Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bayi Sembelit dan 6 Cara mengatasinya secara Alami

6 cara mengatasi sembelit pada bayi

Bayi sembelit menjadi masalah yang sangat komplek dan membingungkan, karena biasanya bayi  yang terkena sembelit akan rewel dan sulit dibuat nyaman. Sembelit  tidak hanya dialami oleh orang dewasa, ternyata bayi juga bisa mengalami sembelit.

Sebagai orang tua, kita wajib mengetahui apa yang terjadi pada buah hati kita, termasuk saat dia buang air besar (BAB). Jika anak bayi Sobat mengalami sembelit, tentu saja dia akan menangis karena kesakitan.

Makanya penting bagi Sobat untuk tahu apa saja penyebab gejala dan makanan untuk bayi sembelit agar cepat sembuh. yuk langsung cek panduan kesehatan dibawah ini.

Baca juga:

Bayi Sembelit dan Penyebabnya

Bayi sembelit dapat terjadi karena sebab-sebab dan kondisi tertentu. Berikut ini penyebab sembelit pada bayi yang harus Sobat ketahui.

1. Makanan Padat

Setelah bayi berusia 6 bulan, bayi biasanya dilatih mengonsumsi makanan padat seperti biskuit atau bubur. Makanan padat yang miskin serat menjadi penyebab utama terjadinya sembelit pada bayi.

2. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan juga merupakan penyebab selanjutnya dari sembelit yang dialami oleh bayi. Dehidrasi biasa terjadi setelah ibu mulai menyapih anak bayinya atau sudah tidak memberikan ASI kepada bayi.

3. Susu Formula

Susu formula biasanya mengandung protein yang berbeda dari protein yang ada di dalam ASI. Acapkali, protein dari susu formula ini yang membuat bayi menjadi sembelit. Sebelum Sobat memilih susu formula untuk bayi, sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu.

4. Penyakit

Dan sembelit pada bayi juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit atau gangguan misalnya gangguan metabolisme, alergi, botulisme, dan hipotiroidisme meskipun kondisi sepeti ini jarang terjadi.

Lihat juga:

Gejala dan Ciri Ciri Sembelit pada Bayi

Untuk mengenali tanda-tanda bayi yang mengalami sembelit, disini kami sajikan beberapa gejala dari sembelit yang dialami oleh bayi Sobat, diantaranya:

  • Saat BAB, bayi mengejan dengan kuat, kesakitan bahkan menangis. Hal ini karena bayi sulit untuk mengeluarkan feses atau tinjanya.
  • Tinja atau feses yang dikeluarkan oleh bayi memiliki tekstur yang lebih keras dari biasanya.
  • Frekuensi BAB pada bayi Anda berkurang, bahkan hingga berhari-hari dia tidak BAB

Cara mengatasi Sembelit pada Bayi

www.herbalidoc.com

Setelah Sobat mengetahui penyebab dan gejala dari sembelit pada bayi, Sobat juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Inilah cara-cara yang bisa Sobat lakukan untuk mengatasi bayi.

1. Latihan Fisik

Latihan fisik yang tepat pada bayi bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit. Lakukan latihan fisik ini pada saat bayi sedang berbaring.

Caranya juga sangat mudah, cukup gerakkan kaki bayi Sobat seperti gerakan mengayuh sepeda. Lakukan latihan ini secara teratur.

2. Memijat Perut

Perut bagian kiri bawah merupakan bagian yang menyimpan tinja atau feses. Untuk memperlancar BAB bayi Sobat yang mengalami sembelit, Sobat bisa memijat bagian ini dengan perlahan. Jangan sampai anak Sobat kesakitan saat Sobat melakukan pijatan ini.

3. Jus Buah

Jus buah memang tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi, namun mencampurkannya sedikit pada susu formulanya terbukti mampu menangani sembelit.

Sebaiknya Sobat memberikan campuran jus buah ini pada bayi Sobat setelah dia menginjak usia 4 bulan.

4. Minum yang Cukup

Air adalah salah satu zat yang paling penting, karena air dapat melancarkan metabolisme tubuh, begitu juga dengan proses pencernaan.

Berikan ASI atau susu formula dan air putih kepada bayi Sobat dalam takaran yang cukup supaya anak Sobat tidak mengalami sembelit.

5. Kurangi Makanan Padat

Bayi yang sembelit bisa saja disebabkan oleh kurangnya asupan serat. Berikan bayi Sobat pir atau pepaya yang telah dihaluskan untuk mengatasi sembelit.

Sobat juga sebaiknya mengurangi porsi makanan padat bagi bayi Sobat. Hindari terlebih dahulu wortel yang dimasak, buah salak, pisang dan juga nasi yang keras.

6. Gel Lidah Buaya

Permukaan kulit anus bisa terluka atau mengeluarkan sedikit darah saat bayi Sobat mengalami sembelit karena feses yang dikeluarkan bertekstur keras. Untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi rasa sakit, Sobat bisa mengoleskan gel lidah buaya.

Simak juga:

Kapan Harus Hubungi Dokter ?

Jika anak atau bayi Sobat mengalami sembelit dengan kondisi di bawah ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter, yaitu:

  • Cara-cara di atas telah Sobat lakukan namun tidak membuahkan hasil.
  • Bagi bayi yang berusia kurang dari 4 bulan, dia tidak BAB dalam waktu lebih dari 24 jam dan memngeluarkan feses yang memiliki tekstur keras.
  • Ada darah pada feses bayi
  • Berat badan bayi tidak naik atau cenderung berkurang
  • Bayi tidak nafsu makan

Untuk diperhatikan, jangan pernah memberikan obat-obatan kepada bayi tanpa persetujuan dokter. 

Demikian tadi uraian tentang cara mengatasi sembelit pada bayi, semoga apa yang disampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat untuk Sobat semuanya.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "Bayi Sembelit dan 6 Cara mengatasinya secara Alami"