Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara mengobati Nyeri Sendi secara Tradisional

cara mengobati nyeri sendi

Cara mengobati Nyeri Sendi secara Tradisional
- Nyeri sendi adalah  kondisi dimana muncul rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan antara tulang dengan tulang, sehingga dapat menyebabkan pergerakan dan juga kualitas hidup seseorang yang menderitanya menjadi terganggu.

Nyeri sendi ini bisa terjadi dalam waktu singkat atau bahkan berkepanjangan dan tingkat keparahan dari rasa sakit yang diderita pun bervariasi, mulai dari tingkatan ringan, sedang hingga tingkatan yang parah.

Cara mengobati nyeri sendi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara medis dan cara alami. Bagi Sobat yang lebih memilih untuk mengobati nyeri sendi menggunakan cara alami, Sobat bisa gunakan beberapa obat nyeri sendi tradisional yang bisa Sobat dapatkan di sekitar rumah Sobat. Apa saja itu? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

Cara mengobati Nyeri Sendi

cara tradisional mengobati nyeri persendian

1. Kunyit, Lada Hitam dan Minyak Zaitun

Obat alami nyeri sendi yang satu ini sudah terbukti dan digunakan sejak ratusan tahu lalu, ketiga bahan herbal ini memang terbukti memiliki banyak kandungan zat yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit termasuk nyeri sendi.

Bahan-bahan tersebut sangat efektif untuk meredakan rasa sakit, dan juga memperbaiki oksidasi sendi yang disebabkan oleh karena terjadinya iritasi dan peradangan pada tulang rawan.

2. Jahe, Jintan Hitam dan Madu

Jahe dan jintan hitam memiliki kandungan zat anti-iritasi, flavanoid dan juga zat aspirin alami yang cukup tinggi. Bahan herbal ini dapat berperan sebagai analgesik alami yang dapat menyembuhkan nyeri sendi.

Cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut, pertama-tama siapkan jahe dan jintan hitam secukupnya, lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih. Setelah itu angkat, saring dan dinginkan.

Untuk menambah rasa agar lebih nikmat, Sobat bisa menambahkan madu sesuai selera. Minum ramuan tersebut sampai habis selagi hangat, konsumsi secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai nyeri sendi sembuh.

Untuk mencegah nyeri sendi kambuh, sebaiknya terus minum ramuan ini minimal seminggu sekali.

3. Rimpang Drynaria Rhizome

Drynaria rhizome merupakan jenis tanaman genus pakis yang memiliki ukuran cukup besar dan rindang. Tanaman ini biasanya tumbuh di dalam hutan tropis dan banyak dicari karena memiliki khasiat yang sangat ampuh menyembuhkan nyeri sendi.

Cara membuat ramuan obat nyeri sendi dari Drynaria rhizome ini anda cukup merebusnya dengan dua gelas air, rebus hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja.

Angkat dan saring airnya, lalu minum air rebusan tanaman Drynaria rhizome tersebut sampai habis selagi hangat. Sobat cukup minum sekali sehari sebanyak satu gelas saja, lakukan pengobatan ini sampai sembuh.

4. Teh Hijau Sencha

Teh Hijau Sencha merupakan jenis teh yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, teh ini mudah didapatkan di apotek atau toko obat.

Salah satu khasiat dari Teh Hijau Sencha yaitu dapat meredakan rasa sakit pada persendian, namun masyarakat umum hanya mengetahui jika Teh Hijau Sencha ini hanya bermanfaat untuk membantu melangsingkan tubuh saja.

5. Daun Pandan Wangi dan Minyak Kelapa

Banyak orang yang hanya tahu jika daun pandan wangi hanya sebatas untuk menambah aroma wangi pada masakan dan makanan.

Namun ternyata, daun pandan wangi juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat menyembuhkan nyeri sendi.

Cara nya cukup mudah, Sobat cukup merebus daun pandan wangi secukupnya dan ambil airnya. Setelah cukup dingin, tambahkan sedikit minyak kelapa yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu.

