Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Cara Berhenti merokok yang Mudah dan Berhasil

cara berhenti merokok

Cara Berhenti merokok yang Mudah dan Berhasil
- Berhenti merokok mungkin bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, terutama bagi Sobat yang sudah terlanjur jadi perokok aktif selama bertahun-tahun.

Tahukah Sobat, ternyata pada sebatang rokok terdapat lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya yang dapat bersifat racun dan dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit mematikan.

Dengan menghisap rokok setiap hari, maka sama saja dengan Sobat membunuh diri Sobat sendiri secara perlahan. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk menghentikan kebiasaan merokok demi mendapatkan tubuh dan keluarga yang sehat.

Manfaat Berhenti merokok untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat yang akan Sobat rasakan jika berhenti merokok, diantaranya yaitu :

Tubuh dan Wajah Terlihat Lebih Muda

Dengan tidak merokok, maka dapat mempengaruhi kesehatan kulit sehingga kulit akan terlihat lebih sehat, segar dan tampak awet muda.

Dapat meghindarkan dari Stres

Selain dapat menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar, berhenti merokok juga dapat menghindarkan dari stres akibat dari beban pikiran yang menumpuk. Seseorang yang tidak merokok, mereka akan merasa lebih fresh saat bangun tidur.

Dapat meningkatkan Kesuburan

Ketika Sobat sudah tidak lagi merokok, maka tingkat kesuburan Sobat akan semakin bagus dan untuk mendapatkan keturunan pun semakin tinggi.

Kualitas Hubungan Intim menjadi Lebih Baik

Bagi Sobat yang sebelum berhenti merokok sering bermasalah dengan hubungan intim bersama dengan pasangan, maka setelah Sobat berhenti merokok kualitas dari hubungan intim  akan semakin baik dan rumah tangga pun akan semakin harmonis.

Dapat mencegah Berbagai Jenis Penyakit mematikan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke, darah tinggi, kanker dan masih banyak lagi jenis penyakit mematikan lainnya yang disebabkan oleh rokok.

Maka dengan berhenti merokok tubuh akan jauh lebih sehat dan terhindar dari resiko terkena penyakit mematikan tersebut.

Memiliki Keluarga yang Sehat

Dampak bahaya rokok tidak hanya akan di alami oleh Sobat saja sebagai perokok, tetapi seluruh anggota keluarga Sobat juga akan ikut merasakan dampak buruknya.

Memiliki Masa Depan yang Lebih Cerah

Harga rokok terus meningkat setiap tahunnya, sudah jelas dengan membeli sebungkus rokok dapat mengurangi pemasukan Sobat setiap bulannya.

Jika dikumpulkan dan ditabung bisa Sobat manfaatkan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat seperti biaya pendidikan anak, tabungan masa depan, membeli kendaraan, rumah dan lain sebagainya.

Cara Berhenti merokok

cara stop merokok

Untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok memang tidaklah mudah, terlebih bagi Sobat yang sudah merokok sejak lama atau sebagai pecandu rokok. Tetapi jika dibarengi dengan keinginan dan tekad yang kuat, maka yakin Sobat akan berhasil untuk menghentikan kebiasaan merokok untuk selamanya.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut telah kami siapkan beberapa cara berhenti merokok yang bisa Sobat coba lakukan, diantaranya yaitu :

1. Selalu Ingat akan Manfaatnya

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, banyak sekali manfaat yang bisa Sobat dapatkan jika berhenti merokok. Meskipun pada awal-awal melakukannya pasti akan merasa menderita, namun jika menjalani hari-hari tanpa rokok atas keinginan diri sendiri dan memiliki tekad yang kuat, maka bisa dipastikan akan mampu melewatinya dengan baik.

Setelah melakukannya dengan baik, maka Sobat akan merasakan banyak manfaatnya pada tubuh. Sobat  juga akan semakin bersemangat serta tidak akan pernah mau lagi untuk merokok.

2. Tetapkan Tanggal Mulai Berhenti merokok

Pastikan Sobat mencatat tanggal dan hari pertama berhenti merokok, meskipun pada awal pertama melakukannya Sobat akan menghadapi banyak cobaan yang berat dan bahkan mengalami stres. Tetapi hambatan tersebut hanya berlangsung pada minggu pertama, selebihnya Sobat akan mulai terbiasa.

3. Meminta Dukungan dari Keluarga dan Orang-Orang Terdekat

Pastikan pada saat Sobat akan memulai untuk tidak merokok, utarakan keinginan dan maksud Sobat tersebut kepada keluarga dan orang-orang terdekat bahwa Sobat akan berhenti merokok mulai dari pasangan, orang tua, saudara dan teman dekat.

