Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Ampuh mengatasi Anxiety dengan Ramuan Alami

anxiety dan 5 cara ampuh mengatasinya
Anxiety adalah kondisi kejiwaan dan pikiran yang terganggu oleh adanya rasa cemas tak beralasan, rasa khawatir dan was-was akan sesuatu hal yang datang terus-menerus tanpa diketahui jelas pemicunya

Perasaan cemas itu wajar dan normal ketika seseorang dihadapkan atau mengalami sesuatu hal yang menakutkan, mengerikan, atau mengancam keselamatan jiwa, baik itu tentang dirinya maupun orang lain disekitarnya.

Macam-Macam Jenis Kepanikan

Jenis kepanikan terbagi kedalam 6 macam, yaitu:

1. Gangguan kepanikan

Rasa cemas yang berat yang muncul tiba-tiba disertai dengan tanda-tanda detak jantung kencang, lemas, dan keluar keringat dingin.

2. Gangguan anxiety (kecemasan) umum

Rasa was-was yang berlebihan, tidak logis, irasional, dan tanpa adanya dalih yang masuk akal tentang penyebabnya.

3. Gangguan rasa takut fobia

Perasaan takut jenis ini hampir mirip dengan generalize anxiety disorder, yaitu rasa takut terhadap suatu benda atau suatu hal tanpa adanya alasan yang masuk akal, perasaan muncul bila benda atau sesuatu yang ditakuti tersebut berada dekat atau disekitar orang yang mengidap fobia tersebut.

4. Gangguan anxiety secara sosial

Perasaan ini lebih dikenal dengan sebutan agoraphobia, atau fobia sosial. Yaitu rasa was-was akan penilaian buruk orang disekitar  terhadap diri pengidap gangguan ini, disertai rasa minder dan bersalah berlebihan dan kadang tak masuk akal.

5. Gangguan stress pasca-trauma

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) atau Gangguan stress pasca-trauma merupakan gangguan kejiwaan yang menimpa seseorang yang dulunya pernah mengalami trauma atau kejadian atau peristiwa yang sangat susah untuk dilupakan, seperti mengalami kekerasan seksual atau penyiksaan saat masa kecil. Orang dengan PTSD akan memiliki perasaan minder, lemah dan bersalah serta merasa terkucilkan sehingga akan sangat sulit sekali untuk dapat bergaul dengan lingkungan atau orang-orang disekitarnya.

6. Obsesive Compulsive Disorder (OCD)

Penderita OCD memilki kebiasaan yang acap kali akan dilakukan terus-menerus atau berulang dengan tujuan untuk mengatasi rasa cemas yang dihadapinya, misalnya menggaruk-garuk kepala, berdehem berkali-kali, atau yang lainnya.

Kondisi seperti ini akan sangat mengganggu aktifitas kehidupan sehari-hari si penderita, karena gangguan OCD sifatnya akut atau suka kambuh dengan tiba-tiba dan susah dikendalikan.

Rasa cemas itu memang penting adanya dan itu normal, sebagai suatu cara penanganan atau antisipasi akan berbagai hal yang bisa digolongkan berbahaya atau mengancam. Namun beda lagi adanya jika rasa cemas itu tergolong tidak wajar atau berlebihan, karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi dan mengganggu dalam aktifitas dan kegiatan hidup sehari-hari.

Baca Juga:

Pemicu timbulnya anxiety

Penyebab pasti anxiety belum dapat dipastikan secara akurat sampai sekarang, akan tetapi secara umum timbulnya anxiety bisa dikarenakan oleh traumatik akan suatu peristiwa yang menyakitkan sekaligus menakutkan yang sebenarnya tidak diinginkan atau diharapkan dan sangat susah untuk dilupakan, misalnya kepergian seseorang yang sangat dicintai, kehilangan suatu benda yang sangat disayangi, bencana, dan musibah atau kejadian lainnya.

Namun anxiety pun dapat timbul karena dipicu oleh permasalahan medis, seperti gangguan pernafasan, jantung, iritasi kronis pada usus, atau juga gangguan pencernaan khususnya meningkatnya atau naiknya kadar keasaman pada lambung.

Gejala atau tanda-tanda terkena anxiety

Tanda-tanda munculnya anxiety dapat diketahui dari berbagai gejala yang timbul, seperti bertambahnya rasa cemas dan khawatir secara subyektif, keluar keringat dingin, detak jantung kencang kadang tak beraturan, kesusahan ketika bernafas, gugup dan salah tingkah, serta beberapa gejala lainnya.

Cara pencegahan untuk anxiety

Untuk mencegah munculnya anxiety dapat dilakukan dengan metode terapi CBT (Cognitive Behavioral Therapy) atau Terapi Perilaku dan Kognitif yang berfungsi mengatasi gangguan kecemasan.

