Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Obat Tradisional Herbal yang Ampuh mengobati Asam Lambung Kronis secara Alami

obat tradisional asam lambung kronis

Asam lambung merupakan suatu zat penting dalam tubuh manusia yang berfungsi membantu proses penghancuran makanan pada sistem pencernaan didalam lambung, Namun akan sangat berbahaya juga bila kadar asam lambung dalam sistem pencernaan volumenya berlebihan atau sangat banyak.

Asam lambung merupakan komposisi dari asam klorida atau HCI, natrium klorida atau NaCI, dan kalium klorida atau KCI. Zat-zat tersebut mempunyai fungsi penting dalam memproses dan menghancurkan makanan didalam lambung dengan cara mengaktifkan enzim pada pencernaan yang kemudian dirubah menjadi asam amino.

Kadar asam pada lambung dihasilkan dan di kendalikan oleh bikarbonat yang diproduksi oleh sel-sel yang terdapat dalam lambung, yang juga menciptakan lapisan mukus untuk menjaga lambung tetap aman.

Untuk menetralisir kadar asam lambung agar selalu dalam batas aman, ada pankreas yang dapat menghasilkan bikarbonat dalam jumlah besar yang di alirkan ke dudenum. Batas normal tingkat keasamaan pada lambung sekitar 1,5 sampai 3,5 (pH).

Asam klorida pada lambung berfungsi mengolah dan mengurai ikatan asam amino dalam proses proteolisis, zat asam tersebut juga membantu proses tumbuhnya berbagai oragnisme yang menjaga sistem pencernaan atau lambung dari infeksi.

Saluran pencernaan akan mudah terkena infeksi oleh bakteri apabila  kadar hipoklrhidria dan aklorhidri berkurang atau tidak ada sama sekali, karena hal tersebut bisa mengakibatkan disinfektan atau berkurangnya sifat anti-infeksi pada lumen lambung.

Namun akan sangat berbahaya juga jika terjadi hiperkalsemia dan sindrom Zollinger-Ellison karena kadar gastrin akan naik yang kemudian berakibat berlebihnya zat asam pada lambung. Pada kondisi seperti ini orang yang mengalaminya akan merasakan kurang nyaman pada bagian lambung, seperti tukak lambung disertai mual dan muntah-muntah, dikarenakan terjadinya keasaman pada darah yang berkurang dan kadar klorin juga H+ yang menurun yang disebut  alkalosis metabolik hipokloremik.

Sakit asam lambung terjadi karena naiknya kadar keasaman pada lambung, hal ini biasa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa atau orang tua. Terutama bagi mereka yang kurang memperhatikan prilaku hidup sehat.

Penyebab asam lambung

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya asam lambung, diantaranya pola makan yang tidak sehat, pola hidup yang tidak karuan, dan stress atau depresi berkepanjangan. Asam lambung terjadi karena  melemahnya otot pada bagian bawah kerongkongan yang berfungsi seperti klep yang akan otomatis menutup setelah makanan turun kedalam lambung, sehingga asam lambung akan dengan sangat rantan naik kembali ke kerongkongan yang terbuka tersebut.

Mereka yang rentan terkena panyakit ini adalah para perokok, sering telat makan, sering makan pedas, bersantan dan masakanan asam berlebihan, mempunyai kebiasaan berbaring atau tiduran sehabis makan, ibu hamil, dan para lansia.

Gejala asam lambung

Salah satu gejala yang biasa dirasakan oleh penderita asam lambung naik adalah rasa nyeri pada bagian dada mirip seperti penyakit jantung atau serangan jantung, sehingga kadang terjadi keliru diagnosa.

Gejala lainnya yang yaitu sesak nafas, perih dan panas seperti terbakar pada bagian dada, ngilu dan sakit pada bagian perut, rasa seperti ada yang mengganjal di tenggorokan, sering sendawa, rasa asam kecut dan menyengat pada air liur saat berdahak, juga sensasi perasaan cemas dan takut berlebihan terhadap berbagai hal.

