Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah dan Perkembangan Kesehatan Masyarakat di Indonesia

sejarah kesehatan masyarakat indonesia

Sejarah kesehatan masyarakt indonesia masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Jauh sebelum hadirnya era kesehatan modern pada zaman penjajahan belanda, masyarakat indonesia jaman dulu telah lebih banyak mengenal dan mempraktekan sistem kesehatan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun dari para leluhur mereka.

Pemanfaatan bahan-bahan yang bersumber dari tanaman-tanaman yang memiliki kandungan zat-zat yang berkhasiat untuk kesehatan dan penyembuhan merupakan salah satu keterampilan dan keahlian yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Merujuk kepada teori dari seorang pakar kesehatan dan ahli bakteriologi dari amerika serikat, yaitu Charles-Edward Amory Winslow atau yang lebih dikenal dengan nama Winslow menjelaskan bahwa ilmu Kesehatan Masyarakat memiliki arti sebagai sebuah ilmu sekaligus seni dalam upaya untuk mencegah suatu penyakit, yang bertujuan untuk menambah panjang usia kehidupan, serta mengembangkan sistem kesehatan menjadi lebih baik lewat program-program organisasi kemasyarakatan.

Hubungan erat antara manusia dan lingkungannya merupakan mata rantai dari sejarah ilmu kesehatan masyarakat yang terkait satu sama lainnya, ilmu kesehatan masyarakat sendiri sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu sebelum hadirnya era ilmu pengetahuan modern, terbukti dengan ditemukannya berbagai dokumen-dokumen penting peninggalan bangsa Mesir dan Yunani kuno yang berisi tentang cara-cara upaya pencegahan penyakit dan penanggulangan kesehatan.

Sejarah dan Perkembangan Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Ilmu kesehatan masyarakat modern di nusantara muncul pertama kali ketika penjajah belanda mulai masuk ke indonesia, untuk merawat kesehatan para tentara belanda saat itu digunakan dengan cara-cara perawatan kesehatan modern yang berasal dari eropa.

Pemerintah belanda mulai serius mengembangkan sistem kesehatan di indonesia ketika mewabahnya kolera dan cacar mematikan pada abad ke-16, salah satunya dengan melakukan penyuluhan-penyuluhan kesehatan sebagai upaya untuk menanggulangi dan mencegah wabah kolera dan cacar pada waktu itu.

Untuk lebih menunjang lagi dalam usaha penanganan dan pemberantasan berbagai penyakit seperti lepra, malaria serta gizi buruk, maka pada tahun 1888 didirikanlah laboratorium-laboratorium pusat kesehatan disejumlah kota-kota besar di indonesia, diantaranya di Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Medan.

Baca Juga:
Perintis sekolah kedokteran di indonesia

Disebabkan minimnya tenaga dan ahli medis pribumi pada masa itu, maka dibangunlah sekolah kedokteran pertama di jawa yang kemudian disusul dengan berdirinya sekolah kedokteran STOVIA di Batavia, yang merupakan sekolah kedokteran yang diperuntukan khusus bagi warga pribumi pada tahun 1927, dan nantinya kemudian berubah menjadi FKUI setelah UI berdiri pada tahun 1947.

Pada tahun 1933 pemerintah belanda kembali membangun sebuah sekolah kedokteran yang bernama NAS atau Nederlandsch Indische Artsen School, yang mana ditempat tersebut bukan hanya warga pribumi saja yang bersekolah, namun warga asing non-pribumi pun bisa ikut belajar disana.

Berdirinya Rumah sakit pertama di indonesia

Residen Pvabst merupakan Rumah Sakit pertama yang berdiri di indonesia pada tahun 1819, yang kemudian pada tahun 1919 diganti namanya menjadi Stadsverband, dan sekarang Kita mengenalnya dengan RSCM atau Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Awal munculnya Puskesmas

Ditahun 1967 melalui sebuah seminar adalah awal berdirinya Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat), yang disusul dengan ditetapkannya Puskesmas sebagai lembaga kesehatan terpadu melalui Rakernas (Rapat Kerja Nasional) pada tahun 1968.

Fungsi Puskesmas semakin  ditingkatkan lagi pada tahun 1990-an menjadi sebuah organisasi kesehatan yang fungsional yang bertujuan untuk lebih mengembangkan kesehatan di masyarakat dengan pemberdayaan yang meilibatkan keikutsertaan masyarakat itu sendiri.

Demikian diatas tadi informasi tentang sejarah singkat dan perkembangan kesehatan masyarakat di Indonesia, semoga uraian tersebut bermanfaat untuk semuanya.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "Sejarah dan Perkembangan Kesehatan Masyarakat di Indonesia"