Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara mengatasi Kaki Terkilir atau Keseleo dengan Benar

cara mengatasi kaki keseleo atau terkilir

Cara mengatasi Kaki Terkilir atau Keseleo
- Kaki terkilir atau keseleo bisa di alami oleh siapa saja dan dalam keadaan apa saja baik itu ketika kita sedang bekerja, olahraga atau ketika sedang berjalan kaki.

Hampir semua orang pasti pernah mengalami keseleo pada pergelangan kaki, rasanya tentu cukup menyakitkan ketika kaki kita digerakkan atau ketika berjalan.

Meskipun sangat umum terjadi, kaki keseleo mesti segera diatas, karena dapat mengganggu aktivitas Sobat sehari-hari.

Oleh karena itu, kali ini Herbalidoc akan mengulas informasi kesehatan tentang cara mengobati keseleo pada pergelangan kaki.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak beberapa cara mengobati kaki terkilir dan keseleo yang Kami rekomendasikan untuk Sobat lakukan.

7 Cara mengatasi Kaki Terkilir atau Keseleo dengan Benar

1. Melakukan Metode RICE

Ketika Sobat mengalami cedera pada pergelangan kaki, maka sebaiknya beri waktu beberapa hari untuk beristirahat pada pergelangan kaki Sobat yang terkilir.

Jangan dulu melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat menyebabkan rasa sakit pada pergelangan kaki keseleo Sobat, karena dapat memperparah rasa sakit dan keseleo akan sulit disembuhkan.

Dalam metode ini, Sobat dapat mengompres pergelangan kaki terkilir atau keseleo Sobat dengan es batu untuk meringankan rasa sakit dan juga pembengkakan.

Jika langsung dilakukan pengompresan dengan es batu pada saat Sobat mengalami keseleo dapat mencegah terjadinya pembengkakan tersebut.

Caranya pun sangat mudah, Sobat cukup menempelkan es batu pada pergelangan kaki yang sakit agar tidak terjadi peradangan, diamkan selama minimal 15 menit dan lakukan sesering mungkin setiap harinya sampai kondisinya membaik.

Jika dalam beberapa hari pembengkakan pada pergelangan kaki semakin parah, maka segera hentikan pengobatan ini dan kunjungi dokter.

2. Melatih Pergelangan kaki

Latihan disini bukan berarti Sobat harus membuat pergelangan kaki terkilir Sobat aktif bergerak seperti melakukan aktivitas atau olahraga, latihan yang dimaksud yaitu bertujuan untuk melatih agar ligamen pada pergelangan kaki Sobat kembali meningkat dan membaik.

Contoh latihan yang bisa Sobat lakukan yaitu seperti berikut:
  • Posisikan tubuh Sobat dengan duduk di kursi dengan posisi kaki menempel dan sejajar diatas lantai
  • Kemudian gerakan pergelangan kaki Sobat dengan gerakan memutar ke kiri dan ke kanan dengan posisi telapak kaki tetap menempel pada lantai.
  • Lakukan latihan ini selama 5 menit secara rutin dan perlahan.
Dengan melakukan latihan ini, maka secara otomatis mobilitas pada pergelangan kaki Sobat akan terus terlatih dan keseleo pun akan cepat membaik.

3. Melakukan Peregangan

Cara berikutnya ini, Sobat bisa melakukan latihan dengan melakukan peregangan pada pergelangan kaki yang terkilir atau keseleo.

Pada saat Sobat mengalami keseleo, otot-otot pada betis akan mengeras dan menjadi kaku. Oleh karena itu, latihan dengan melakukan peregangan pada pergelangan kaki terkilir ini sangat diperlukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Cara melakukan peregangan ini sangat mudah, Sobat dapat menempelkan tangan ke dinding dan posisi kaki yang mengalami keseleo berada satu langkah di belakang kaki yang lain.

Pada posisi ini, tumit kaki harus dijaga agar tetap dalam posisi menempel di lantai.

Kemudian lutut ditekuk dengan pelahan sampai terjadi peregangan pada bagian betis benar-benar terasa, tahan selama 5-10 menit dan ulangi 2-3 kali agar ligame kaki Sobat menjadi lebih baik.

Lihat juga:
4. Obati dengan Minyak Esensial Serai

Minyak esensial serai memiliki kandungan yang sangat baik dan memiliki sifat analgesik, anti-bakteri dan juga anti-septik alami. Oleh karena itu, minyak esensial serai ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati keseleo dengan cepat dan aman tanpa efek samping.