Jangan pernah anggap sepele dengan penyakit ini, karena kalau tidak segera di obati maka akan berakibat terjadinya komplikasi dan merembet mengakibatkan penyakit lain yang baru.Untuk mentralisir asam lambung diperlukan obat penghambat pompa proton yang berfungsi menurunkan kadar keasaman pada lambung sekaligus menaikan pH didalam lambung. Kadar asam lambung akan dinetralisir oleh antasida, sedangkan produksi asam lambung akan dikurangi dan diturunakan secara tidak langsung oleh antagonis H2.

Pencegahan dan pengobatan asam lambung tanpa obat

Untuk mencegah sekaligus mengobati asam lambung tanpa konsumsi obat-obatan dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut:
  1. Terapkan pola makan sehat, dengan makan teratur dan konsumsi makanan bergizi seimbang
  2. Tidak menyantap kudapan (camilan) sebelum atau sesudah makan
  3. Disaat makan usahakan untuk tidak terlalu banyak minum
  4. Hindari kebiasaan begadang
  5. Berhenti merokok
  6. Tidak minum minuman beralkohol
  7. Tidak konsumsi makanan pedas berlemak
  8. Jaga pola fikir dan susasana hati
  9. Rajin olah raga
  10. Secara berkala memeriksakan kesehatan ke dokter
Pengobatan asam lambung

Untuk mengobati asam lambung bisa dengan cara medis, namun bisa juga dengan proses operasi jika cara-cara pencegahan awal tidak berhasil.

Baca Juga:
Pengobatan asam lambung dengan cara herbal

Selain menggunakan obat kimiawi, pengobatan asam lambung juga bisa memanfaatkan ramuan alami atau obat herbal yang tentunya mudah didapat dan lebih murah pastinya.

Berikut rekomendasi beberapa obat herbal mujarab yang bermanfaat untuk mengobati sakit asam lambung disertai cara mengolah atau meramunya, silahkan disimak baik-baik.

01. Adas

Kandungan senyawa estragole, fenhone, dan anethole pada adas memiliki fungsi sebagai anti-imflamasi, anti-spasmodic, dan anti-mikroba (anti-bakteri).

Tanaman yang banyak tumbuh subur di negara-negara asia dan eropa ini termausk kedalam golongan bumbu-bumbuan atau umbellirefae,  selain berfungsi sebagai penyedap masakan ternyata adas juga memiiki segudang manfaat yang telah terbukti bisa mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit asam lambung.

Berikut ini cara membuat obat asam lambung dari adas.

Cara 1:
  • Siapkan 1 sendok biji adas dan 2 gelas air
  • Campurkan biji adas kedalam air lalu dimasak sampai tersisa kira-kira 1 gelas
  • Tiriskan air rebusan biji adas lalu disaring
  • Konsumsi dengan rutin air rebusan biji adas sebelum makan atau saat kondisi perut kosong
Cara 2:
  • 1 sendok biji adas matang ditumbuk menjadi serbuk
  • Serbuk biji diseduh dengan 1 gelas air panas
  • Diamkan kurang lebih 10 menit sampai air menjadi hangat lalu rutin minum saat perut masih kosong
Baca Juga:
02. Air Kelapa

Kandungan beberapa vitamin dan senyawa aktif asam pantotenant , folat, kolin, betaine, dan riboflavin pada air kelapa membuktikan bahwa air kelapa memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dengan meminum air kelapa, bukan hanya bisa menghilangkan haus tapi juga  menjadi asupan kalori yang dapat membuat tubuh menjadi lebih bertenaga, fungsi lain dari air kelapa juga mampu menurunkan berat badan serta membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

Selain air dan isi dagingnya enak untuk dikonsumsi, ternyata air kelapa juga mempunyai banyak khasiat untuk mencegah atau mengobati berbagai penyakit, salah satunya dapat mengatasi penyakit asam lambung berkat kandungan kalium-nya yang tinggi yang dapat mencegah refluks lambung dengan mengontrol keseimbangan kadar pH didalam tubuh.

Untuk memperoleh hasil yang terbaik, Anda bisa meminum sekaligus mengonsumsi isi daging kelapa muda ini rutin selama 2 bulan, setiap 30 menit sesudah makan sebanyak 2 kali dalam sehari.

03. Alang-alang

Tanaman alang-alang atau ilalang merupakan jenis rumput-rumputan yang banyak tumbuh liar dilahan-lahan kebun, persawahan, bahkan dihalaman rumah. Bagi Anda yang tinggal dipedesaan yang masih banyak terdapat lahan-lahan kosong dan hijau pasti sudah tidak aneh lagi dan sering melihat tanaman ini.

