisa menjadi halus, lembut dan indah.

Cara perawatan rambut kering sebenarnya mudah karena bisa menggunakan beberapa langkah dibawah ini. disini termasuk bagaimana cara melembabkan rambut kering, shampo spesial untuk rambut kering, solusi, penyebab kekeringan rambut, dan banyak lagi lainnya.

Jadi silakan berkreasi dan jadilah dokter kecantikan untuk diri Sobat sendiri.

Sebelum masuk ke inti permasalahannya, sebaiknya ketahui dulu penyebab mengapa rambut Sobat jadi kering dan kusam. Semua ini berlaku bagi wanita dan pria, jadi siapapun Sobat bisa mengikuti panduan dibawah ini
 
Penyebab Masalah Rambut Kering dan Mengembang
  • Suka menggunakan hairspray dan bahan kimia lainnya
  • Sering memakai catok dan hairdryer untuk hairstyle
  • Rambut sangat sering terpapar sinar UV matahari di siang atau sore hari
  • Terkontaminasi polusi udara baik di jalan maupun disekitar area kerja
  • Merk dan jenis shampo yang tidak cocok dengan tipe rambut
  • Memakai semir warna rambut berlebihan
  • Langsung mengeringkan rambut dengan hair driyer setelah mandi atau keramas

Cara mengatasi Rambut Kering Mengembang

cara mengatasi rambut mengembang dan kering

1. Hindari Pengggunaan Hair Dryer maupun Alat Pengering Rambut Lainnya

Bagi Sobat yang sering menggunakan hair dryer maka sebaiknya segera mengurangi kebiasaan tersebut. Panas merupakan salah satu musuh bagi rambut, biasanya kita sering menggunakan pengering rambut, pengeriting atau pelurus rambut ( Catok Rebonding ), padahal hal tersebut bisa menyebabkan rambut kering dan rusak.

Nah, untuk mencegahnya pastikan Sobat mengoleskan cream penata rambut anti panas saat akan mulai mengeriting, mengeringkan atau meluruskan rambut. Hal ini sebagai cara untuk mengurangi efek samping dari kerusakan setelah menggunakan alat-alat tersebut

2. Jangan Tidur dalam Keadaan Rambut Terikat

Kebiasaan sebagian orang yang berambut panjang saat tidur mereka mengikat rambutnya dengan tujuan agar nyaman, padahal hal ini justru akan menyebabkan rambut cepat rusak dan kering.

Jika memang Sobat ingin tidur, uraikan terlebih dahulu rambut Sobat dan biarkan tanpa ikatan. Saat rambut dalam keadaan berkeringat, alangkah baiknya rambut Sobat tidak diikat dengan kencang sampai keringatnya benar-benar kering terlebih dahulu.

3. Tidak menggunakan Shampo Keramas setiap Hari

Bila Sobat ingin memiliki rambut yang lembab dan indah, sebaiknya tidak keramas setiap hari. Karena kandungan kelenjar minyak di kulit kepala setiap manusia itu berbeda, ada sebagian orang yang kandungan minyaknya banyak maka keramas setiap hari bukan menjadi masalah.

Namun jika Sobat termasuk orang yang kandungan minyak di kulit kepalanya sedikit, sebaiknya Sobat keramas 2 kali sehari, hal ini bertujuan agar rambut tidak mudah kusam, kering, rontok, bercabang maupun rapuh

4. Memanfaatkan Minyak Zaitun untuk Perawatan Rambut

Salah satu kegunaan minyak zaitun atau olive oil adalah untuk melembabkan kulit kepala dan rambut, jadi silahkan mencoba untuk menggunakan minyak zaitun hangat untuk mengolesi rambut Sobat.

Gunakan microwave atau sejenisnya agar minyak hangat kemudian di oleskan ke rambut yang sudah dibasahi air, biarkan selama kurang lebih 5 (lima) menitan baru setelah itu Sobat bisa menggunakan shampo untuk keramas

5. Jangan Berkeramas dengan Air Panas

Andai Sobat suka mandi dengan air hangat, maka usahakan Sobat tidak berkeramas saat mandi. Hal ini karena air panas hanya akan membuat rambut tersiksa dan kehilangan nutrisi, keramaslah dengan menggunakan air dingin seperti biasa, hal ini akan memastikan kesehatan rambut Sobat tetap terjaga

6. Hindari Penggunaan Rambut dan Handuk untuk menggosok Rambut

Sebagian wanita yang memiliki rambut panjang setelah keramas untuk mengeringkannya biasanya menggunakan handuk dan menggosok gosokkannya, hal ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan rambut, karena gesekan antar rambut membuat lapisan terluar rambut menjadi rusak dan akan mempercepat pengeringan serta kerontokan pada rambut.

Sebaiknya saat Sobat mengeringkan rambut cukup dengan handuk yang diremas remas saja tanpa perlu digosok-gosok.

Lihat juga:

7. Hentikan Sementara Kebiasaan menata Rambut di Salon

Bagi Sobat yang sering melakukan perawatan tubuh maupun rambut di salon, sebaiknya untuk sementara segera hentikan kebiasaan tersebut.

Hal ini bertujuan agar rambut Sobat terhindar dari alat alat yang membahayakan rambut, semisal hair dryer, sasak rambut, aneka bahan kimia, masker rambut, pengeriting rambut, rebonding pelurus rambut dan segala hal yang berkaitan dengan penataan rambut.

Sebaiknya Sobat menggunakan perawatan secara tradisional dan alami, misalnya dengan menggunakan buah lemon alpukat dan sejenisnya. Biarkan rambut Sobat mengalami metamorfosis dalam proses perawatannya

Demikian tadi uraian mengenai 7 cara mengatasi rambut kering mengembang secara alami dan manjur, semoga informasi tersebut bermanfaat.

Sampai ketemu lagi pada artikel Herbalidoc lainnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "7 Cara mengatasi Rambut Kering Mengembang secara Alami dan Manjur"