Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara mengatasi Sariawan dengan Obat Medis dan Obat Alami

cara mengatasi sariawan

Cara mengatasi Sariawan dengan Obat Medis dan Obat Alami
- Sariawan adalah kondisi dimana munculnya infeksi di dalam mulut dan juga lidah yang dapat menyerang kepada semua orang baik orang tua maupun anak-anak.

Penyebab sariawan sendiri dapat dipicu oleh jamur bernama Candida albicans yang dapat berkembang di dalam mulut, meskipun sariawan bukan suatu penyakit yang berbahaya dan tidak menular tetapi jika tidak segera diatasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sariawan di mulut maupun di lidah, yaitu dengan cara menggunakan obat sariawan yang bisa kita dapatkan di apotik atau dengan cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kita dapatkan di dapur maupun di lingkungan sekitar kita.

Penasaran, bagaimana cara mengatasinya? Mari kita simak ulasan lengkapnya satu persatu dibawah berikut ini.

Cara mengatasi Sariawan


Berikut ini beberapa merk dan nama obat sariawan yang bisa Sobat dapatkan dengan mudah di apotik, diantaranya yaitu :

1. Mycostatin

Obat sariawan pertama yang bisa Sobat gunakan untuk mengobati sariawan yaitu dengan menggunakan Mycostatin, obat ini tidak hanya dapat digunakan untuk orang dewasa saja tetapi juga aman untuk anak-anak.

Mycostatin di jual dalam bentuk kemasan 12 ml, obat ini sangat ampuh untuk mengatasi sariawan di lidah maupun di mulut dengan cepat. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai obat ini, Sobat bisa baca brosur yang ada dalam kemasan obat.

2. Albothyl

Sobat semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama obat sariawan yang satu ini, Albothyl merupakan jenis obat sariawan yang terbukti ampuh untuk mengobati sariawan dengan cepat dan aman tanpa efek samping berbahaya, sehingga obat sariawan ini juga sangat aman digunakan oleh anak-anak maupun dewasa.

Untuk mengetahui informasi lebih jelas tentang Albothyl, Sobat bisa baca pada brosur atau kemasan obatnya. Sobat bisa dapatkan Albothyl dengan mudah di apotik-apotik terdekat di kota Sobat dengan harga yang relatif cukup terjangkau.

3. GOM / Borax Glycerin

Obat sariawan berikutnya yang bisa Sobat dapatkan di apotik yaitu GOM / Borax Glycerin, obat ini juga tidak kalah ampuh dengan obat sariawan lainnya.

Untuk penggunaan dalam jangka panjang, sebaiknya Sobat mengonsultasikannya dengan dokter dan gunakan obat ini sesuai aturan serta dosis sesuai kebutuhan atau sesuai anjuran dokter.

4. Aloclair Plus Spray

Obat sariawan paling ampuh lainnya yang bisa Sobat gunakan untuk mengobati sariawan dengan cepat yaitu Aloclair plus spray, obat ini aman digunakan pada anak-anak dan juga ampuh untuk mengobati sariawan di lidah maupun di mulut dengan cepat.

Aloclair plus spray sendiri merupakan obat sariawan yang berupa obat tetes berwarna biru, meskipun harga obat ini lumayan mahal tetapi Sobat tidak perlu meragukan khasiatnya untuk mengobati sariawan.

Untuk keterangan obat lebih lengkap bisa di lihat pada brosur yang ada dalam kemasan obat atau mintalah anjuran dokter.

5. Betadine Gargle

Betadine Gargle tersedia dalam dua varian kemasan yaitu kemasan 100 ml dan 190 ml dan harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan dapat dengan mudah Sobat dapatkan di tiap-tiap apotik terdekat di kota Sobat.

Selain ampuh untuk mengatasi sariawan, ternyata Betadine Gargle juga sangat manjur untuk mengobati masalah mulut dan gigi seperti sakit gigi, gusi bengkak, bau mulut dan sakit tenggorokan.
 
Itulah beberapa obat sariawan paling ampuh yang bisa Sobat dapatkan dengan mudah di apotik. Selain dengan menggunakan obat-obatan diatas, Sobat juga bisa mengobati sariawan dengan cara alami menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja itu? Langsung saja simak informasi lengkapnya dibawah.