Meski keberadaannya terkadang sering dianggap sebagai tanaman gulma atau penggangu, selain banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak ternyata alang-alang juga memiliki banyak manfaat yang tidak bisa diremehkan untuk kesehatan.

Ilalang termasuk jenis tanaman yang produktif, oleh sebab itu meski mereka yang merasa terganggu dengan tanaman ini dan berusaha memberantas dan membakarnya tapi itu tidak akan berhasil, dan dapat dipastikan ilalang akan tumbuh kembali dengan cepat.

Dari hasil banyak penelitian membuktikan bahwa alang-alang mempunya banyak kandungan zat senyawa aktif yang baik untuk kesehatan, yang mana dengan kandungan tersebut ilalang dapat memberikan efek-efek tertentu pada tubuh, diantaranya dapat meredakan rasa haus, menghambat pendarahan (hemostatik) dan meredakan panas (antipretik).

Selain itu, alang-alang juga diyakini berkhasiat untuk mengobati asam lambung, bagian yang diambil dari alang-alang yang biasa digunakan sebagai obat adalah rimpangnya atau bagian akar.

Cara meramu alang-alang untuk dijadikan obat asam lambung.

Cara 1:
  • Siapkan segenggam akar alang-alang, lada hitam, temu lawak, jintan hitam, kunyit putih
  • 3 gelas air
  • Semua kunyit diiris-iris tipis
  • Rebus semua bahan bersamaan dengan menggunakan wadah atau periuk berbahan non-logam sampai tersisa menjadi 1 gelas air
  • Konsumsi rutin 2 kali sehari setiap menjelang tidur dan pagi hari sebelum makan
Cara 2:

Bahan-bahan:
  • Segenggam akar alang-alang (10-20 gram)
  • 4 gelas air
  • 20 gram kunit
  • 30 gram meniran
  • 20 gram temu lawak yang sudah dikeringkan
Cara mengolah:
  • Rebus semua bahan-bahan diatas berbarengan sampai tersisa 1 ½ gelas air
  • Konsumsi rutin 3 kali dalam sehari masing-masing ½ gelas
04. Biji Jintan

Tanaman jintan hitam atau habbatussaudah sudah dikenal akan khasiatnya untuk pengobatan, kandungan vitamin, kalsium, kalori, niasin, dan fibernya  terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Jintan hitam disebut juga dengan black seed, atau dalam bahasa latinnya dikenal dengan nama nigella sativa, nama tersebut diambil dari tempat asal tanaman ini tumbuh, yaitu Nigella Sativa yang terletak diantara benua asia bagian selatan dan barat.

Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada jintan hitam berkhasiat menetralisir sistem pencernaan, efeknya dapat mengurangi kadar gas dalam lambung sekaligus menghilangkan rasa kembung.

Sedangkan senyawa alami tymoquinone-nya mampu menghentikan proses ulkus dengan efek gastroprotektif yang dimilikinya, selain itu berkhasiat juga menjaga keseimbangan pH keasaman sekaligus meredakan sekresi pada lambung.

Cara membuat obat asam lambung dengan jintan hitam sangat mudah, 10 gram biji jintan hitam  dicampurkan kedalam 3 sendok makan madu murni, lalu diminum 2 kali sehari secara rutin.

Perlu diperhatikan, disebabkan kandungan sifat efek panas pada jintan hitam maka dianjurkan untuk mengonsumsi obat herbal ini setiap setelah makan.

05. Celandine

Bunga celandine merupakan kelompok tanaman liar yang banyak tumbuh di area jurang dan bebatuan berkapur dihutan tropis daerah-daerah di wilayah amerika utara.

Kandungan senyawa hydroxynnamic acid, protoberberines, alkaloid, benzophenanthrides dan senyawa lainnya serta efek antispasmodic-nya diyakini mampu mengatasi berbagai penyakit termasuk salah satunya, yaitu asam lambung.

Untuk mnggunakan obat herbal ini bisa didapatkan di apotek-apotek atau ditoko obat dalam bentuk hasil ekstraksi yang diolah dalam bentuk teh dan serbuk seduh, atau pun liquid (cairan).

