Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara mengatasi Karang Gigi dengan Aman secara Alami

cara mengatasi karang gigi secara alami

Cara mengatasi Karang Gigi dengan Aman secara Alami
- Karang gigi merupakan titik noda berwarna gelap pada permukaan gigi yang disebabkan oleh penumpukan plak yang berasal dari sisi-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi.

Melakukan perawatan gigi secara rutin dan teratur memang menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, gigi memiliki peran yang sangat penting bukan hanya untuk mengunyah makanan, tetapi juga sangat berperan dalam menunjang penampilan.

Bila gigi kurang diperhatikan dalam perawatannya, maka akibatnya akan timbul berbagai masalah gigi seperti gigi kuning atau munculnya karang gigi yang dapat mengganggu penampilan.

Jika pada gigi kita terdapat karang gigi, maka pastinya kita akan merasa minder atau kurang percaya diri ketika berbicara di depan banyak orang. Selain itu, adanya karang gigi dapat menyebabkan gigi berlubang.
 
Pada dasarnya, di dalam rongga mulut sering menjadi sumber atau tempat bersarang dan berkembang biak bakteri.

Meskipun sudah sering membersihkannya dengan menggosok gigi secara rutin dan teratur setiap hari, namun tetap saja bakteri masih bisa hidup dan tersisa di dalam mulut.

Karang gigi dapat terbentuk hasil dari reaksi kimia antara kadar protein, bakteri dan sisa makanan yang menempel di gigi.

Hasil dari reaksi tersebut dapat menimbulkan plak di gigi yang berwarna kuning, jika plak pada gigi ini tidak segera dibersihkan lama-kelamaan akan mengeras dan lengket sehingga akan membentuk karang gigi.

Akibat dari adanya karang gigi ini dapat berdampak buruk dengan terjadinya komplikasi seperti iritasi, terjadi peradangan pada gusi dan gigi berlubang.

Jika plak tersebut sudah terbentuk menjadi karang gigi, maka tidak akan dapat dibersihkan hanya dengan menggosok gigi biasa dan dibutuhkan penanganan khusus untuk menghilangkan karang gigi.

Sebelum menimbulkan gangguan pada kesehatan gigi yang lebih serius, sebaiknya segera atasi karang gigi dengan cepat dan tepat.

Ada banyak cara yang bisa Sobat lakukan untuk menghilangkan karang gigi, jika kondisinya belum cukup parah dan Sobat malas untuk pergi ke dokter gigi. Salah satu solusinya bisa dilakukan dengan cara alami di rumah.

Cara mengatasi Karang Gigi secara Alami

Berikut ini beberapa cara menghilangkan atau membersihkan karang gigi dengan cepat dan ampuh, diantaranya yaitu :

1. Menggosok gigi dengan menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Rutin menggosok gigi 2 kali sehari memang tidak cukup untuk membersihkan karang gigi, namun Sobat bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Menggosok gigi dengan pasta gigi yang berflouride dapat membantu mengikis karang gigi, mencegah pembusukan pada sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan sekaligus memperkuat enamel gigi.

Maka dari itu, jika Sobat rutin menggosok gigi dengan pasta gigi ini, secara perlahan karang gigi akan rontok dan gigi akan tampak lebih bersih dan kuat.

2. Gunakan Siwak

Di tengah-tengah jaman modern seperti sekarang ini, mungkin sudah jarang orang mengenal yang namanya siwak. Siwak sendiri merupakan bahan yang sering digunakan untuk menggosok gigi yang lebih dikenal dengan sebutan miswak.

Bahan alami ini bisa anda dapatkan dari ranting pohon, jenis pohon yang biasanya digunakan untuk bersiwak yaitu jenis pohon arak yang banyak tumbuh di kawasan Afrika, Arab dan kawasan Asia Barat.

Siwak  sudah digunakan sejak dulu dan cukup ampuh untuk mencegah timbulnya plak pada gigi sehingga ampuh mengatasi karang gigi, ini dikarenakan pada siwak terdapat kandungan enzim dan senyawa asam yang berfungsi sebagai anti bakteri.

Selain itu, siwak juga memiliki kandungan zat bermanfaat lainnya seperti vitamin C, flouride, pottasium, klorida, tannin, sulfur dan masih banyak kandungan zat lainnya yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi yang membandel.

