Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Obat Penurun Kolesterol yang Ampuh

obat penurun kolesterol

Obat Penurun Kolesterol - Di era milenial yang serba hidup modern dan instan, orang cenderung memilih pengobatan dari dokter karena mudah. Namun, sebagian orang masih ada yang memilih tanaman obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit, karena bahan-bahan tersebut bisa diperoleh dengan mudah dan murah. Salah satunya adalah obat tradisional untuk penurun kolesterol.

Beberapa tanaman dinilai sebagai obat-obatan herbal yang membantu mencegah atau mengobati penyakit tertentu misalnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Artikel kali ini akan membahas tanaman apa saja yang bermanfaat sebagai obat herbal penurun kolesterol, simak uraiannya di bawah ini:

5 Obat Penurun Kolesterol yang Ampuh

1. Bawang putih

Tanaman bawang putih memang sudah terkenal memiliki beragam manfaaf untuk kesehatan tubuh baik dalam maupun luar. Bawah putih dapat membantu meredakan gejala pilek, atau flu bahkan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Namun masih ada beberapa perdebatan dari penelitian ini, sehingga anda dapat mengkonsultasikan kepada dokter anda sebelum mengonsumsi bawang putih sebagai obat.

2. Kedelai

Kacang kedelai dipercaya memiliki manfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Namun tidak hanya pada kacangnya, produk olahan seperti tempe dan tahu juga dapat dijadikan alternatif dalam mengonsumsi kacang kedelai. Anda juga perlu ingat  mengolah tempe dan tahu dengan cara yang benar agar khasiatnya tidak hilang.

Baca Juga:

3. Akar manis

Akar manis atau disebut juga sebagai licorice root, mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan dan berpotensi menjadi obat herbal dalam menurunkan kolesterol dalam darah. Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan uji, tanaman ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus kadar gula darah, namun belum dilakukan uji klinis pada manusia. Sehingga dalam penggunaannya anda dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda.

4. Jahe

Tanaman rempah - rempahan seperti jahe telah dilakukan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa jahe terbukti ampuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik, serta meningkatkan trigliserida di dalam tubuh. Cara mengolah jahe cukup mudah, misalnya dengan mencampurkan irisan jahe dengan air hangat atau panas lalu seduh dan minum sebagai wedang jahe secara rutin.

5. Angkak

Tanaman angkak mengandung zat yang bernama monacolin K, dimana susunan kimia dalam zat ini dinilai mirip dengan obat penurun kolesterol, yaitu lovastatin. Hanya saja, tidak semua angkak mengandung monacolin K yang cukup untuk menurunkan kolesterol dalam darah sehingga efek penurun kolesterol bisa saja tidak berfungsi. Angkak juga mengandung zat citrinin yang berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu gagal ginjal. Sehingga perlu sangat berhati-hati dalam penggunaannya.

Demikianlah beberapa tanaman obat herbal yang dipercaya dapat menurunkan kadak kolesterol jahat dalam darah. Karena beberapa obat tersebut masih dalam proses penelitian, maka sangat disarankan sebelum mengonsumsi obat-obatan herbal tersebut, perlu dilakukan konsultasi ke dokter misalnya dokter spesialis penyakit dalam atau dokter umum untuk mengetahui kadar atau dosis konsumsi yang seharusnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "5 Obat Penurun Kolesterol yang Ampuh"