Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara mencegah Kebiasaan merokok setelah Makan

cara mencegah merokok setelah makan

Cara mencegah Kebiasaan merokok setelah Makan
- Bahaya merokok setelah makan mungkin belum semua orang mengetahuinya. Bagi para pecandu rokok, merokok setelah makan sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan dan memiliki kepuasan tersendiri bagi penikmatnya.

Namun perlu Sobat ketahui bahwa melakukan kebiasaan ini sangatlah beresiko bagi kesehatan, karena secara umum merokok memang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan dapat memicu munculnya berbagai jenis penyakit.

Hal ini dikarenakan, di dalam rokok terdapat kandungan zat yang sangat berbahaya sehingga dapat menjadi peringatan untuk tidak merokok.

Kandungan Zat Berbahaya pada Rokok

Sebelum mengulas tentang bahaya merokok setelah makan, mungkin ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan zat apa saja yang terdapat pada sebatang rokok. Apa saja itu? Langsung saja simak informasi lengkapnya dibawah berikut ini.

Nikotn

Nikotin adalah suatu zat yang terdapat pada tembakau yang dapat menimbulkan efek kecanduan bagi pemakainya, sehingga para penikmat rokok sangat sulit sekali untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Selain itu, zat yang satu ini juga dapat menyebabkan terjadi pembekuan darah pada pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan serangan berbagai jenis penyakit seperti stroke, serangan jantung, anemia, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.

Tar

Tar merupakan jenis zat berbahaya dan merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat aspal jalan, tentu anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika tar ini masuk ke dalam tubuh anda.

Bahaya tar yaitu dapat menyebabkan kerusakan pada organ paru-paru dan mengakibatkan gangguan pada sistem pernafasan.

Karbon Monoksida

Karbon Monoksida ialah zat yang dapat mengikat oksigen dalam tubuh, sehingga jika terlalu sering merokok dapat menyebabkan jumlah oksigen dalam tubuh berkurang dan menyebabkan gangguan pada beberapa organ tubuh yang cukup fatal.

Karsinogen

Karsinogen juga adalah salah satu zat yang terdapat pada rokok, zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena dapat menstimulasi perkembangan sel kanker tidak normal.

Iritan

Kandungan zat berbahaya lainnya yang terdapat pada sebatang rokok yaitu zat iritan, zat yang satu ini dapat menyebabkan tersumbatnya saluran kotoran sehingga dapat memicu terjadinya gangguan pada saluran pernafasan dan juga menyebabkan infeksi paru-paru.

Itulah kandungan zat berbahaya yang terdapat pada rokok, sehingga dengan mengetahui informasi ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Sobat yang masih suka merokok.

Selain itu, Sobat juga harus tahu bahaya apa saja yang akan ditimbulkan dari sering melakukan kebiasaan merokok setelah makan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Bahaya merokok setelah Makan

Merokok merupakan kebiasaan yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Para pecandu rokok sangat suka merokok setelah makan, namun tahukah Sobat ternyata kebiasaan tersebut jauh lebih berbahaya jika dibandingkan dengan kegiatan merokok lainnya.

Menurut dari hasil penelitian, merokok setelah makan sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan 10 kali lebih berbahaya dibandingkan merokok pada waktu-waktu lainnya.

Hal ini dikarenakan, merokok setelah makan dapat menyebabkan meningkatnya peredaran darah pada sistem pencernaan. Dengan begitu, kandungan zat yang terdapat pada rokok akan mudah terserap oleh darah.

Jika kondisi ini terus terjadi, maka beberapa organ dalam tubuh akan terganggu dan mempengaruhi fungsi dari organ tubuh seperti organ paru-paru, ginjal, usus, otak, bahaya jantung koroner, dan masih banyak lagi organ tubuh lainnya.