Baca Juga:
06. Cengkeh

Cengkeh adalah tumbuhan jenis rempah-rempahan yang beraroma khusus dan mempunyai banyak manfaat, dengan baunya tersebut maka cengkeh acap kali dijadikan bahan pelengkap atau bumbu masakan, makanan, dan minuman serta menjadi campuran utama dalam produksi pembuatan rokok.

Tanaman yang memiliki nama latin Syzygium aromatium ini, sejak beratus-ratus tahun dulu telah dijadikan komoditas utama dalam perdagangan bumbu atau rempah, selain memiliki efek anti-oksidan pada buah cengkeh juga terkandung beraneka ragam vitamin dan banyak senyawa seperti kalium, zinc, folat, natrium, kalsium dan magnesium yang tentunya sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Dari berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi biji cengkeh dapat meredakan bahkan mengobati asam lambung, kandungan minyak atsiri yang terdapat pada biji cengkeh terbukti mampu mengontrol kadar pH keasaman lambung sekaligus melindungi dinding lambung dari luka yang diakibatkan oleh asam lambung, dengan air lendir yang dihasilkan oleh minyak atsiri  tersebut.

Cara meramu cengkeh untuk asam lambung:

Bahan-bahan:
  • Siapkan 4 butir cengkeh
  • Tambahkan 1 potong jahe merah seukuran ibu jari
  • 3 gelas air
Cara meramu:
  • Jahe digeprek-geprek atau di memarkan
  • Kemudian masukan cengkeh beserta jahe kedalam air
  • Masak sampai air tersisa 1 gelas
  • Untuk hasil maksimal, sebaiknya dikonsumsi rutin 3 kali sehari
07. Chamomile

Chamomile merupakan tanaman yang masuk kedalam golongan bunga Matahari Asteraceae, tumbuhan ini banyak tumbuh di beberapa negara di eropa dan asia.

Chamomile dapat tumbuh liar di ladang-ladang atau di pinggir jalan, bahkan ada juga yang sengaja ditanam di pekarangan rumah sebagai hiasan dikarenakan bentuk dan rupa bunganya yang cantik.

Selain memiliki bunga yang menarik, Chamomile juga bisa dijadikan bahan herbal untuk kesehatan dan pengobatan. Chamomile diketahui mempunyai efek anti-imflamasi, anti-virus, anti-jamur, serta anti-bakteri alami dan juga sebagai penenang.

Selain mengandung senyawa coumarin, chamazulene, antikoagulan, chamomile juga memiliki kandungan zat flavonoid dan minyak atsiri yang sangat berkhasiat untuk meredakan bahkan mengobati penyakit pada sistem penernaan, termasuk salah satunya penyakit asam lambung.

Untuk menggunakan chamomile sebagai obat asam lamung Anda bisa membelinya di apotek atau di toko-toko obat, biasanya sudah dikemas dalam bentuk teh atau serbuk siap seduh.

Cara membuat teh atau seduhan chamomile adalah sebagai berikut, siapkan dan taruh 2 sendok makan teh chamomile ke dalam cangkir atau gelas, tuangkan air panas kedalam cangkir yang bersisi teh chamomile tadi, diamkan kurang lebih 10 menit dan seduhan teh chamomile pun sudah siap untuk dikonsumsi.

Untuk menambah rasa bisa ditambahkan 1 sendok madu murni, sedangkan untuk memperoleh hasil terbaik sebaiknya rutin diminum setiap pagi sebelum sarapan selama 2-3 bulan berturut-turut.

08. Daun Basil

Basil atau Ocimum bacilicum yaitu tanaman tanpa kayu dengan batang lunak dan sepintas mirip kemangi, tanaman yang berasal dari keluarga lamiaceae ini banyak tumbuh di banyak tempat di negara-negara beriklim tropis di asia tenggara dan afrika tengah.

Di indonesia sendiri tanaman ini biasa disebut juga selasih, dikarenakan memiliki bau atau aroma yang khas maka daun basil sering dijadikan sebagai rempah atau bumbu penyedap masakan.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan atau makanan, daun basil juga sering dipakai untuk kesehatan atau pengobatan. Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-oksidan, dan anti-radikal bebas yang dimiliki tanaman ini sangat besar manfaatnya untuk tubuh.

