Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan serta Pengobatan

pepaya dan 12 manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat buah pepaya memang sudah tidak perlu diragukan lagi, pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat difavoritkan bagi banyak kalangan masyarakat, karena selain memiliki rasa manis dan lembut di mulut, ternyata buah pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang sangat lengkap sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung di dalam buah pepaya, kandungan nutrisi yang paling banyak yaitu kandungan seratnya. Maka tak heran jika buah pepaya sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan juga mengatasi masalah buang air besar.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Pepaya

Di dalam satu buah pepaya berukuran sedang terdapat kandungan berupa kalori sebanyak 120 kkal, karbohidrat sebanyak 30 gram yang didalamnya terdiri dari 18 gram gula dan 5 gram serat, protein sebanyak 2 gram.

Selain itu, buah pepaya merupakan sumber dari vitamin C dan pada satu buah pepaya berukuran sedang bermanfaat untuk memberikan asupan vitamin C sebanyak 224% dari kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Kandungan lain yang terdapat pada buah pepaya terdiri dari vitamin A, B, E, K, asam folat, asam pantetonat, magnesium, kalsium, kalium, tembaga, beta karoten, fiber, alfa, lutein, lycopene dan zeaxanthan.

Berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam buah pepaya, banyak sekali manfaat yang dapat anda rasakan dengan rutin mengonsumsi buah pepaya secara rutin dan teratur.

Baca Juga:
Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat pepaya dengan kandungan vitamin C dan vitamin A nya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Oleh karena itu, buah pepaya ini sangat baik dikonsumsi secara rutin setiap hari agar tubuh dapat terhindar dari penyakit seperti infeksi, demam, flu dan pilek.

2. Sebagai Anti-Inflamasi

Buah pepaya juga sangat besar manfaatnya jika dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit osteoporosis, arthritis dan edama. Hal ini dikarenakan, kandungan enzim yang terkandung di dalam buah pepaya mampu meringankan rasa sakit yang diderita. Selain itu, kandungan enzim juga dapat berfungsi sebagai anti kanker.

3. Memelihara Kesehatan Tulang

Apabila tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin K dalam jumlah cukup, maka tubuh akan sangat beresiko mengalami masalah patah tulang. Dengan mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah cukup setiap hari, maka kesehatan tulang akan tetap terjaga dan menjadi lebih kuat.

Hal ini dikarenakan, vitamin tersebut mampu mengubah protein matriks tulang, membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan juga mengurangi eksresi terhadap kalsium dalam tubuh.

4. Baik dan Aman bagi Penderita Diabetes

Kandungan serat yang tinggi sangat dibutuhkan oleh tubuh pada penderita diabetes, karena manfaat dari kandungan serat inilah yang mampu menstabilkan kadar glukosa dalam darah.

Maka dari itu, meskipun memiliki rasa yang manis tetapi buah pepaya ini sangat baik dan aman dikonsumsi dalam jumlah yang cukup oleh mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Di dalam buah pepaya mengandung nutrisi yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan organ jantung agar terhindar dari resiko penyakit jantung.

Hal ini disebabkan oleh karena di dalam buah pepaya mengandung serat, vitamin dan juga kalium. Terjadinya peningkatan asupan kalium dalam tubuh yang dilakukan secara bersamaan dengan penurunan terhadap asupan natrium merupakan aktivitas perubahan pola makan yang sangat penting, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kandungan enzim yang terkandung di dalam buah pepaya ini memiliki kemampuan yang sangat baik dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi terhadap kadar kolesterol, sehingga dapat menekan resiko penyakit jantung.

Lihat Juga:
6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa buah pepaya ini merupakan salah satu jenis buah yang sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Kandungan serat alami yang terkandung di dalam buah pepaya ini mampu melunakkan daging dalam pencernaan, bahkan kandungan serat dan air yang sangat tinggi di dalam buah pepaya terbukti efektif dan bermanfaat untuk mencegah sembelit, melancarkan buang air besar (BAB) dan memelihara kesehatan pencernaan.
 
7. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Manfaat buah pepaya berikutnya yaitu dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Menurut hasil penelitian menujukan jika kandungan enzim yang terkandung di dalam buah pepaya mampu memberikan dampak positif terhadap pengurangan kadar protein, lemak dan karbohidrat dalam tubuh.

Selain itu, mengonsumsi buah pepaya juga dapat meningkatkan sistem metabolisme menjadi semakin optimal dan membuat proses pembakaran lemak dapat berlangsung dengan baik.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, ternyata buah pepaya juga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kecantikan. Apa sajakah manfaatnya? langsung saja simak ulasannya dibawah berikut ini.

1. Ampuh mengangkat Sel Kulit Mati

Buat anda yang bermasalah dengan kulit kusam dan kasar, anda bisa melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan buah pepaya.

Tahukah anda, ternyata buah pepaya juga sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah kusam dan kasar dengan cepat dan aman.

Caranya yaitu, haluskan buah pepaya secukupnya, kemudian aplikasikan pada kulit wajah Sobat secara merata.

Pastikan Sobat membasuh kulit wajah Sobat terlebih dahulu dengan air hangat agar proses pengangkatan sel kulit mati semakin optimal.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai masker kering, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

2. Melembabkan Kulit Kering

Manfaat buah pepaya berikutnya yaitu dapat menjaga kelembaban alami kulit wajah, karena di dalam buah pepaya mengandung vitamin E yang sangat tinggi yang sangat baik untuk memelihara kulit wajah tetap lembab dan lembut.

Caranya menggunakannya, haluskan buah pepaya secukupnya dengan menggunakan blender, lalu tambahkan 1 sendok teh madu atau minyak zaitun.

Setelah itu aduk kembali sampai kedua bahan alami tersebut tercampur merata, selanjutnya Sobat tinggal mengaplikasikannya dengan dijadikan sebagai masker wajah alami.

Diamkan selama 30 menit atau sampai masker kering, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin biasa. Lakukan perawatan kecantikan kulit wajah ini secara rutin dan teratur setiap 3 kali seminggu.

3. Mengencangkan Kulit

Melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan masker pepaya ini juga dapat menghilangkan kerutan dan tanda penuaan pada kulit, sehingga kulit wajah Sobat akan terlihat kencang dan awet muda.

Hal ini dikarenakan di dalam buah pepaya memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah Sobat secara alami.

Artikel Terkait:
4. Mencegah dan menghilangkan Jerawat

Masker pepaya juga terbukti sangat ampuh untuk melawan kuman dan bakteri penyebab munculnya jerawat, bahkan pemakaian secara rutin dan teratur dengan masker wajah alami dari buah pepaya ini dipercaya bermanfaat dan ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap, perawatan kulit wajah dengan menggunakan buah pepaya terbukti sangat efektif untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini.

Selain itu, berkat kandungan vitamin C dan air yang tinggi, kulit wajah akan tampak lebih bersih dan segar serta memperbaiki kerusakan sel kulit dan mengembalikan kondisi kulit wajah Sobat seperti semula.

Demikian tadi uraian tentang beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan sekaligus pengobatan, semoga apa yang disampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat untuk Sobat semuanya.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "12 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan serta Pengobatan"