Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara mengatasi Sinusitis atau Flu Menahun secara Medis

cara mengatasi sinusitis

Cara mengatasi Sinusitis atau Flu Menahun secara Medis
- Sinus atau sinusitis (Flu Menahun) adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan pada dinding sinus. Sinus sendiri merupakan rongga berukuran kecil yang terletak pada bagian belakang tulang pipi dan dahi, pada rongga tersebut berisi udara.

Penyakit sinusitis adalah jenis penyakit umum yang dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Sinusitis terdiri dari beberapa tipe yang dibedakan berdasarkan lamanya perjalanan dari penyakit ini, yaitu sinusitis akut, sinusitis subakut, sinusitis kambuhan dan juga sinusitis kronis. Umumnya, jenis penyakit yang satu ini dapat menimbulkan beberapa gejala pada penderitanya, seperti :
  • Sering sakit kelapa
  • Mengalami demam dengan suhu 38 derajat celcius atau bahkan lebih
  • Mengalami hidung tersumbat dan keluar cairan berwarna kuning kehijauan
  • Timbul rasa nyeri pada bagian wajah dan juga terasa sakit ketika menelan
  • Indera penciuman tidak berfungsi dengan baik
  • Aroma nafas yang berbau (halitosis)

Letak Sinus pada Tubuh Manusia

Sinus merupakan ruang-ruang berukuran kecil yang saling terhubung pada saluran udara yang terletak di bagian dalam tulang tengkorak. Rongga sinus ini berfungsi untuk membuka lubang pada hidung, ada empat buah pasang sinus yang terletak pada tengkorak manusia yaitu pada bagian belakang dahi, pada kedua sisi batang hidung, di bagian belakang mata dan juga pada bagian belakang tulang pipi.

Lendir dan mukus yang diproduksi oleh sinus ini dapat berfungsi untuk mengontrol suhu dan juga kelembaban udara yang masuk ke dalam organ paru-paru.

Kemudian lendir ini akan mengalir ke bagian hidung melalui saluran-saluran kecil, jika sinus mengalami peradangan atau infeksi, maka saluran pada sinus ini akan terhalang atau tersumbat.

Baca juga:

Faktor Penyebab Sinusitis

Pada orang dewasa, umumnya sinusitis ini dapat disebabkan oleh karena terjadinya pembengkakan pada dinding yang terletak di bagian hidung.

Kondisi ini kerap disebabkan oleh infeksi virus flu atau pilek yang kemudian akan menyebar melalui sinus pada saluran pernafasan bagian atas.

Faktor penyebab dari sinusitis pada orang dewasa juga bisa disebabkan oleh karena tejadinya infeksi jamur, infeksi gigi dan juga di akibatkan oleh kebiasaan buruk merokok.

Ketika terserang penyakit flu atau pilek, maka akan terjadi infeksi bakteri sekunder dan kondisi ini dapat menyebabkan dinding sinus mengalami inflamasi atau peradangan.

Sedangkan jika penyakit menyerang usia anak-anak, umumnya sinusitis dapat dipicu oleh karena alergi, tertular penyakit yang diderita oleh anak-anak lain yang berada di sekitarnya, akibat dari kebiasaan menggunakan dot atau minum dari botol sambil berbaring dan juga akibat tinggal di lingkungan yang banyak asap.

Diagnosa Terhadap Sinusitis

Dokter biasanya akan melakukan diagnosa penyakit sinusitis dengan melihat berbagai gejala yang di alami oleh penderitanya, seperti hidung tersumbat atau sering mengeluarkan ingus yang disertai dengan rasa nyeri pada bagian wajah. Selain itu, biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan secara fisik pada rongga hidung pasien.

Jika sinusitis yang dialami oleh pasien sudah cukup parah, maka biasanya dokter akan menyarankan agar pasien untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis THT (Telinga, Hidung Dan Tenggorokan).

Kemudian dokter spesialis THT akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam untuk mencari penyebab utama dari sinusitis tersebut.

Cara mengobati Sinusitis

cara mengobati flu menahun

Sebenarnya penderita penyakit sinusitis tidak perlu memeriksakan diri ke dokter, karena biasanya jika sinusitis yang diderita disebabkan oleh karena infeksi virus maka akan sembuh dan hilang dengan sendirinya.