3. Benang Gigi

Biasanya plak gigi sering kali muncul pada bagian ujung gigi yang posisinya berdekatan dengan gusi, sehingga sangat sulit untuk menjangkaunya hanya dengan menggunakan sikat gigi.

Untuk mengatasinya, maka diperlukan penanganan dengan memakai benang gigi, meski pemakaian benang gigi tidak akan mampu membersihkan karang gigi secara maksimal tapi setidaknya benang ini dapat merontokkan sebagian karang gigi.

Namun Sobat harus tetap berhati-hati dalam pemakaian benang gigi ini, karena jika terlalu keras menggosokkannya dapat membuat email gigi terkikis dan bahkan dapat melukai gusi.

Lihat juga:

4. Konsumsi Jambu Biji

Apakah Sobat suka makan jambu biji? menurut hasil penelitian terbukti bahwa jambu biji sangat bermanfaat untuk membantu merontokkan karang gigi yang melekat.

Menurut kabar yang telah dimuat di Journal of Applied Microbiology menyatakan jika hasil dalam sebuah studi yang pernah dilakukan di India bahwa dengan mengonsumsi jambu biji dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan gusi.

Selain itu, kandungan zat yang terdapat pada jambu biji sangat ampuh untuk membasmi kuman dan bakteri yang berkembang di dalam mulut dan menjadi penyebab pembentukan plak di gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dengan jambu biji cukup mudah, Sobat bisa langsung mengunyah jambu biji yang telah dipotong-potong dan diberi sedikit garam.

Pastikan juga Sobat mengunyahnya pada bagian gigi yang terdapat karang gigi. Untuk mendapatkan hasil dengan cepat, maka lakukan cara ini 1-2 kali sehari sampai karang gigi hilang.

5. Hilangkan dengan Baking Soda

Bahan campuran makanan yang satu ini juga cukup ampuh untuk membersihkan karang gigi dengan cepat, karena baking soda sendiri memiliki sifat basa sehingga sangat efektif untuk membantu dalam menetralkan proses pembusukan kadar asam yang ada dalam mulut.

Caranya yaitu :
  • Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan ½ sendok teh garam dapur
  • Aduk rata kedua bahan alami tersebut
  • Oleskan campuran bahan alami tersebut pada sikat gigi dan gosokkan secara perlahan pada bagian gigi yang terdapat karang gigi
Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara alami ini secara rutin 3 kali seminggu.

6. Cengkeh

Cengkeh tidak hanya bermanfaat untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak, tetapi juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk membersihkan karang gigi dengan cepat dan aman.

Hal ini dikarenakan, di dalam cengkeh terdapat kandungan senyawa yang berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan dan menghilangkan plak atau karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dengan cengkeh sangat mudah, berikut panduannya:
  • Langkah pertama yang perlu Sobat lakukan yaitu dengan menghaluskan biji cengkeh sampai halus
  • Setelah itu, campurkan 1 sendok teh cengkeh bubuk dengan 5 tetes minyak zaitun dan aduk kedua bahan alami tersebut hingga tercampur merata
  • Terakhir, gunakan campuran bahan alami tersebut untuk menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus
Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 3 kali seminggu sampai karang gigi hilang.

7. Kulit Jeruk

Bahan alami terakhir yang dapat Sobat gunakan untuk menghilangkan karang gigi yaitu bisa menggunakan kulit jeruk.

Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan juga mengandung senyawa limonene yang mampu mengikis plak atau karang gigi yang membandel sekalipun.

Selain itu, kulit jeruk juga dapat membasmi bakteri di dalam mulut yang menjadi penyebab utama dalam pembentukan karang gigi.

Simak juga:
Cara penggunaannya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan kulit jeruk yang masih segar, lalu ambil sebagian dan gosok-gosokkan pada permukaan gigi yang berkarang
  • Jika bagian gigi berkarang sulit dijangkau, Sobat bisa menghaluskan kulit jeruk tersebut dan jadikan sebagai pasta gigi
Lakukan secara rutin dan teratur 3 kali seminggu, dalam 2-3 minggu gigi akan terlihat lebih bersih.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk Sobat semua, semoga tips dan cara menghilangkan karang gigi secara alami diatas dapat bermanfaat.

Sampai ketemu lagi di artikel Herbalidoc selanjutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "7 Cara mengatasi Karang Gigi dengan Aman secara Alami"