Ketika mengoleskan minyak alami ini pada pergelangan kaki yang keseleo, maka rasa sakit dan nyeri akan berkurang.

Selama mengoleskannya Sobat bisa memberikan pijatan ringan dan lembut. jika memang diperlukan, Sobat bisa memanggil tukang pijat yang sudah berpengalaman dalam melakukan pemijatan pada kaki terkilir.

5. Gunakan Jahe

Mungkin banyak diantara kita yang masih belum mengetahui jika jahe ini sangat bermanfaat untuk mengobati keseleo.

Jahe dapat memberikan rasa hangat, sehingga dapat membantu meringankan rasa sakit pada pergelangan kaki yang keseleo.

Cara alami ini memang tidak akan langsung terasa khasiatnya, tetapi jika dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari keseleo bisa sembuh dan pergelangan kaki yang terkilirpun bisa kembali bergerak dengan bebas tanpa rasa sakit dan nyeri.

Cara mengobati keseleo dengan menggunakan jahe sangat mudah, caranya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan 8 gelas air bersih dan masukan ke dalam wadah
  • Kemudian masukan irisan jahe secukupnya, lalu rebus sampai mendidih dan angkat.
  • Tunggu sampai air rebusan jahe tersebut cukup hangat untuk digunakan merendam kaki
  • Masukan dan rendam kaki sampai bagian pergelangan kaki yang sakit terendam seluruhnya
  • Rendam kaki sampai air sudah tidak hangat lagi, lalu angkat dan keringkan
Lakukan cara pengobatan tradisional ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali sehari selama beberapa hari sampai keseleo sembuh.

6. Obati dengan Minyak Jarak

Bahan alami berikutnya yang bisa Sobat manfaatkan untuk mengobati perkelangan kaki terkilir atau keseleo yaitu dapat menggunakan minyak jarak.

Kandungan yang terdapat pada minyak jarak memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga minyak jarak bisa dimanfaatkan sebagai obat alami yang cukup ampuh untuk meringankan rasa sakit dan nyeri akibat keseleo.

Minyak ini hanya dijadikan sebagai obat luar saja dengan cara mengompres atau mengoleskannya pada pergelangan kaki yang sakit. Untuk lebih jelasnya dalam cara pengobatannya, Sobat bisa simak informasinya dibawah berikut.
  • Pertama-tama siapkan minyak jarak dan juga kain bersih
  • Tuangkan minyak jarak pada wadah
  • Celupkan kain yang telah dipersiapkan pada minyak jarak 
  • Tempelkan kain yang telah dibasahi dengan minyak jarak pada pergelangan kaki yang terasa sakit
  • Sobat bisa memberikan isolasi atau plester agar kain tersebut tidak mudah lepas.
  • Setelah itu, Sobat siapkan botol kaca yang telah di isi dengan air panas
  • Tempelkan botol tersebut pada kain yang menempel pada pergelangan kaki, tahan selama beberapa menit
Lakukan cara ini 2-3 kali sehari agar keseleo cepat sembuh.

Simak juga:
7. Obati dengan Kunyit

Cara mengobati kaki terkilir dan keseleo yang terakhir yaitu dengan menggunakan kunyit. Selain dapat digunakan sebagai bumbu masak, ternyata kandungan zat yang terdapat pada kunyit sangat efektif untuk membantu meredakan rasa sakit dan juga menyembuhkan pergelangan kaki yang keseleo serta meredakan peradangan.

Sifat anti-inflamasi pada kunyit dapat membantu mempercepat proses penyembuhan keseleo yang terjadi pada pergelangan kaki, asalkan pengobatan ini dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari sampai sembuh.

Cara menggunakan adalah sebagai berikut:
  • Tuangkan 2 sendok makan bubuk kunyit dan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • Setelah itu, aduk rata kedua bahan alami tersebut sampai membentuk pasta yang kental
  • Cara pengobatannya yaitu dengan mengoleskan pasta tersebut pada pergelangan kaki yang terasa sakit, lalu bungkus dengan perban untuk menutupinya agar tidak lepas
Usahakan agar tidak terkena air apalagi jika perban sampai basah, ganti secara rutin setiap 8 jam sekali dan lakukan sampai sembuh.

Bagaimana, mudah bukan?

Itulah beberapa cara mengobati kaki terkilir atau keseleo secara alami yang bisa Sobat lakukan dirumah, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu dan menambah pengetahuan bagi pembaca semuanya.

Sampai jumpa kembali pada artikel herbalidoc selanjutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "7 Cara mengatasi Kaki Terkilir atau Keseleo dengan Benar"