Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara menghilangkan Jerawat Sekaligus mencegahnya secara Tradisional dan Alami

cara menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan Jerawat Sekaligus mencegahnya secara Tradisional dan Alami
- Jerawat di wajah bisa jadi masalah serius kalau sobat tidak menanganinya dengan baik, jerawat dapat muncul di mana saja termasuk di hidung.

Hidung memiliki suasana yang lembap, sehingga jerawat betah tinggal di sana. Penyebab dari munculnya jerawat di hidung sebenarnya sama dengan jerawat di bagian tubuh lain, yaitu penyumbatan pori-pori kulit dan adanya bakteri Propionibacterium Acnes.

Adanya jerawat di hidung dapat menyebabkan rasa sakit yang lebih dibanding jerawat di bagian tubuh lain. Dan jerawat di hidung ini sulit sekali disembuhkan.

Namun sulit bukan berarti tidak bisa kan? Langkah-langkah di bawah ini bisa sobat lakukan untuk menghilangkan jerawat di hidung dan di bagian wajah  lainnya yang tentunya sangat mengganggu penampilan sobat.

Cara menghilangkan Jerawat Sekaligus mencegahnya

cara mencegah jerawat

1. Jangan menyentuh Jerawat

Jerawat disebabkan oleh infeksi bakteri dan juga kotoran yang menyumbat pori-pori. Oleh sebab itu, untuk mencegah jerawat sobat sebaiknya tidak sering menyentuh dan memegang jerawat yang sedang tumbuh supaya tidak ada lagi kotoran yang memperparah kondisi jerawat.

Tangan sobat biasa digunakan untuk mengerjakan apapun dan memegang segala benda, jadi tidak bisa kita pungkiri kalau tangan pasti penuh akan bakteri.

2. Tidak memencet Jerawat

Jika memegangi jerawat dengan tangan saja bisa memperparah kondisinya, lalu apa yang terjadi jika jerawat dipencet-pencet? Jerawat yang dipencet lalu pecah bisa menyebabkan luka yang bisa mengakibatkan infeksi.

Di samping itu, setelah luka sembuh dan kering, akan meninggalkan bekas luka yang berwarna gelap. Bekas luka ini akan menurunkan tingkat kecantikan serta kepercayaan diri sobat.

Maka dari itu, untuk dapat mencegah atau menghilangkan jerawat sebaiknya Sobat tidak memencet jerawat yang ada pada wajah atau hidung Sobat.

3. Membersihkan Wajah

Saat sobat melakukan aktivitas sehari-hari terutama di luar rumah, wajah Sobat akan dihinggapi oleh debu dan kotoran, kotoran dan debu tersebut bisa menyumbat pori-pori kulit.

Nah, supaya pori-pori kulit sobat khususnya kulit wajah tidak tertutupi oleh kotoran dan debu, sobat disarankan untuk mencuci muka dengan sabun muka minimal 2 kali dalam sehari atau setelah sobat beraktifitas. Dengan kulit wajah yang bersih, maka jerawatpun dijamin tidak akan tumbuh di wajah Sobat.

4. Terapi uap

Untuk mencegah jerawat, Sobat bisa melakukan terapi uap. Uap air membantu kulit membuka pori-porinya, jadi kulit bisa bernapas dan tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori.

Setelah wajah sobat dicuci, sobat bisa melakukan terapi uap sebelum melakukan perawatan wajah lain misalnya masker dan lainnya.

Caranya sangatlah mudah, Sobat cukup menyiapkan air panas di dalam wadah, kemudian arahkan wajah Sobat ke uap yang keluar dari air tersebut. Lakukan terapi uap ini sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin.

5. Scrub Oatmeal

Setelah Sobat melakukan terapi uap untuk membuka pori-pori, kini saatnya Sobat membersihkan kotoran yang ada di bagian dalam pada wajah Sobat.

Cara membersihkannya bisa menggunakan scrub oatmeal, Caranya adalah dengan mencapurkan oatmeal dengan air secukupnya lalu oleskan pada bagian yang berjerawat.

Sobat juga bisa menggunakannya pada area yang tidak berjerawat untuk mencegah timbulnya jerawat.

6. Massage dengan Tea Tree Oil

Tea tree oil (minyak pohon teh) memiliki sifat anti-bakteri, sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Pada malam hari sebelum tidur, lakukanlah massage atau pemijatan pada wajah Sobat dengan menggunakan tea tree oil. Sobat bisa mendapatkan tea tree oil di apotek atau salon kecantikan.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara teratur, jerawat di wajah Sobat akan segera kempes, mengering dan sembuh.

Demikian tadi uraian mengenai 6 cara mencegah sekaligus mengobati jerawat secara alami dan tradisional, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya.

Sampai ketemu lagi pada artikel Herbalidoc berikutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "6 Cara menghilangkan Jerawat Sekaligus mencegahnya secara Tradisional dan Alami"