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Sobat jadikan sebagai obat sariawan di mulut dan juga lidah, diantaranya yaitu:

Cara mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

cara mengobati sariawan

1. Baking Soda dan Garam

Bahan alami pertama yang bisa Sobat jadikan sebagai obat sariawan alami yaitu dengan menggunakan campuran baking soda dan garam. Obat alami ini cukup ampuh untuk mengatasi sariawan dan mengurangi peradangan pada sariawan.

Untuk cara meramunya adalah sebagai berikut :
  • Pertama-tama siapkan baking soda dan garam masing-masing satu sendok teh, lalu haluskan kedua bahan alami tersebut dan campurkan jadi satu
  • Setelah itu, tuangkan sedikit air panas pada kedua bahan alami tersebut dan aduk kedua bahan hingga membentuk  pasta
Cara penggunaannya sangat mudah, Sobat cukup mengoleskan pasta baking soda yang telah dibuat tadi secara merata pada area mulut yang mengalami sariawan, diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan berkumur.

Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan cara pengobatan ini secara rutin sekali dalam sehari sampai sariawan sembuh.

2. Air Kelapa

Bahan alami berikutnya yang bisa Sobat manfaatkan untuk obat sariawan yaitu dengan menggunakan air kelapa, kandungan elektrolit yang terdapat pada air kelapa mampu memberikan sensasi dingin pada suhu tubuh, mengobati sariawan dan juga dapat mengatasi panas dalam. Bahkan dengan rutin minum air kelapa secara rutin setiap hari dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Untuk mengobati sariawan, Sobat hanya perlu minum 2-3 gelas air kelapa setiap hari. Sedangkan untuk mencegah sariawan, Sobat bisa minum air kelapa minimal 1 kali sehari.

3. Yoghurt

Cara mengobati sariawan secara alami berikutnya yaitu dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi yoghurt, minuman berbahan susu fermentasi ini terbukti ampuh untuk mencegah dan mengatasi sariawan di mulut dan lidah, karena kandungan bakteri baiknya mampu mempercepat proses penyembuhan pada sariawan.

Untuk mengobati sariawan, Sobat bisa mengkonsumsi yoghurt minimal 2 kali sehari dan untuk anak-anak cukup beri 1 kali sehari saja.

4. Minyak Kelapa dan Madu

Minyak kelapa juga terbukti ampuh untuk mengobati sariawan dengan cepat, minyak kelapa sendiri memiliki kandungan anti-bakterial yang ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan. 

Sobat bisa mencampurkan minyak kelapa dengan madu, kemudian mengoleskannya pada daerah mulut yang mengalami sariawan.

Caranya mengolahnya adalah sebagai berikut:
  • Campurkan 2 sendok teh minyak kelapa dan 1 sendok teh madu, aduk sampai tercampur merata
  • Setelah itu, oleskan obat sariawan alami tersebut secara merata pada area yang mengalami sariawan dan biarkan selama kurang lebih 10 menit
  • Selanjutnya, bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat
Agar sariawan cepat sembuh, lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

5. Kunyit

Obat sariawan alami terakhir yang bisa Sobat gunakan untuk mengobati sariawan yaitu dengan kunyit, kandungan nutrisi yang terdapat pada kunyit ini sangat efektif untuk mengobati sariawan dengan cepat dan aman tanpa efek samping.

Cara membuatnya yaitu:
  • Pertama-tama siapkan 1 sendok makan bubuk kunyit, lalu tambahkan sedikit air hangat dan aduk sampai membentuk pasta atau krim
  • Setelah itu, oleskan pasta kunyit tadi secara merata pada area mulut yang terkena sariawan dan diamkan selama 10 menit
  • Selanjutnya bersihkan dengan cara kumur-kumur dengan air hangat
Untuk hasil terbaik, Sobat bisa lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari sampai sariawan sembuh.

Bagaimana, sangat mudah bukan?

Itulah tadi artikel tentang 10 cara untuk mengobati sekaligus mencegah sariawan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Sobat semuanya. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Sampai jumpa lagi pada postingan Herbalidoc selanjutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "10 Cara mengatasi Sariawan dengan Obat Medis dan Obat Alami"