Butuh sekitar 2-3 minggu agar penderita sinusitis bisa sembuh secara total, kondisi ini memang biasanya lebih lama jika dibandingkan dengan flu atau pilek.

Untuk mengatasi sinusitis tingkat ringan, maka Sobat bisa minum obat pereda rasa sakit dan juga dekongestan yang dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Sobat dianjurkan untuk mengunjungi dokter jika dalam jangka waktu seminggu setelah pengobatan kondisinya tidak kunjung membaik, apalagi jika kondisinya semakin memburuk.

Pada kondisi seperti ini, kemungkinan besar dokter akan meresepkan jenis obat anti-biotik, steroid semprot dan juga obat tetes untuk mengobatinya.

Sedangkan jika kondisi sinusitis yang diderita sudah sangat parah, maka biasanya dokter akan mengambil tindakan operasi untuk meningkatkan fungsi dari sinus dan juga fungsi dari drainase-nya. Tindakan operasi ini hanya disarankan apabila pemberian obat sinusitis sudah tidak memberikan hasil.

Selain itu, kondisi sinusitis yang sudah parah dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit lain akibat dari terjadinya komplikasi sinusitis.

Bagi penderita sinusitis akut yang tidak segera mendapatkan pengobatan tepat secara medis, maka dapat menyebabkan sinusitis menjadi kronis.

Jika kondisinya sudah kronis, maka harus segera mendapatkan penanganan medis dengan baik dan jika tidak segera ditangani dapat memicu terjadinya komplikasi seperti :
  • Infeksi akan menyebar ke bagian dinding otak, sehingga menyebabkan meningitis
  • Dapat menyebabkan terjadi kerusakan pada indera penciuman, baik itu hanya sebagian atau bisa juga secara keseluruhan
  • Dapat mengalami gangguan pada penglihatan
  • Dapat memicu terjadinya infeksi pada kulit dan tulang

Cara mengobati Sinusitis

Untuk penderita sinusitis akut, biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu penanganan dokter. Untuk meringankan gejala yang ditimbulkannya, penderita hanya perlu melakukan beberapa penanganan seperti berikut :
  1. Gunakan Semprotan Hidung Saline, Semprotan Hidung Saline berfungsi untuk membersihkan saluran hidung. Pada semprotan ini mengandung bahan campuran dari 400 ml air matang, 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh soda bikarbonat.
  2. Minum obat pereda rasa nyeri.
  3. Minum obat dekongestan, jangan gunakan lebih dari 1 minggu.
  4. Gunakan Kortikosteroid yang berfungsi untuk mencegah dan mengurangi peradangan.
Jika Sinusitis yang terjadi disebabkan oleh karena alergi, maka biasanya pasien memerlukan penanganan dengan melakukan imunoterapi untuk mengurangi reaksi tubuh terhadap berbagai kandungan zat yang dapat menyebabkan seseorang mengalami alergi.

Sedangkan untuk mengatasi sinusitis kronis, biasanya dokter akan melakukan penanganan dengan mengurangi efek peradangan yang terjadi, menjaga agar saluran hidung tetap kering, menghilangkan penyebab utamanya dan juga mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Jika penanganan dan pengobatan yang dilakukan tidak juga membaik dan kondisinya malah semakin parah, maka biasanya dokter dengan segera akan melakukan tindakan operasi dengan berada di bawah pengaruh obat bius umum.

Tetapi operasi ini juga bisa dilakukan berada dibawah pengaruh obat bius lokal yang membuat hidung pasien menjadi mati rasa.

Dilakukannya tindakan operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kembali drainase sinus dan juga membantu mengembalikan fungsi sinus agar dapat kembali normal. Dokter bedah biasanya akan memasang implan yang dapat larut dan menyatu dengan sendirinya.

Pemasangan implan ini dapat menjaga sinus agar tetap terbuka dan dapat menyalurkan steroid mometasone secara langsung menuju ke dinding sinus.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara mencegah sekaligus mengobati penyakit sinusitis atau  flu menahun, semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Sampai ketemu lagi pada artikel kesehatan Herbalidoc lainnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "4 Cara mengatasi Sinusitis atau Flu Menahun secara Medis"