Mintalah dukungan dari mereka agar membantu mengingatkan Sobat untuk tidak merokok. Untuk mendapatkan dukungan yang besar, Sobat bisa mengajak orang-orang terdekat yang juga perokok aktif untuk berhenti merokok bersama.

4. Menjalani Pengobatan Medis

Tidak cukup hanya dengan mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman dekat saja, Sobat juga perlu menjalani pengobatan medis agar maksud dan tujuan Sobat bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter, biasanya dokter akan memberikan metode pengobatan dengan menerapkan terapi pengganti nikotin (NRT).

5. Rajin Berolahraga

Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur dapat membantu mengalihkan perhatian  untuk merokok. 

Cobalah jalankan aktivitas olahraga yang Sobat sukai dan jadikan olahraga tersebut sebagai rutinitas sehari-hari sebelum mulai bekerja seperti bersepeda, lari mengelilingi kompleks dan jenis olahraga lain yang Sobat sukai.

6. Siapkan Cemilan Favorit

Sebelum mulai menjalani program untuk berhenti merokok, maka persiapkan segala sesuatu yang akan Sobat butuhkan, salah satunya yaitu cemilan. Cemilan dapat menjadikan pengganti rokok namun pastikan cemilan yang Sobat pilih haruslah cemilan sehat.

7. Kuatkan Keinginann  untuk Berhenti merokok

Tidak sedikit orang yang gagal dalam menjalani program untuk berhenti merokok, karena banyak yang melanggarnya. Maka dari itu, kuatkan keinginan Sobat untuk berhenti merokok dan jauhkan pikiran untuk kembali merokok dengan mengingat dampak bahaya dari merokok, dan cobalah untuk lebih disiplin.

8. Hindari Hal yang menimbulkan Keinginan untuk merokok

Hindari berbagai alasan utama yang dapat membuat Sobat berkeinginan untuk menghisap rokok kembali, seperti minum kopi, alkohol, berkumpul bersama perokok aktif di ruangan yang bebas untuk merokok dan alasan lainnya. Sobat bisa menggantikannya dengan mengonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

9. Mengunjungi Tempat tanpa Asap Rokok

Jika Sobat berencana berkumpul bersama teman atau relasi kerja, carilah tempat umum yang para pengunjungnya tidak diperbolehkan untuk merokok. Dengan demikian, teman atau relasi kerja Sobat yang perokok pun tidak akan merokok.

10. Mencari Kesibukan

Cara berhenti merokok berikutnya yang dapat mengalihkan perhatian Sobat untuk tidak merokok yaitu dengan memperbanyak kesibukan agar Sobat lupa dan tidak ingin merokok

11. Minum Air Larutan Baking Soda

Mungkin cara ini termasuk cara berhenti merokok yang paling ekstrim, orang pertama yang mencoba cara ini yaitu Joanne Fanizza asal New York. Dia membuat minuman dari satu sendok makan baking soda yang dilarutkan dengan segelas air dan meminumnya dua kali seminggu.

Rasanya memang sangat tidak enak, tapi dengan meminumnya secara rutin ternyata dia berhasil untuk menghilangkan kebiasaan merokok, bahkan sampai saat ini cukup banyak yang mencoba cara ini.

12. Rajin Berpuasa

Cara menghentikan kebiasaan merokok yang terakhir yaitu dengan rajin berpuasa, selain baik untuk kesehatan, puasa juga dapat menetralisir zat-zat rokok dalam tubuh, sehingga lama-kelamaan efek kecanduan rokok akan berangsur-angsur berkurang. Sobat bisa mencoba berpuasa 2 kali dalam seminggu, misalnya puasa di hari senin dan kamis.

Bagaimana, apakah Sobat tertarik untuk mencobanya?

Demikian tadi informasi dari Herbalidoc mengenai beberapa cara berhenti merokok yang dapat Sobat coba, keberhasilan dari usaha tersebut semuanya kembali lagi kepada niat Sobat sendiri, seberapa besar keinginan Sobat untuk berhenti merokok.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, salam sehat ala herbal !

1 comment for "12 Cara Berhenti merokok yang Mudah dan Berhasil"

  1. Btw ngomongin manfaat gak merokok nih, sebenarnya bagi yang sudah menjadi perokok akan stress klo gak merokok loh... Rokok itu dpt menghilangkan stres... Ya setidaknya untuk sesaat :v

    ReplyDelete