Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Cara menangani Orang Pingsan dengan Baik dan Benar

cara menangani orang pingsan dengan benar

Cara menangani Orang Pingsan dengan Baik dan Benar
- Pingsan adalah suatu kondisi dimana hilangnya kesadaran secara tiba-tiba dan bisa saja terjadi secara tiba-tiba pada orang-orang yang berada di sekitar kita, bahkan juga bisa terjadi di tempat-tempat umum.

Pingsan bisa di alami oleh siapa saja dan dimana saja, sehingga jangan panik jika ada orang yang pingsan di depan Sobat.

Sebelumnya kami telah membahas informasi mengenai apa saja yang menjadi faktor penyebab pingsan, setelah mengetahui berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang pingsan.

Maka sebaiknya anda juga harus mengetahui tindakan-tindakan apa saja yang harus Sobat lakukan ketika menemukan orang yang pingsan di depan Sobat.

15 Cara menangani Orang Pingsan dengan Baik dan Benar

Berikut ini beberapa hal yang harus Sobat lakukan ketika menemukan orang yang pingsan di depan Sobat, yaitu :
 
01. Jangan sampai Korban Terbentur

Jika tiba-tiba di sebelah Sobat ada orang yang mau pingsan, maka segera lindungi ia agar tidak terjatuh dengan menangkap atau mendekap tubuhnya. Hal ini dikarenakan, orang yang hilang kesadaran dan pingsan tidak mampu untuk menahan tubuhnya sendiri.

Jika ia sampai terjatuh dan kepalanya terbentur, dikhawatirkan akan menyebabkan luka atau masalah yang serius pada kepalanya akibat terjadi benturan yang cukup keras saat terjatuh.

02. Segera mencari Bantuan Medis

Ketika Sobat menemukan orang yang pingsan ditengah jalan atau dimana saja dan Sobat merasa bingung tindakan apa yang harus anda lakukan.

Maka jangan dulu panik, segera minta bantuan medis terdekat dengan membawanya ke layanan fasilitas kesehatan umum seperti klinik, puskesmas, rumah sakit atau menelepon ambulans untuk segera mendapatkan pertolongan medis dengan tepat.

03. Mengecek Respon Korban

Langkah pertama yang bisa Sobat lakukan ketika menemukan orang pingsan, maka Sobat bisa melakukan pengecekan pada korban dengan cara mengecek apakah korban masih dapat memberikan respon atau benar-benar tidak sadarkan diri sama sekali.

Cara mengeceknya yaitu bisa dengan memberikannya sebuah pertanyaan atau dengan memanggil-manggil namanya. Jika ia tidak memberikan respon, anda bisa mencoba cara lain dengan menepuk pundaknya beberapa kali karena biasanya mereka akan segera sadarkan diri.

04. Memercikan Air

Jika Sobat sedang membawa air minum, maka Sobat bisa menyadarkan orang yang pingsan tersebut dengan memercikan sedikit air ke wajahnya. Percikan air akan dapat membantu untuk menyadarkannya.

05. Menghirupkan Aroma Bebauan

Jika memercikan air ke wajahnya masih belum berhasil, maka Sobat bisa mencoba menyadarkannya dengan menghirupkan aroma bebauan seperti aroma dari bawang putih atau minyak putih.

Karena dengan mencium aroma yang menyengat cukup efektif untuk membantu menyadarkan orang yang pingsan.

06. Jangan Biarkan dikerumuni Orang

Ketika menemukan orang pingsan di tempat umum yang ramai, jangan sampai orang yang bisa dikerumuni oleh orang banyak, cukup 1-2 orang saja karena seseorang yang sedang pingsan sangat membutuhkan udara segar untuk mencegah terjadinya sesak nafas akibat dari kekurangan oksigen.

07. Jangan memasukkan Apapun ke Dalam Mulut Korban

Ketika ada orang yang pingsan, jangan langsung memasukkan apapun ke dalam mulutnya baik itu air minum sekalipun, karena jika dilakukan akan sangat membahayakan keselamatan korban itu sendiri seperti tersedak yang dapat menyebabkan saluran nafas mereka menjadi tersendat.

08. Hindari menggerak-gerakkan Tubuh Korban

Jika Sobat mengetahui bahwa korban pingsan yang Sobat temui memiliki cedera pada tubunya seperti patah tulang, cedera di kepala atau leher.