Gunakan ramuan tersebut dengan cara mengoleskannya pada bagian sendi yang sakit sambil dipijat secara lembut, lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari sesering mungkin.

6. Akar Sembung dan Gandarusa

Mungkin Sobat masih merasa asing dengan kedua bahan herbal ini, Akar Sembung Dan Gandarusa merupakan jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat nyeri sendi tradisional yang manjur dan aman digunakan dalam jangka panjang.

Cara meramunya yaitu, potong-potong Akar sembung Dan Gandarusa menjadi beberapa bagian, lalu rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas saja.

Setelah itu dinginkan dan saring, lalu minum secara rutin dan teratur setiap hari sebanyak satu gelas.

7. Akar Beluntas

Bahan obat nyeri sendi berikutnya yaitu dapat menggunakan akar tanaman beluntas. Manfaat akar beluntas memang sudah sangat dipercaya sejak dulu di dalam pengobatan herbal, sehingga banyak pengobatan-pengobatan alternatif yang memanfaatkan akar tanaman ini sebagai bahan untuk membuat jamu atau obat herbal.

Cara membuat ramuannya cukup sederhana, sebelumnya akar beluntas dibersihkan terlebih dahulu kemudian rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan biarkan sampai air rebusannya tersisa satu gelas saja.

Setelah itu, angkat dan dinginkan. Minum ramuan obat nyeri sendi alami ini secara rutin dan teratur satu kali sehari sampai sembuh.

8. Daun Dewa dan Madu

Obat alami untuk menyembuhkan nyeri sendi yang paling mudah didapatkan yaitu dengan daun dewa. Selain dapat menyembuhkan nyeri sendi, daun dewa juga sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit lainnya seperti sakit pinggang, asam urat, darah tinggi dan kolesterol.

Cara membuat ramuannya yaitu, rebus segenggam daun dewa segar dengan segelas air sampai mendidih. Setelah itu, saring air rebusan daun dewa tersebut dan dinginkan. Agar rasanya lebih nikmat, tambahkan madu sesuai selera dan minum sampai habis.

Untuk pengobatan, sebaiknya minum ramuan ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai nyeri sendi sembuh.

Sedangkan untuk pencegahan agar nyeri sendi tidak kambuh lagi, Sobat bisa minum ramuan ini minimal seminggu sekali sebanyak satu gelas.

9. Rimpang Lengkuas dan Madu

Tentunya Sobat sudah sering menjumpai lengkuas di dapur sobat, terutama bagi sobat yang senang memasak. Dibalik fungsinya sebagai bumbu masak, ternyata lengkuas juga berkhasiat untuk mengobati nyeri sendi.

Cara membuat ramuan obat nyeri sendi dari lengkuas cukup mudah, ambil rimpang lengkuas secukupnya dan bersihkan. Setelah itu, haluskan lengkuas hingga setengah halus dan tambahkan sedikit madu.

Selanjutnya, gunakan ramuan tersebut dengan cara mengoleskannya pada bagian sendi yang sakit sambil diberi pijatan lembut. Lakukan cara ini sesering mungkin, pengobatan ini terbukti efektif dan aman tanpa efek samping.

10. Daun Landep dan Air Kapur Barus

Bahan herbal lain yang ampuh untuk menyembuhkan nyeri sendi yaitu dengan menggunakan daun landep dan air kapur barus.

Caranya yaitu, ambil daun landep secukupnya dan haluskan. Setelah itu, beri sedikit campuran air kapur barus dan aduk sampai membentuk seperti pasta. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut dengan cara membalurkannya pada bagian sendi yang sakit secara rutin setiap hari.

Itulah beberapa bahan obat nyeri sendi tradisional yang bisa sobat manfaatkan untuk menyembuhkan nyeri sendi baik tingkat keparahan ringan dan sedang.

Jika kondisinya sudah cukup parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian tadi ulasan tentang 10 cara mengobati nyeri sendi secara tradisional, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sampai ketemu lagi pada artikel Herbalidoc yang lainnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "10 Cara mengobati Nyeri Sendi secara Tradisional"