Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ramuan Jamu Peningkat Nafsu Makan Anak terpercaya

ramuan penambah nafsu makan untuk anak

Nafsu makan pada anak bisa menurun sebagian disebabkan oleh makanan yang kurang bergizi,  makanan yang dilengkapi dengan nutrisi dan vitamin yang baik dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Namun, sebagian anak terkadang nafsu makannya karena berbagai macam faktor seperti gangguan pencernaan, tidak enak badan, malas makan dan hal lainnya. Beberapa ramuan jamu bisa berkhasiat sebagai peningkat nafsu makan anak yang terpeecaya.

Jika anak tersebut masih dalam usia balita dan membutuhkan asupan makanan bergizi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Berbagai cara dan tips telah digunakan oleh orang tua guna meningkatkan nafsu makan anak. Berikut beberapa cara membuat jamu untuk menambah nafsu makan anak. Mari simak.

Ramuan Jamu Peningkat Nafsu Makan Anak terpercaya

1. Ramuan Kunyit

Kunyit mempunyai Kandungan kurkuminoid di dalamnya yang dapat menambah nafsu makan anak. Selain itu, ada senyawa curcumin yang mampu mengosongkan lambung dengan cepat sehingga anak akan merasa cepat lebih lapar. Cara membuatnya, rebus kunyit yang telah digeprek ke dalam rebusan air mendidih, biarkan selama 10 menit. Setelah itu, saring air rebusan dan tambahkan madu untuk memberi rasa manis, dan minum ramuan ini secara rutin.

2. Ramuan Jeruk atau Lemon

Jeruk dan lemon mengandung banyak sekali vitamin C. Kandungan tersebut terbukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sekaligus nafsu makannya, serta dapat membunuh kuman dam mengeluarkan racun dalam tubuh. Caranya mengolahnya cukup mudah, peras satu buah lemon tambahkan ke dalam satu gelas air hangat dan konsumsi ramuan perasan lemon ini satu hingga dua kali dalam sehari.

Baca Juga:
3. Ramuan daun pepaya atau kates

Pepaya atau yang dikenal di beberapa daerah sebagai kates adalah buah yang digemari banyak orang. Daun dari buah pepaya juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan pada anak, karena mengandung Enzim papain yang dapat menimbulkan rasa ingin makan, dan memperlancar sistem pencernaan yang terganggu. Caranya tumbuk atau haluskan sedikit daun pepaya, tambahkan sedikit air, lalu saring, tambahkan sedikit madu agar tidak terlalu pahit.

4. Jahe

Tanaman jahe banyak manfaat bagi tubuh seperti mampu meredakan rasa kembung, meningkatkan nafsu makan dengan meredakan racun yang menyerang pencernaan. Cara mengolahnya, rebus irisan jahe dalam dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Kemudian tiriskan dan tambahkan perasan lemon dan madu. Berikan pada anak sehari sekali pada pagi hari dengan dosis setengah gelas.

5. Pegagan

Pegagan atau centella asiatica merupakan jenis tanaman liar yang mudah ditemukan dan biasa tumbuh di pematang persawahan dan di lahan perkebunan atau bahkan dipinggir-pinggir jalan. Dari sekian banyak khasiat pegagan ini salah satunya adalah bisa untuk meningkatkan atau menambah nafsu makan khususnya pada anak-anak.

Adapun cara meramunya sangat mudah, siapkan segenggam daun pegagan dan dicuci bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai kira-kira tersisa setengahnya. Saring air rebusan pegagan dan dinginkan, lalu diminum segelas sehari secara rutin dan teratur selama beberapa hari. Selain dengan merebusnya, bisa juga dengan cara memakan daun pegagan langsung atau digado sebagai lalapan.

Demikianlah beberapa cara untuk membuat ramuan tradisonal yang dapat membantu merangsang nafsu makan si buah hati. Karena cara di atas cukup mudah, anda bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan bahan yang anda miliki atau membelinya di pasar terdekat karena bahan yang dibutuhkan adalah bahan yang cukup mudah ditemukan sebagai bahan masakan sehari-hari.

Jika Anda merasa khawatir akan ada efek samping lain setelah mengkonsumsi obat herbal, terutama bagi Anda yang sedang atau pernah mengidap penyakit lainnya, atau memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan tertentu, alangkah lebih baik untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan pakar herbal atau dokter.

Gunakan dan konsumsi obat tradisional alami, ramuan herbal, atau jamu dengan pemilihan bahan-bahan yang tepat disertai pengolahan atau peracikan yang benar supaya khasiatnya benar-benar bisa dirasakan serta berfungsi dengan maksimal.

Semoga bermanfaat, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "Ramuan Jamu Peningkat Nafsu Makan Anak terpercaya"