Maka Sobat jangan menggerak-gerakkan tubuh korban ketika ingin menyadarkannya, karena gerakan tersebut justru akan membuat kondisinya cederanya semakin bertambah parah.

09. Mengangkatkan Kedua Kakinya

Ketika Sobat mengetahui jika kondisi korban pingsan tidak memiliki luka atau cedera di tubuhnya, maka Sobat bisa segera mengangkat kedua kakinya untuk membantu melancarkan kembali peredaran darah dalam tubuhnya untuk menuju ke otak dan jantung. Cara ini dapat membuat korban cepat kembali sadarkan diri.

10. Hindari mendudukkan atau membangunkan Korban

Berbagai upaya mungkin akan anda lakukan untuk menyadarkan korban pingsan tersebut, namun jangan pernah membangunkan tubuh korban ke posisi duduk atau bahkan berdiri.

Biarkan korban berbaring tanpa menggunakan bantal atau penyangga pada permukaan yang rata, ini bertujuan untuk membantu melancarkan kembali peredaran darah ke seluruh tubuhnya.

11. Memeriksa Lokasi Orang yang mengalami Pingsan

Ketika menyadari bahwa orang yang berada di dekat kita mengalami pingsan, maka segera periksa lokasi sekitar karena orang pingsan bisa saja disebabkan oleh karena suhu udara yang terlalu panas, adanya gas beracun, gigitan beracun, aliran listrik terbuka atau penyebab lain yang dianggap berbahaya dan menyebabkan seseorang pingsan.

Jika di lokasi tersebut memang ada penyebab yang membuat orang pingsan, maka segera pindahkan orang tersebut ke tempat yang lebih aman.

12. Mengipasi Korban

Seperti yang telah dibahas diatas, orang yang pingsan akan membutuhkan udara segar sebagai oksigen, sehingga jika di lokasi tempat ia pingsan terasa panas dan kurang adanya udara segar masuk, maka Sobat bisa mengkipasinya agar ia bisa mendapatkan udara segar sehingga bisa cepat sadarkan diri.

13. Memeriksa Denyut Nadi

Ketika ada orang tiba-tiba pingsan di depan Sobat, maka Sobat bisa cek apakah denyut nadinya masih terasa atau tidak.

Jika masih terasa, maka segera lakukan tindakan pertama dengan mengangkat kedua kakinya ke atas untuk membantu melancarkan kembali peredaran darahnya agar bisa sampai ke otak.

14. Melakukan CPR

Bila semua cara menangani orang pingsan di atas sudah Sobat lakukan dengan benar dan orang tersebut masih tetap belum sadarkan diri, maka sebaiknya segera lakukan tindakan CPR apalagi jika Sobat merasakan bahwa nafas orang tersebut sudah mulai lemah dan mulai hilang.

Caranya yaitu :
  • Posisikan tubuh Sobat berlutut di samping korban.
  • Letakkan ujung telapak tangan yang satu kita berada tepat di tengah-tengah dada orang yang pingsan.
  • Sedangkan tangan yang satunya lagi letakkan di atasnya.
  • Setelah itu, pastikan kedua siku Sobat tidak ditekukkan.
  • Kemudian, gunakan berat tubuh Sobat seluruhnya kebagian atas dada orang yang pingsan untuk menekan dada korban.
Cara ini dapat terus Sobat lanjutkan sampai bantuan medis datang menolong.

15. Memberikan Minuman Manis

Setelah orang yang pingsan sadarkan diri, jangan langsung membangunkannya biarkan korban berbaring selama beberapa menit untuk melancarkan peredaran darah secara menyeluruh di dalam tubuh.

Setelah korban mulai pulih dan bisa berbicara dengan baik, maka Sobat bisa mendudukkan korban secara perlahan dan beri ia minuman manis sedikit demi sedikit agar tubuhnya kembali segar.

Selain itu, ketika akan mulai berdiri dan berjalan sebaiknya tidak dilakukan dengan terburu-buru karena dapat menyebabkan korban mengalami pingsan kedua kalinya.

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang cara menangani orang pingsan dengan baik dan benar, semoga informasi diatas bermanfaat untuk semua pembaca.

Sampai jumpa lagi pada artikel herbalidoc selanjutnya, Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "15 Cara menangani Orang Pingsan dengan Baik dan Benar"