Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara mengatasi Biduran yang Ampuh dengan Obat Alami

cara mengatasi biduran

Cara mengatasi Biduran yang Ampuh dengan Obat Alami
- Biduran atau biasa juga disebut dengan kaligata merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang kulit. Biduran atau kaligata secara umum merupakan reaksi kulit terhadap suatu alergi tertentu yang menyebabkan munculnya bilur putih ataupun kemerahan yang disertai dengan rasa gatal pada kulit

Penyakit biduran atau dalam bahasa kesehatan disebut dengan urtikaria biasanya ditandai dengan adanya bentol-bentol pada kulit dan menimbulkan warna kemerahan pada kulit serta biasanya disertai dengan adanya rasa gatal.

Bentol akibat biduran ini biasanya jika dipencet akan berubah warna menjadi agak kekuningan atau putih, dan apabila dilepas lagi akan menjadi kemerahan kembali. Rasa gatal yang disebabkan oleh biduran sangat mengganggu kenyamanan. Oleh sebab itu, Sobat harus segera mengobati biduran tersebut.

Penyebab Biduran atau Kaligata

Penyakit biduran atau kaligata ini muncul pada kulit bisa disebabkan beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit biduran pada kulit:
  • Alergi terhadap suatu makanan tertentu misalnya seperti ikan laut, daging tertentu, susu, kacang dan lain-lain
  • Infeksi tertentu, misalnya seperti hepatitis, demam kelenjar, dan lain-lain
  • Terkena gigitan serangga tertentu
  • Alergi terhadap benda tertentu, misalnya bulu binatang tertentu, lateks dan lain-lain
  • Pengaruh faktor cuaca lingkungan, seperti cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas
  • Alergi terhadap bahan yang bersifat zat adiktif atau tambahan makanan tertentu, misalnya seperti pengawet, penguat rasa, pemanis, pengental, pewarna makanan dan lain sebagainya
  • Alergi terhadap bahan pakaian yang digunakan
  • Alergi terhadap suatu obat tertentu misalnya antibiotik, aspirin, ibuprofen dan lain-lain

Jenis Biduran

Penyakit biduran atau kaligata ini biasanya ditandai dengan gejala yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, biduran dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu biduran jangka pendek atau juga dikenal dengan sebutan urtikaria akut yaitu biduran yang berlangsung sebentar, dan yang kedua biduran jangka panjang atau juga dikenal dengan urtikaria kronis yaitu biduran yang berlangsung lama.

Cara Ampuh mengatasi Biduran

cara megobati kaligata

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati biduran dengan menggunakan bahan herbal sebagai obat alami untuk mengatasi biduran pada kulit:

1. Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu daun yang memiliki banyak manfaat termasuk untuk mengatasi biduran pada kulit.

Untuk membantu menyembuhkan biduran dengan daun sirih caranya cukup sederhana, pertama sediakan daun sirih beberapa lembar atau secukupnya.

Lalu rebuslah menggunakan air hingga mendidih. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minumlah ramuan tersebut untuk membantu mengobati biduran dari dalam.

2. Air Kelapa Hijau

Air kelapa memiliki banyak khasiat, salah satunya yaitu untuk membantu menetralisir racun yang ada pada tubuh kita. Sehingga air kelapa bisa kita manfaatkan untuk membantu menyembuhkan biduran pada kulit. Cara menggunakannya sangat mudah, Soba bisa mengonsumsi langsung air kelapa hijau yang masih segar.

3. Kompres Dingin

Cara sederhana yang bisa Sobat lakukan untuk membantu mengatasi biduran adalah dengan mengompres menggunakan air dingin, mengompres dengan air dingin bertujuan untuk mengurangi rasa gatal akibat biduran.

Caranya cukup mudah, Sobat bisa menyediakan waslap kemudian dibasahi dengan menggunakan air dingin atau air es, lalu tempelkan waslap tersebut pada permukaan kulit yang terkena biduran.
 

4. Leunca

Tanaman leunca juga bisa anda manfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi biduran pada kulit. Sobat bisa menyediakan tanaman leunca yang sudah dibersihkan dari akarnya.