Jika salah satu organ tubuh sudah terganggu, maka akan menimbulkan berbagai jenis penyakit serius. Bila terjadi penyumbatan pada pembuluh darah, maka zat berbahaya yang terdapat rokok tersebut dapat menyebabkan serangan berbagai jenis penyakit seperti stroke, serangan jantung, anemia, gangguan saraf otak dan juga masih banyak jenis penyakit berbahaya lainnya akibat dari terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Selain dapat menyebabkan terganggunya pembuluh darah, merokok setelah makan juga dapat menyebabkan terganggunya kualitas dari kegiatan seksual Sobat bersama dengan pasangan.

Hal ini dikarenakan, di dalam rokok terdapat kandungan zat yang dapat menyebabkan menurunnya kualitas dan produksi sperma serta dapat mengakibatkan seorang perokok mengalami impotensi atau mengalami disfungsi ereksi jauh lebih cepat dari usia Sobat.

Jika di amati, hampir semua orang yang merokok merasa kurang afdol jika setelah makan tidak merokok. Salah satu alasannya untuk menghilangkan rasa asam dan pahit ketika selesai makan.

Bagi Sobat yang sudah sering melakukan kebiasaan merokok setelah makan, bila memang Sobat ingin memiliki hidup lebih sehat sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang.

Cara Berhenti merokok setelah Makan

berhenti merokok

Mengingat merokok setelah makan itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, maka dari itu sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut dari sekarang sebelum Sobat menyesal dikemudian hari. Untuk menghindari kebiasaan ini, Sobat bisa mencegahnya dengan beberapa tips berikut ini :

1. Menggosok Gigi setelah Makan

Ketika selesai makan, sebaiknya Sobat langsung menggosok gigi, karena dengan menggosok gigi dapat menjadikan gigi Sobat bersih dari sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi.

Selain itu, menggosok gigi setelah makan dapat menjadikan nafas terasa lebih segar dan dapat membuat Sobat berfikir dua kali untuk merokok. Untuk sebagian orang, dengan menggosok gigi sesudah makan ternyata dapat menurunkan keinginan untuk merokok.

2. Melakukan Pekerjaan mencuci Tangan dan Piring

Setiap selesai makan, sebaiknya Sobat langsung pergi ke dapur dan kemudian melakukan pekerjaan mencuci piring untuk mengalihkan perhatian dari keinginan untuk merokok. Setelah itu bersihkan tangan, sehingga mungkin Sobat sudah tidak berkeinginan lagi untuk merokok.

3. Makan di Ruangan yang Ber-AC

Pada ruangan yang ber-AC tidak diperbolehkan untuk merokok, karena dapat membuat aroma ruangan menjadi bau.

Jika Sobat sedang mencari makan di luar, maka cari tempat makan ber-AC, sehingga Sobat tidak akan mungkin untuk merokok setelah makan. Selain itu, makan di ruangan ber-AC juga dapat membuat Sobat merasa lebih nyaman.

4. Mengobrol

Jika Sobat sedang makan-makan bersama dengan teman, saudara atau keluarga di rumah maupun diluar, maka alihkan perhatian Sobat untuk merokok dengan langsung mengajak teman makan Sobat untuk mengobrol. Cobalah cari topik pembicaraan yang menarik agar Sobat merasa betah dan lupa untuk merokok.

5. Tinggalkan Rokok

Bila Sobat memang benar-benar ingin menghindari merokok setelah makan, sebaiknya jangan pernah membawa rokok dalam kantong Sobat atau menyimpan rokok di rumah. karena jika Sobat menyediakan rokok di meja atau di kantong Sobat, pastinya Sobat memiliki hasrat yang sangat tinggi untuk merokok.

Sebab bisa saja, tanpa sadar Sobat dengan mudah mengambil sebatang rokok untuk dihisap. Namun jika di rumah atau di saku kantong Sobat tidak ada rokok, mungkin Sobat akan merasa malas untuk mencari penjual rokok terlebih dahulu.

Bagaimana, sudah siapkah Sobat untuk tidak merokok setelah makan?

Demikianlah diatas tadi sedikit uraian mengenai bahaya merokok setelah makan serta cara mencegahnya, semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Sampai ketemu lagi pada artikel kesehatan Herbalidoc selanjutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "5 Cara mencegah Kebiasaan merokok setelah Makan"