CBT merupakan salah satu jenis psikoterapi yang bertujuan untuk memperbaiki cara pikir teoritis dan perilaku seseorang menjadi lebih terarah.

Selain dengan cara terapi, mencegah anxiety juga bisa dengan menerapkan pola hidup sehat, pola makan teratur dengan gizi seimbang, tidak merokok dan menghindari minuman beralkohol, aktif bersosialisasi serta berbagi pengalaman dengan bercerita tentang gangguan anxiety yang sedang dihadapi.

Pun tak kalah penting adalah rajin berolah raga, berlatih gerakan relaksasi, yoga dan meditasi yang diyakini bisa membantu mengatasi anxiety.

Pengobatan terhadap anxiety

Ada beberapa jenis obat penenang seperti anti-anxiety dan anti-depresan yang bisa meredakan gejala anxiety, diperlukan dokter ahli untuk mengonsumsi obat-obatan tersebut agar tidak terjadi salah diagnosa serta pemberian resep dan dosis obat untuk mengatasi anxiety dengan benar.

Cara mengatasi anxiety dengan metode alami

Selain dengan metode psikoterapi dan kosnsumsi obat-obatan medis kimiawi, untuk mengatasi anxiety disorder ini bisa juga dengan cara pengobatan alternatif non-medis yaitu menggunakan obat-obatan tradisional alami yang berasal dari ramuan bahan-bahan herbal non-kimiawi yang tentunya lebih murah, aman, serta mudah untuk mendapatkannya serta mengolahnya sendiri.

1. Daun Pandan

Bahan-bahan:

  • 3 lembar daun pandan
  • 3 gelas air

Cara mengolah:

  • Iris atau potong kecil-kecil daun pandan
  • Rebus daun pandan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas air
  • Angkat rebusan, tiriskan kemudian saring

Cara konsumsi:

  • Minum rutin 2 sampai 3 kali sehari sampai perasaan cemas berangsur hilang

Lihat Juga:

2. Asparagus

Untuk meredakan anxiety menggunakan asparagus bisa dengan mengolahnya menjadi sayuran sebagai lauk saat makan. Konsumsi 3 kali sehari sampai kondisi anxiety makin membaik.

3. Buah mengkudu

Bahan-bahan

  • 1 buah mengkudu
  • 250 ml air

Cara mengolah:

  • Blender buah mengkudu dicampur 250 ml air

Cara konsumsi:

  • 1 porsi olahan jus mengkudu hanya untuk diminum sekali, untuk hasil maksimal bisa mengonsumsinya 2 kali sehari pagi dan malam hari secara rutin

4. Ginkgo biloba

Untuk mengonsumsi ginkgo biloba sebagai obat pereda anxiety bisa dengan cara mengeringkannya dan diseduh sebagai minuman teh, atau bisa juga dengan membelinya dalam bentuk kapsul atau tablet yang bisa diperoleh di apotik atau toko obat.

Agar hasilnya maksimal dan tidak mengakibatkan efek samping berbahaya, konsumsi ginkgo biloba sebaiknya tidak melebihi takaran 80 miligram sekali minum. Diminum 3 kali sehari secara rutin antara 4 sampai 8 minggu berturut-turut.

5. Jahe

Bahan-bahan:

  • 1 ruas jahe seukuran ibu jari
  • 1,5 gelas air

Cara mengolah:

  • Iris atau potong-potong tipis jahe
  • Rebus bersama 1,5 gelas air sampai hanya tersisa 1/2 gelas air
  • Angkat, tiriskan dan saring

Cara konsumsi:

Selagi masih hangat, air rebusan jahe rutin diminum 2 kali sehari pagi dan malam hari, untuk menambahkan rasa bisa dicampur dengan air perasan jeruk lemon atau bisa juga ditambah susu.

Kalau tidak mau ribet, Anda bisa membeli susu jahe, teh jahe, atau wedang jahe di angkringan atau diwarung-warung dalam kemasan berbentuk serbuk.

Artikel Terkait:

Demikian tadi uraian tentang penyebab anxiety, gejala penyakit anxiety, serta cara pencegahan sekaligus pengobatan sakit anxiety.

Jika Anda merasa khawatir akan ada efek samping lain setelah mengkonsumsi obat herbal, terutama bagi Anda yang sedang atau pernah mengidap penyakit lainnya, atau memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan tertentu, alangkah lebih baik untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan pakar herbal atau dokter.

Gunakan dan konsumsi obat tradisional alami, ramuan herbal, atau jamu dengan pemilihan bahan-bahan yang tepat disertai pengolahan atau peracikan yang benar supaya khasiatnya benar-benar bisa dirasakan serta berfungsi dengan maksimal.

Semoga bermanfaat, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "5 Cara Ampuh mengatasi Anxiety dengan Ramuan Alami"