Lalu tumbuklah tanaman leunca tersebut, kemudian balurkan tumbukan leunca yang sudah halus pada permukaan kulit yang terkena biduran secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

5. Temu Lawak dan Buah Asem

Sobat juga bisa memanfaatkan tanaman herbal temu lawak dengan buah asem sebagai obat tradisional untuk menghilangkan biduran.

Caranya yaitu dengan menyiapkan kurang lebih 15 gram temu lawak dan buah asam secukupnya serta gula aren sebagai tambahan. Rebuslah semua bahan yang telah disediakan tersebut dengan dua gelas air putih.

Rebus hingga air berkurang menjadi setengah. setelah itu, tunggu hingga air rebusan tersebut menjadi hangat dan kemudian saring. Lalu minumlah ramuan tersebut.

6. Minyak Kayu Putih dan Minyak Zaitun

Untuk membantu menyembuhkan biduran pada kulit, Sobat juga bisa memanfaatkan minyak seperti minyak kayu putih dan minyak zaitun sebagai obat luar atau obat oles.

Sobat bisa menyediakan satu sendok makan minyak zaitun dan minyak kayu putih lalu campurkan kedua minyak tersebut hingga tercampur merata.

Lalu gunakan campuran kedua minyak tersebut dengan mengoleskannya pada permukaan kulit yang terkena biduran.

7. Bawang Merah dan Daun Kelor

Sobat pun bisa memanfaatkan daun kelor dan bawang merah sebagai bahan alternatif untuk membantu menghilangkan biduran.

Caranya Sobat hanya perlu menyiapkan tiga lembar daun kelor dan satu siung bawang merah, sebagai tambahan juga sediakan pulosari sebanyak dua gram.

Rebuslah semua bahan-bahan yang telah disebutkan tadi dengan tiga gelas air putih. Rebus hingga mendidih dan hanya menyisakan dua gelas air rebusan.

Setelah itu saring ramuan tersebut dan minumlah 1 sampai 2 kali dalam sehari.

8. Daun Jombang

Daun jombang juga bisa Sobat manfaatkan sebagai obat alternatif untuk membantu mengobati biduran.

Untuk meramunya adalah sebagai berikut, rebus daun jombang kering sebanyak 30 gram dengan menggunakan air 400cc.

Biarkan sampai mendidih dan tersisa hanya setengahnya, angkat rebusan kemudian saring dan tiriskan. Tunggu hingga air rebusan hangat lalu segera konsumsi ramuan tersebut.

9. Kunyit dan Sambiloto

Bahan alami selanjutnya yang bisa Sobat gunakan untuk membantu menghilangkan biduran adalah kunyit dan sambiloto.

Caranya sebagai berikut, sediakan 20 gram kunyit dan 10 gram sambiloto. Untuk lebih maksimal, Sobat juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti tiga siung bawang merah, satu sendok adas, dan 30 gram daun kelor.

Bersihkan semua bahan tersebut dengan mencucinya dengan air bersih, lalu tumbuklah semua bahan yang telah disiapkan tadi hingga halus.

Lalu rebuslah dengan menggunakan 600 cc air hingga mendidih hingga hanya tersisa sepertiga air rebusan.

Saring rebusan tersebut dan tunggu hingga hangat atau dingin setelah itu minumlah ramuan tersebut 2 hingga 3 kali dalam sehari.

10. Jahe dan Cuka Beras Hitam

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mengatasi biduran Sobat juga bisa memanfaatkan jahe dan cuka beras hitam sebagai obat herbal untuk biduran.

Caranya dengan menyediakan 100 cc cuka beras hitam dan 30 gram jahe, Sobat juga bisa menambahkan gula merah sebagai tambahan.

Jahe digeprek terlebih dahulu, kemudian rebus dengan menggunakan 100 cc cuka beras hitam sampai benar-benar mendidih. Angkat, saring dan tiriskan rebusan jahe tadi, setelah hangat air rebusan diminum 1 atau 2 kali dalam sehari.

Demikian tadi uraian tentang 10 cara mengobati biduran paling cepat dengan menggunakan bahan herbal alami, apabila biduran yang Sobat alami tidak kunjung sembuh atau berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, dianjurkan untuk segera pergi ke dokter guna memeriksakan penyebab pasti biduran tersebut.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel Herbalidoc berikutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "10 Cara mengatasi Biduran yang Ampuh dengan Obat Alami"