Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara mengobati Perut Kembung dengan Ramuan Tradisional Alami

perut kembung dan 5 cara alami mengatasinya

Perut kembung atau Sindrom dispepsia ialah adanya gas berlebih yang menumpuk  pada sistem pencernaan khususnya lambung, yang disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi serta oleh faktor lainnya yang bisa memicu timbulnya perut kembung.

Orang yang terkena perut kembung akan mengalami perasaan yang sangat mengganggu, seperti sensasi perut serasa penuh, begah, dan buncit. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun umumnya pernah mengalami gangguan perut kembung ini.

Dalam kondisi normal, disaat terdapat gas berlebih pada perut biasanya sistem pencernaan akan segera mengeluarkannya baik melalui proses buang angin maupun melalui sendawa.

Namun dikarenakan adanya gangguan pada fungsi salah satu atau beberapa organ tubuh pada pencernaan, maka gas tersebut tidak bisa dikeluarkan dan kemudian akhirnya terjadi penumpukan yang mengakibatkan bagian perut terasa kembung.

Pencetus Timbulnya Perut Kembung

Ada beberapa faktor yang jadi penyebab munculnya perut kembung, secara umum gangguan pada sistem pencernaan ini dipicu oleh makanan atau minuman yang mengandung banyak serat, gluten, karbohidrat dan polisakarida.

Disebabkan adanya parasit bakteri dalam perut juga yang mengakibatkan beberapa jenis makanan dan minuman ada yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh sistem penernaan.

Selain faktor diatas, beberapa jenis makanan atau minuman juga bisa jadi pemicu timbulnya perut kembung, diantaranya:
  • Minuman berkarbonasi atau mengandung soda
  • Makanan atau minuman yang menggunakan sakarin (pemanis buatan)
  • Terlalu sering makan dalam jarak waktu yang berdekatan
  • Bahan makanan yang mengandung banyak serat seperti kacang-kacangan
  • Banyaknya udara yang ikut tertelan saat makan
Baca Juga:
Beberapa Faktor Medis yang jadi Penyebab Perut Kembung
  1. Infeksi dan kanker pada organ usus
  2. Tukak lambung
  3. Maag
  4. GERD
  5. Sembelit
Gejala yang Muncul ketika Perut Kembung

Beberapa hal yang biasanya terasa atau terlihat saat terkena perut kembung, yaitu:
  • Sendawa terus menerus
  • Terasa seperti membuncit pada bagian perut
  • Perut terasa begah atau penuh
  • Bagian sekitar atau sekeliling perut terasa sakit
  • Terdengar seperti bunyi perut ketika sedang lapar
Cara Efektif mencegah Perut Kembung
  1. Hindari minuman bersoda atau yang mengadung karbonasi
  2. Jauhi makanan kaya serat, misalnya kacang-kacangan
  3. Tidak konsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan (sakarin)
  4. Kurangi mengonsumsi susu dalam jumlah banyak
    Cara mengobati Perut Kembung

    Untuk mengatasi perut kembung bisa menggunakan obat-obatan yang dapat membantu meredakan kembung pada perut sesuai dengan hasil diagnosa, beberapa diantaranya:
    • Jika perut kembung disebabkan oleh gangguan penyakit medis, maka dokter akan memberikan resep obat yang sesuai dengan pemicu kembung pada perut tersebut, misalnya maag atau tukak lambung.
    • Pemberian enzim sebagai suplemen untuk menetralisir sistem pencernaan
    • Menghindari berbagai makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya gejala perut kembung
    Mengobati Perut Kembung dengan Obat Herbal

    Selain dengan cara pencegahan dan pengobatan yang dijelaskan diatas, perut kembung juga dapat diatasi dengan berbagai ramuan tradisional alami yang terbukti ampuh dan aman untuk mengobati kembung pada perut, diantaranya:

    1. Jahe

    Mengobati perut kembung dengan jahe caranya sangat mudah, Anda hanya perlu merebus jahe dan mengonsumsi air rebusannya ketika perut terasa kembung, atau bisa juga membeli wedang jahe berbentuk serbuk kering bercampur gula atau susu yang dikemas dalam bungkus plastik.

    2. Pisang

    Mengonsumsi pisang diperaya bisa mengatasi gangguan perut kembung, karena kandungan senyawa potassium pada pisang terbukti dapat menghalau gangguan kembung pada perut, sekaligus mampu membantu membuat pencernaan menjadi lancar.

    3. Adas

    Untuk mengolah biji sebagai obat perut kembung caranya sangat gampang, Anda cukup mencampurkan 1/2 sendok teh bubuk biji adas kedalam minuman teh ketika masih agak panas, atau menambahkan 1 sendok teh serbuk biji adas kedalam masakan, lalu dikonsumsi saat perut terasa kembung.

    4. Daun mint

    Salah satu manfaat daun mint adalah dapat membantu memperlancar sistem pencernaan, untuk memperoleh khasiatnya Anda cukup menyeduh serbuk atau bubuk mint kering sebagai minuman teh.

    5. Kayu manis

    Kandungan anti-inflamasi pada kayu manis terbukti mampu meredakan rasa mual dan kembung pada perut, sekaligus dapat melancarkan metabolisme pada sistem pencernaan. Untuk pengobatan kembung pada perut, Anda cuma perlu menaburkan atau menambahkan 1.5 sendok teh bubuk kayu manis kering pada minuman teh ketika masih agak panas, lalu konsumsi saat masih hangat.

    Lihat juga:
    Demikian tadi uraian tentang penyebab asam lambung, gejala penyakit asam lambung, serta cara pencegahan sekaligus pengobatan sakit asam lambung.

    Semoga bermanfaat, salam sehat ala herbal !

    Post a Comment for "5 Cara mengobati Perut Kembung dengan Ramuan Tradisional Alami"