Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tanaman untuk mengobati Diabetes yang Ampuh

tanaman untuk obat diabetes

Diabetes atau kencing gula adalah penyakit yang menyebabkan banyaknya atau tingginya gula darah dalam darah, diabetes tergolong kronis karena menyerang tidak hanya satu bagian tapi organ-organ tubuh lainnya seperti ginjal, syaraf dan lainnya. Selain penggunaan obat-obatan secara medis, banyak orang juga mengkonsumsi obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Ada banyak tanaman obat diabetes yang bisa membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah dengan meningkatkan fungsi pankreas agar normal kembali. Namun anda harus mengkonsumsinya dengan teratur untuk memperoleh kesembuhan sama halnya dengan mengkonsumsi obat dokter. Berikut beberapa tanaman yang berfungsi untuk mengatasi diabetes:

5 Tanaman untuk mengobati Diabetes yang Ampuh

1. Brotowali

Tanaman brotowali yang dapat di manfaatkan sebagai obat diabetes adalah bagian batangnya. Brotowali mampu menstabilkan kembali kadar gula dalam darah, namun memiliki rasa yang begitu pahit tapi dengan efek menyejukan. Hasil penelitian bahkan sudah membuktikan adanya air dari ekstrak batang brotowali yang memiliki efek hipoglikemik sebagai obat penurun kadar gula dalam darah.

2. Daun Sambiloto

Tanaman daun sambiloto mengandung flanovoid untuk memproduksi insulin, sehingga cocok untuk digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit diabetes. Namun daun ini memiliki rasa pahit yang terbukti sangat mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tingginya kadar gula dalam darah atau diabetes.

Baca Juga:

3. Daun Salam

Daun salam adalah jenis rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai bahan masakan karena menambah cita rasa lezat pada makanan. Dalam dunia medis, daun salam ternyata juga bisa digunakan sebagai obat penyakit diabetes. Caranya adalah meminum air rebusan daun salam secara rutin, maka penyakit diabetes dapat berkurang dan bisa disembuhkan.

4. Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan salah satu tanaman obat herbal yang terkenal dapat mengobati berbagai penyakit, termasuk untuk penyakit diabetes yang telah di kenal sejak lama. Tanaman obat mahkota dewa bermanfaat untuk mengurangi gejala-gejala yang tidak mengenakan bagi penderita penyakit diabetes. Di dalam tanaman mahkota dewa terdapat kandugan anti radang sehingga seringkali dapat diekstrak menjadi obat herbal untuk mengobati penyakit diabetes.

5. Pare

Pare tergolong ke dalam jenis sayuran dengan cita rasa yang khas, termasuk rasa pahitnya yang menjadi salah satu ciri pare. Selain digunakan sebagai bahan masakan yang dapat dikombinasikan dengan berbagai sayur atau udang, pare juga dapat mengurangi kadar glukosa darah karena memiliki zat yang berperan aktif untum menurunkan glukosa. Charantin dan P- polipeptida di dalam pare juga dapat merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan insulin.

Demikianlah uraian singkat mengenai tanaman yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes. Memang penyakit diabetes bukanlah penyakit yang mudah untuk disembuhkan, namun tidak ada salahnya anda mencoba tanaman alami di atas untuk menurunkan glukosa dalam darah sehingga pada akhirnya kemungkinan anda bisa mencapai kesembuhan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "5 Tanaman untuk mengobati Diabetes yang Ampuh"