Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara mengobati Gusi Bengkak dengan Cara Tradisional dan Alami

cara mengobati gusi bengkak

Cara mengobati Gusi Bengkak dengan Cara Tradisional dan Alami
- Gusi bengkak merupakan gangguan di area mulut khususnya pada bagian gusi yang disebabkan oleh beberapa hal, dan tidak sedikit orang yang pernah bahkan sering mengalaminya. Rasa sakit dan tidak nyaman sering kali membuat aktivitas menjadi terganggu, terutama pada saat makan.

Jika gusi bengkak tidak segera diatas, maka dapat menyebabkan seseorang menderita sakit gigi, karena gusi merupakan suatu jaringan kokoh yang berada di bawah gigi.

Gusi bengkak memang sudah menjadi gangguan mulut yang sering dialami oleh banyak orang, kondisi ini biasanya dapat ditandai dengan terjadinya pembengkakan, menggelembung dan menonjol.

Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, gusi bengkak ini dapat terjadi dalam ukuran yang cukup besar bahkan bisa sampai menutupi bagian gigi.

Sebelum membahas pada pokok pembahasan utama mengenai cara mengobati gusi bengkak secara alami, sebaiknya Sobat mengetahui penyebab gusi bengkak terlebih dahulu karena setiap orang yang mengalami gusi bengkak dipicu oleh penyebab yang berbeda-beda.

Baca juga:
Penyebab Gusi Bengkak

Berikut ini beberapa penyebab gusi bengkak yang umum terjadi pada kebanyakan orang, diantaranya yaitu :

Adanya penumpukan plak atau karang pada permukaan gigi, plak gigi yang sangat lengket bisa terbentuk pada saat makan dan minum. Di dalam plak terdapat banyak sekali bakteri yang dapat merusak gigi dan mempengaruhi kesehatan gusi.

Gusi bengkak juga bisa terjadi pada seseorang yang memiliki kondisi tubuh tertentu seperti terkena serangan virus dan jamur, gingivitis, wanita hamil, kekurangan asupan gizi atau skorbut, yaitu dimana tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin C.

Gusi bengkak bisa terjadi oleh karena kesalahan dalam pemasangan aksesoris gigi, gigi palsu, sensitif terhadap penggunaan pasta gigi atau penggunaan obat kumur tertentu dan bahkan bisa juga disebabkan oleh penggunaan jenis obat-obatan lainnya.

Itulah beberapa penyebab gusi bengkak yang umum terjadi. Lalu, bagaimana cara mengobatinya?

Pengobatan gusi bengkak bisa dilakukan secara medis maupun secara alami. Jika kondisinya masih belum terlalu parah, maka sebagai alternatif lain jika sobat malas untuk pergi ke dokter gigi, maka sobat bisa melakukan pengobatan tradisional dan alami. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Cara mengobati Gusi Bengkak

gusi bengkak dan cara mengobatinya

Pengobatan tradisional sampai saat ini memang masih dipercaya oleh banyak kalangan masyarakat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Pasalnya, pengobatan menggunakan obat-obatan alami dari alam dipercaya lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia.

Untuk mengobati gusi bengkak pun bisa diobati dengan menggunakan obat tradisional, ada beberapa jenis obat herbal yang ampuh dalam meredakan rasa sakit dan peradangan pada gusi, diantaranya yaitu:

1. Kantung Teh

Menurut dari hasil penelitian menunjukan jika kandungan asam tannic yang terkandung di dalam kantung teh celup sangat berkhasiat untuk mengatasi infeksi dan iritasi pada gusi bengkak.

Cara pengobatannya pun sangat mudah, sobat cukup merendam kantung teh celup yang masih baru ke dalam air panas, lalu angkat dan dinginkan.

Setelah cukup hangat, sobat bisa menempelkan kantung teh celup tersebut pada bagian gusi yang bengkak dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Lakukan cara ini secara berulang beberapa kali dalam sehari sampai gusi kempes dan sembuh.

Lihat juga:

2. Madu

Madu memang sudah dikenal sebagai bahan herbal yang memiliki sifat anti-septik dan anti-bakterial alami yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak yang disebabkan oleh gingivitis.

Caranya yaitu, sobat cukup mengoleskan madu seperlunya pada bagian gusi yang bengkak setiap setelah menggosok gigi, namun pastikan sobat tidak mengoleskan madu terlalu banyak karena rasa manis dari madu bisa menyebabkan gigi ngilu.

