Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara mengatasi Bibir Kering dengan Mudah secara Alami

cara mengatasi bibir kering secara alami

Cara mengatasi Bibir Kering dengan Mudah secara Alami
- Bibir kering merupakan suatu masalah yang umum pernah dialami setiap orang. Memiliki bentuk bibir yang indah, cerah dan lembab memang menjadi dambaan setiap orang terutama bagi kaum wanita. 
Namun tidak sedikit orang yang sering mengalami masalah pada bibir mereka, salah satu masalah yang umum di alami yaitu bibir yang kering.

Pada dasarnya, kulit bibir berbeda dengan kulit lain yang ada pada tubuh kita. Di dalam kulit bibir tidak terdapat kelenjar minyak, sehingga pantas jika kulit bibir sangat mudah mengalami kekeringan.

Jika kulit bibir kering tidak segera ditangani dapat membuat kulit bibir tapak pecah-pecah dan bahkan dapat menyebabkan terjadi luka dan berdarah.

Penyebab Bibir Kering

Ada beberapa faktor yang sering menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, diantaranya yaitu :
 
Dehidrasi

Jika tubuh mengalami kekurangan asupan cairan, maka kulit terutama bagian kulit bibir akan menjadi kering. Kondisi ini biasanya sering terjadi ketika berpuasa atau pada saat kondisi cuaca yang panas.

Merokok

Meskipun banyak orang yang menganggap sepele hal ini, namun ternyata asap rokok dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering. Hal ini dikarenakan, rasa panas yang dihasilkan dapat membuat mulut mudah kering dan akhirnya dapat berdampak pada kulit bibir.

Bahkan akibat merokok juga, warna kulit bibir pun akan menjadi hitam. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok dari sekarang.

Terkena Paparan Sinar Matahari

Sering terkena paparan sinar matahari atau sinar UV dapat membuat kulit bibir kehilangan kelembaban alaminya, apalagi jika kulit bibir Sobat terpapar dalam waktu yang lama.

Sering menjilat Bibir

Kebiasaan menjilat bibir ternyata dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering karena kadar minyak pada bibir akan ikut terlarut. Dengan demikian, maka kulit bibir akan mudah sekali kering, pecah-pecah dan bahkan menyebabkan luka.
 
Panas Dalam

Penyebab bibir kering lainnya yaitu dapat disebabkan oleh karena kondisi tubuh yang mengalami panas dalam. Jika tubuh mengalami panas dalam dan tidak segera diatasi, maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Setelah Sobat mengetahui faktor penyebab kulit bibir kering, kali ini Herbalidoc akan mencoba membagikan sedikit tips kepada Sobat semua mengenai cara mengatasi bibir kering dengan cara alami.

7 Cara mengatasi Bibir Kering

cara mengobati bibir kering

Berikut ini beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk mengatasi kulit bibir yang kering, yaitu :

1. Cukupi Nutrisi Tubuh

Cara pertama yang perlu Sobat lakukan untuk mengatasi kulit bibir yang kering yaitu dengan mencukupi asupan nutrisi pada tubuh. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tubuh, maka kebutuhan nutrisi untuk kulit pun akan ikut terpenuhi.

Beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya seperti vitamin C, B, zat besi dan juga asam lemak esensial.

Untuk mendapatkan semua kandungan nutrisi tersebut, maka anda Sobat mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran. Selain itu, bila memang perlu konsumsi juga suplemen vitamin setiap hari.

2. Hidari menjilat Bibir

Banyak orang yang beranggapan jika cara mengatasi kulit bibir yang kering dapat membantu melembabkan kulit bibir yang kering.

Namun ternyata anggapan itu salah besar, justru dengan sering menjilat kulit bibir dapat menghilangkan kelembaban alami pada kulit bibir.

3. Banyak Minum Air Putih

Seperti yang telah dibahas diatas, bahwa salah satu penyebab kulit bibir kering yaitu karena tubuh mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kulit bibir yang kering yaitu dapat dilakukan dengan menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi salah satunya dengan cara minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya.

4. Hindari Kebiasaan menggigit Bibir

Selain menjilat bibir, sebaiknya Sobat juga menghindari kebiasaan menggigit bibir karena dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Selain itu, kebiasaan melakukan kebiasaan ini dapat menyebabkan bibir mengalami luka dan bahkan berdarah.

5. Jangan Bernafas melalui Mulut

Sering bernafas melalui mulut dapat menyebabkan kulit bibir mudah kering, biasanya kebiasaan bernafas melalui mulut ini sering dilakukan ketika setelah berolahraga.

6. Teliti dalam memilih Produk Lipstik

Banyak wanita yang tidak sadar jika lipstik yang digunakannya tersebut dapat menyebabkan kulit bibir kering dan menjadi hitam, apalagi jika produk lipstik yang digunakannya tersebut memiliki kandungan alkohol.

Ada hal yang perlu anda perhatikan ketika memilih produk lipstik, tanda jika lipstik yang Sobat gunakan harus segera diganti yaitu jika pada saat menggunakan lipstik terasa gatal dan panas pada kulit bibir Sobat.

7. Mengatasi Kulit Bibir Kering dengan Bahan Alami

bibir kering dan 7 cara mengatasinya

Ada banyak sekali bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, diantaranya yaitu :

Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang sangat efektif untuk membantu melembabkan kembali kulit bibir yang kering dan pecah-pecah.

Karena kandungan mineral esensial alaminya dapat menjaga kelembaban kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Caranya yaitu, cukup oleskan madu secara merata pada kulit bibir yang kering sesering mungkin. Biarkan madu sampai kering tanpa perlu di bilas, lakukan cara ini setiap hari sampai kulit bibir anda kembali lembab dan lembut.

Minyak Zaitun

Sama dengan cara penggunaan madu, untuk melembabkan kulit bibir yang kering juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun ini sangat ampuh untuk melembabkan kulit bibir yang kering dan juga melindunginya dari bahaya paparan sinar matahari secara langsung.

Selain dapat melembabkan kulit bibir, minyak zaitun juga dapat menutrisi kulit sehingga kulit bibir akan tampak lebih lembut, cerah dan merah alami.

Minyak Kelapa

Kandungann nutrisi yang terdapat pada minyak kelapa cukup ampuh untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cepat dan aman tanpa efek samping.

Bahan alami yang satu ini tidak dapat melembabkan kulit bibir saja, tetapi juga dapat memerahkan bibir secara alami dan cepat asalkan dilakukan secara rutin dan teratur.

Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin A, kandungan nutrisi yang terdapat pada wortel ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, wortel juga ternyata cukup ampuh untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cepat dan aman.

Caranya yaitu, haluskan wortel secukupnya dan kemudian oleskan pada bagian kulit bibir yang kering. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air mengalir.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebelum melakukan perawatan ini bersihkan terlebih dahulu kulit bibir Sobat dengan air hangat.

Buah Mentimun

Bahan alami terakhir yang bisa Sobat gunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami yaitu dengan menggunakan masker mentimun.

Caranya sangat mudah, Sobat hanya perlu menghaluskan mentimun secukupnya saja. setelah itu, oleskan masker mentimun tersebut secara merata dan diamkan selama beberapa menit sampai kandungan nutrisinya meresap secara maksimal.

Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai kulit bibir kembali normal.

Bagaimana, sangat mudah bukan caranya?

Demikian tadi  ulasan penting yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi bibir kering, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "7 Cara mengatasi Bibir Kering dengan Mudah secara Alami"