Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Manfaat Buah Sirsak untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah SIrsak untuk Pengobatan dan Kesehatan

Manfaat buah sirsak untuk pengobatan atau kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Sirsak atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Annona Muricata merupakan sebuah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Indonesia sendiri termasuk salah satu negara yang sudah mengenal banyak manfaat buah sirsak dan telah melestarikan tanaman ini yang dikenal dengan berbagai banyak sebutan mulai dari nangka landa, nangka sebrang, nangka buris dan juga buah srikaya jawa.

Daging buah sirsak sendiri berwarna putih ketika sudah matang dan terdapat biji berwarna hitam di dalamnya. Tidak hanya buahnya, bagian dari tanaman sirsak lainnya yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu pada bagian daunnya.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun sirsak sendiri sangat banyak sekali, sehingga khasiat daun sirsak ini sudah sangat populer dan sering dijadikan sebagai salah satu pengobatan alternatif sama seperti manfaat buah sirsak.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Sirsak

Pada ulasan kesehatan kali ini, admin hanya akan menjelaskan mengenai manfaat buah sirsak. Di dalam buah sirsak memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat buah sirsak terdapat pada kandungan nutrisi di dagingnya yang terdiri dari vitamin C, air, serat, kalsium, kalium dan juga lemak. Setiap kandungan nutrisi yang terdapat pada buah sirsak ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. untuk lebih jelasnya, simak ulasannya dibawah berikut ini.

Vitamin C

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah sirsak ini sangat tinggi dan dapat berperan sebagai senyawa anti-oksidan, senyawa anti-oksidan ini berfungsi sebagai penangkal yang dapat melawan serangan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, mempercepat proses penyembuhan luka dan juga dapat mencegah kerusakan pada kulit.

Karbohidrat

Manfaat buah sirsak bisa didapat pada segelas jus buah sirsak yang kandungan karbohidratnya bisa mencapai 38 gram dan dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

Kandungan karbohidrat yang terkandung di dalam buah sirsak ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dibandingkan dengan karbohidrat yang terdapat pada kue.

Kalium

Manfaat buah sirsak lainnya terdapat pada kandungan kalium yang terbukti mampu membantu menenangkan otot-otot tubuh, memperbaiki kerusakan tulang dan juga dapat mengontrol tekanan darah.

Serat

Sedangkan kandungan serat alaminya merupakan salah satu manfaat buah sirsak yang sangat baik untuk melancarkan dan memperbaiki sistem pencernaan.

Selain itu, serat ini pun dapat membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Fosfor dan Kalsium

Kandungan mineral lain yang bisa kita temukan di dalam buah sirsak yaitu kalsium dan fosfor, kedua kandungan mineral tersebut juga termasuk manfaat buah sirsak yang penting untuk membantu memperbaiki kekuatan dan kepadatan tulang serta mencegah resiko osteoporosis.

Air

Di dalam buah sirsak sangat kaya akan kandungan air, bahkan di dalam segelas buah sirsak memiliki kandungan air dalam jumlah 183 gram. Maka tak heran jika manfaat buah sirsak juga sangat baik untuk mencegah dehidrasi bagi tubuh.

Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Dengan mengonsumsinya, ada banyak sekali manfaat buah sirsak yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketika daya tahan tubuh sedang lemah akan sangat mudah sekali terserang berbagai jenis penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit berat dan berbahaya.

Manfaat buah sirsak lainnya yaitu berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah sirsak sangat tinggi dan mampu memenuhi asupan nutrisi serta vitamin C untuk tubuh.

2. Sumber Energi bagi Tubuh

Sebagian besar sumber energi yang didapatkan oleh tubuh yaitu diserap dari makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari, namun jumlah yang dibutuhkan tidak akan cukup jika hanya didapatkan dari makan sehari-hari saja.

Untuk memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh, kita bisa memanfaatkan buah sirsak. Buah sirsak mengandung vitamin B1 yang juga dapat menambah kadar sumber energi untuk memaksimalkan fungsi dan kerja dari organ tubuh seperti otak, jantung, ginjal serta organ paru-paru.

3. Mampu meningkatkan Kosentrasi

Manfaat buah sirsak lainnya yang dapat kita rasakan yaitu memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan fungsi otak, sehingga otak mampu berkonsentrasi dengan baik dan maksimal.

Selain itu, dengan adanya kandungan vitamin yang terdapat pada buah sirsak ini juga mampu membantu menghilangkan stres dan juga meningkatkan sistem saraf pada otak.

4. Meningkatkan Produksi Hemoglobin

Manfaat buah sirsak berikutnya yaitu terdapatnya kandungan riboflavin yang berkhasiat untuk menghasilkan lebih banyak hemoglobin atau sel darah pada tubuh.

Sehingga mampu mengalirkan oksigen dalam jumlah cukup keseluruh tubuh. Dengan demikian, maka seluruh organ tubuh dapat bekerja dengan baik dan normal.

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Mengalami kesulitan untuk menyerap nutrisi dan gizi serta mencerna makanan ternyata dapat berdampak buruk bagi kerja sistem pencernaan, sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare akan mudah sekali menyerang.

Oleh karena itu, sangat diperlukan vitamin B2 yang dapat membantu dalam melindungi membran mukosa yang terdapat pada usus, sehingga sistem pencernaan akan semakin lancar dan bekerja dengan maksimal.

Dengan mengonsumsi  buah sirsak, berbagai masalah dan gangguan pada pencernaan dapat terhindarkan.

6. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Setelah dilakukan berbagai penelitian menujukan bahwa manfaat buah sirsak juga bisa untuk menghilangkan aterosklerosis yang terdapat di dalam organ jantung.

Pada kondisi ini, arteri yang terdapat pada jantung mengalami penebalan yang dapat memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan resiko serangan jantung.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan, reaksi ini dihasilkan oleh vitamin C yang terkandung di dalam buah sirsak.

7. Mencegah Kanker

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa vitamin C yang terkandung di dalam buah sirsak ini bermanfaat untuk melawan pembentukan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu, manfaat lain dari vitamin C ini juga dapat mengurangi efek samping akibat dari kemoterapi seperti mual.

8. Baik untuk Penderita Diabetes

Meskipun buah sirsak memiliki rasa manis, akan tetapi kandungan glukosa dari buah sirsak ini sangat kecil sehingga sangat baik dan dipercaya mampu mengontrol kadar gula dalam darah asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

9. Mencegah Mata Katarak

Dengan rutin mengkonsumsi buah sirsak dalam jumlah cukup sangat baik untuk membantu mencegah penurunan pada daya penglihatan dan juga mencegah mata katarak.

10. Mengontrol Berat Badan

Di dalam buah sirsak memiliki kandungan karbohidrat yang cukup dan vitamin C yang sangat tinggi, kedua nutrisi ini sangat baik untuk mengontrol berat badan karena mampu mencegah terjadinya penumpukan lemak dengan cara mengolahnya untuk dijadikan sebagai cadangan sumber energi bagi tubuh.

Manfaat Buah Sirsak yang Lainnya :
  1. Membantu pembentukan matriks pada tulang dan gigi.
  2. Mencegah otot tegang.
  3. Menstabilkan kadar asam dan basa dalam darah.
  4. Meningkatkan proses metabolisme di dalam
  5. Respirasi seluler.
  6. Meningkatkan produksi sel darah merah.
  7. Meredakan kram setelah
  8. Mencegah produksi radikal bebas.
Demikian tadi uraian tentang beberapa manfaat buah sirsak untuk pengobatan dan kesehatan tubuh, semoga apa yang disampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda semuanya.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "18 Manfaat Buah Sirsak untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh"