Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Cara mencegah Keguguran Kandungan saat Hamil Muda

cara mencegah keguguran

Cara mencegah Keguguran Kandungan saat Hamil Muda
- Keguguran kandungan ketika usia kehamilan masih sangat muda  sangat sering terjadi, dan hal itu pula yang ditakutkan oleh para wanita yang baru pertama hamil.

Maka dari itu ibu hamil harus lebih berhati-hati dengan menjaga kesehatan kandungannya setiap waktu, mengingat janin yang masih sangat muda masih sangat rentan mengalami keguguran.

Keguguran pada kehamilan bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari pengaruh gaya hidup, pola makan dan bisa juga karena faktor kelalaian.

Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mencegah terjadinya keguguran mulai dari awal kehamilan. Ada banyak cara yang bisa Sobat lakukan untuk mencegah resiko keguguran pada awal kehamilan, untuk lebih jelasnya langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

Cara mencegah Keguguran Kandungan

Berikut ini beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk mencegah keguguran pada awal kehamilan, yaitu :

1. Perbanyak Waktu untuk Istirahat

Ketika memasuki awal kehamilan, ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan dan kondisi tubuhnya jangan sampai ibu hamil sering mengalami kelelahan berlebih.

Maka dari itu, dengan istirahat cukup setiap harinya dan tidak melakukan aktivitas fisik berat menjadi hal penting yang harus dilakukan agar tubuh ibu hamil selalu fit dan perkembangan janin di dalam kandungan tetap sehat.

Hal ini dikarenakan, sering melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat dapat menyebabkan terjadinya kontraksi dini yang menjadi penyebab keguguran.

2. Jangan sampai Terjatuh

Usahakan ibu hamil jangan sampai terjatuh, karena benturan yang terjadi pada rahim akibat dari terjatuh akan menyebabkan janin mengalami rontok dan keguguran.

Untuk itu, usahakan agar selalu berhati-hati terlebih pada saat masuk ke kamar mandi jangan sampai anda terpeleset.

Selain itu, hindari juga aktivitas-aktivitas yang bisa menyebabkan anda terjatuh seperti naik sepeda, mengendarai sepeda motor dan aktivitas lain yang memiliki resiko tinggi untuk terjatuh.

3. Hindari melakukan Perjalanan Jauh

Pada awal kehamilan sebaiknya anda tidak dulu melakukan perjalanan jarak jauh, kalaupun terdesak usahakan jangan sampai perjalanan lebih dari 2 jam.

Setelah itu, ibu hamil harus segera beristirahat dan berbaring terlebih jika perjalanan jarak jauh tersebut dilakukan dengan menggunakan sepeda motor.

Hal ini dikarenakan, dalam perjalanan janin di dalam kandungan akan sering mengalami guncangan dan ibu hamil juga akan sering merasakan pegal. Jika sering merasakan pegal-pegal, maka perut akan menjadi keram dan kencang.

4. Hindari mengangkat Beban Berat

Ibu hamil muda jangan sampai sering mengangkat barang-barang yang berat, karena akibat dari sering mengangkat beban yang berat dapat membuat otot-otot pada daerah perut ikut bekerja.

Jika hal ini sering terjadi, maka dapat menyebabkan janin akan terlepas dari dinding rahim karena dinding rahim akan mengalami peregangan.

5. Hentikan Kebiasaan merokok

Asap rokok sangat tidak baik bagi kesehatan, terlebih bagi ibu hamil. Jika pada saat sebelum hamil Sobat memiliki kebiasaan merokok, maka segera hentikan kebiasaan buruk tersebut karena dapat menyebabkan keguguran akibat dari zat-zat berbahaya yang terhisap.

6. Hindari Minum Alkohol

Minuman beralkohol merupakan jenis minuman keras yang sangat tidak diperbolehkan diminum oleh ibu hamil.

Sifatnya yang panas dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin di dalam rahim, jika alkohol masuk ke dalam tubuh dapat memberikan reaksi panas yang berakibat janin tidak akan berkembang dan rontok.

7. Hindari melakukan Olahraga Berat

Ketika hamil muda, usahakan agar anda tidak dulu melakukan olahraga-olahraga berat seperti pergi ke Gym.

Seperti yang kita tahu bahwa olahraga ini sering menggunakan alat-alat yang berat, sehingga ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk melakukannya karena dapat menyebabkan otot perut menjadi kencang dan bisa terjadi kontraksi dini.

Olahraga senam hamil pun hanya diperbolehkan jika usia kehamilan sudah cukup tua untuk mempermudah proses persalinan.

8. Hindari Stres Berat

cara mencegah keguguran kandungan saat hamil muda

Tidak sedikit ibu hamil muda yang mengalami stres, terlalu banyak pikiran yang menyebabkan stres bisa membuat ibu hamil tidak memiliki nafsu makan dan sering mengalami kelelahan akibat kurangnya asupan nutrisi dan energi dari makanan.

Kondisi ini sangat tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan, jika dibiarkan saja sangat beresiko mengalami keguguran.

9. Hindari Makanan Pantangan bagi Ibu Hamil

Untuk mencegah keguguran, maka ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan buah-buahan yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran pada kehamilan seperti makanan panas, makanan pedas atau buah-buahan seperti buah pisang, nanas, nangka dan juga durian.

Dokter ataupun bidan akan melarang setiap ibu hamil untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, karena makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan keguguran pada janin di dalam kandungan.

10. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat setiap hari merupakan cara mencegah keguguran paling efektif dan juga disarankan oleh dokter ataupun bidan. Karena kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada makanan sehat sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Makanan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu seperti sayuran, buah-buahan dan juga makanan yang kaya protein. Jika mengonsumsi makanan olahan seperti daging dan telur, pastikan dimasak hingga benar-benar matang.

11. Cegah Anemia

Ibu hamil umumnya sering mengalami anemia pada awal-awal kehamilan, meskipun terlihat sepele tetapi jika terus menerus dibiarkan akrab berdampak buruk bagi kesehatan janin di dalam kandungan dan bahkan dapat mengakibatkan keguguran.

Maka dari itu, cegah agar anda tidak sampai mengalami anemia dengan minum vitamin penambah darah yang direkomendasikan dokter atau dengan banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi.

12. Jangan Sembarangan mengonsumsi Obat-obatan

Jika Sobat merasa sedang tidak enak badan atau pusing, sebaiknya Sobat jangan langsung memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan sembarangan.

Alangkah baiknya jika anda memeriksakan kondisi kesehatan anda ke bidan atau dokter dan mintalah resep obat yang aman.

13. Hindari mengonsumsi Makanan mengandung Bahan Pengawet

Ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, karena makanan dapat berperan penting dalam menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Salah satu makanan yang sangat tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil yaitu makanan yang mengandung bahan pengawet seperti makanan instan dan makanan siap saji.

14. Jangan memakai Pakaian Ketat

Ketika anda mengetahui jika Sobat sedang hamil, maka segera hentikan kebiasaan memakai pakaian ketat dan ganti pakaian anda dengan pakaian yang longgar.

Memakai pakaian yang ketat dapat menyebabkan perut terikat sangat kencang seperti mengenakan celana jeans dan kaos ketat, sehingga dapat menyebabkan perkembangan janin di dalam kandungan menjadi terganggu.

15. Hindari PMS

Ibu hamil yang terkena infeksi PMS akan sangat rentan mengalami keguguran, janin yang telah terinfeksi umumnya tidak akan mampu bertahan lama di dalam rahim.

Demikian uraian tentang beberapa cara mencegah keguguran pada kehamilan, dengan mengetahui pantangan-pantangan bagi ibu hamil maka dapat meminimalisir resiko keguguran.

Selain itu, sering-seringlah berkonsultasi dengan bidan atau dokter yang akan menangani persalinan Sobat nantinya untuk memantau perkembangan janin di dalam kandungan secara berkala.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel Herbalidoc selanjutnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "15 Cara mencegah Keguguran Kandungan saat Hamil Muda"