3. Baking Soda

Bagi sobat yang gemar membuat olahan makan pastinya sudah tidak asing lagi dengan bahan tambahan pada adonan kue yang satu ini. Menurut dari hasil penelitian menjelaskan bahwa baking soda mampu menetralisir zat asam berlebih di dalam mulut, inilah yang menjadi alasan mengapa baking soda sangat ampuh untuk mengobati gusi bengkak, sakit gigi dan mencegah kerusakan pada gigi.

Cara menggunakannya yaitu, gunakan baking soda sebagai bahan tambahan pada pasta gigi ketika sobat akan menggosok gigi.

Selain itu, sobat juga bisa melarutkan baking soda secukupnya dengan sedikit air hangat. Aduk sampai membentuk pasta, lalu oleskan pasta baking soda tersebut pada gusi yang sakit dan bengkak. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari sampai sembuh.

4. Minyak Cengkeh

Khasiat minyak cengkeh memang sudah dipercaya sejak dulu, salah satunya minyak cengkeh ini sangat berkhasiat untuk mengobati gusi bengkak secara alami.

Caranya yaitu, sobat hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang bengkak atau sakit, lakukan 2-3 kali sehari setiap setelah menggosok gigi.

Untuk mencegah timbulnya bengkak pada gusi ada beberapa hal yang dapat sobat lakukan, seperti:

Rutin menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Langkah pertama yang perlu sobat lakukan untuk mengobati gusi bengkak secara alami yaitu dengan rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Pastikan sobat rutin membersihkan gigi dan mulut dengan menggosok gigi 2 kali sehari dan gunakan obat kumur yang cocok.

Berkumur dengan Air Garam Hangat

Untuk meringankan rasa sakit pada gusi bengkak, sobat bisa mengatasinya dengan berkumur menggunakan air garam hangat.

Metode pengobatan seperti ini telah dipraktikkan semenjak dahulu kala, dan sampai sekarang masih sering digunakan karena dianggap sangat efektif untuk mengatasi bengkak pada bagian gusi.

Caranya yaitu, larutkan 2 sendok makan garam dapur ke dalam segelas air hangat, lalu aduk sampai garam benar-benar larut bersama dengan air.

Setelah itu, gunakan air garam hangat tersebut untuk berkumur pada pagi dan malam sebelum tidur. Lakukan cara ini setiap hari sampai sembuh.

Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab dari gusi bengkak yang umum terjadi yaitu karena tubuh mengalami kekurangan cairan tubuh dan panas dalam. Oleh karena itu, salah satu solusinya yaitu dengan minum air putih lebih banyak dan lebih sering dari biasanya.

Selain itu, ketika sedang menderita gusi bengkak, sebaiknya hindari minum minuman tertentu seperti minuman bersoda, alkohol, kopi dan juga teh. Sebagai gantinya, pastikan sobat minum air putih minimal sebanyak 8 gelas setiap hari atau setara dengan 2 liter air setiap harinya.

Simak juga:
Konsumsi Makanan yang mengandung Vitamin C dan D

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa salah satu penyebab dari gusi bengkak ini disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Maka dari itu, cukupi kebutuhan vitamin C untuk tubuh sobat setiap harinya dengan mengonsumsi makan yang kaya akan kandungan vitamin C. Beberapa jenis makanan yang memiliki sumber vitamin C yaitu seperti jeruk, anggur, lemon, pepaya, mangga dan strawberry.

Selain vitamin C, penting juga untuk anda agar mencukupi kebutuhan vitamin D yang berperan sebagai anti-inflamasi yang efektif untuk meredakan rasa nyeri dan mengatasi pembengkakan pada gusi.

Sobat hanya perlu berjemur tiap pagi selama 30 menit antara jam 9 sampai jam 9.30 setiap hari guna memperoleh asupan Vitamin D yang maksimal.

Demikian tadi sedikit uraian mengenai 8 cara mengobati sekaligus mencegah gusi bengkak dengan cara tradisional dan alami yang bisa sobat coba dirumah, semoga ulasan diatas bermanfaat.

Sampai ketemu lagi di postingan Herbalidoc berikutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "8 Cara mengobati Gusi Bengkak dengan Cara Tradisional dan Alami"