Efek teurpeutik dan mendinginkan dari tanaman ini sangat berkhasiat untuk meredakan gejala asam lambung dengan cepat, berikut cara mengolah dan menggunakannya:

Cara pertama, dijadikan sebagai minuman seduh atau teh. Masukan 3 atau 4 lembar daun basil basah atau 2-3 sendok serbuk daun basil kering kedalam cangkir, lalu tuangkan air panas dan diamkan sampai air jadi hangat sampai akhirnya siap dimunum.

Cara kedua, dengan mengonsumsinya langsung mentah-mentah. 5 lembar daun basil mentah dikunyah setiap setelah makan.

09. Jahe Merah

Pada umumnya, jahe lebih banyak digunakan sebagai penambah cita rasa pada masakan. Namun berbeda dengan jahe merah, tanaman rimpang yang memiliki nama latin Zingiber officinale rosc ini sering dimanfaatkan juga untuk bahan pengobatan, itu disebabkan oleh banyaknya kandungan nutrisi dan berbagai zat senyawa yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan pengobatan pada tanaman ini.

Kandungan zingeron, phenolic, dan minyak atsiri pada jahe merah mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sekaligus dapat mengobati sakit asam lambung.

Untuk memanfaatkan jahe merah sebagai obat asam lambung Anda bisa mengunyahnya langsung, atau diseduh dijadikan teh, bisa juga juga dengan mencampurkannya kedalam makanan dan sayur. Perlu diperhatikan, dikarenakan tanaman ini memilki rasa yang pedas, untuk penderita asam lambung dianjurkan untuk mengonsumsi jahe merah tidak melebihi takaran 4gram.

10. Kacang kedelai

Kacang kedelai atau Glycine max adalah tanaman yang masuk kedalam kelompok polong-polongan yang berasal dari wilayah asia timur. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman ini, di indonesia sendiri kacang kedelai biasa diolah menjadi macam-macam makanan dan minuman.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tahu dan tempe, selain kedua bahan makanan tersebut kacang kedelai juga banyak diolah jadi bumbu penyedap masakan seperti kecap dan tauco, bahkan bisa dijadikan minuman permentasi seperti yoghurt dan susu kedelai.

Tingginya kandungan nutrisi pada kacang kedelai, selain dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman, kacang kedelai juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan kacang kedelai adalah asam lambung, kandungan isoflavon disertai serat yang tinggi terbukti mampu menetralisir dan melancarkan sistem pencernaan, selain rendahnya kandungan lemak tak jenuh pada kacang kedelai,  protein dan anti-oksidan-nya diyaikini mampu menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan dan dapat membantu mempertahankan kekencangan otot pada tenggorokan sehingga sangat bermanfaat sekali untuk penderita asam lambung. Adapun untuk memperoleh khasiat dari kacang kedelai sebagai obat asam lambung bisa dengan cara mengonsumsi susu kedelai secara rutin setiap hari.

11. Kayu Manis

Kayu manis atau Cinnamomum burmanii adalah tumbuhan pohon berkayu yang masuk kedalam kelas Dicotyledonae, pohon berkulit rempah ini banyak tumbuh subur di tanah pegunungan di negara-negara kawasan asia selatan dan asia tenggara termasuk di indonesia.

Banyaknya kandungan cinnamaladehyde, tanin, safrole, eugenol, pada kulit kayu manis, maka tak heran kalau kayu manis sering dijadikan sebagai bahan-bahan untuk pembuatan produk kecantikan, makanan, minuman juga farmasi.

Kandungan minyak atsiri pada kulit kayu manis sangat berkhasiat untuk meredakan atau mengobati asam lambung, ditambah lagi efek mendinginkan yang terdapat pada kayu manis sangat baik juga buat sistem penernaan.

Cara memeperoleh khasiat dari kayu manis untuk mengobati asam lambung, bisa dengan mengonsumsi kayu manis dalam bentuk serbuk dengan takaran sehari sekali tidak boleh melebihi 6 gram.

Atau bisa juga menggunakan 3 gram akarnya yang dicampur dengan 4 gram kunyit, direbus menggunakan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. kemudian tiriskan sampai hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal. kayu manis dikonsumsi rutin sehari sekali selama 14 hari berturut-turut.

12. Kemangi

Kemangi merupakan jenis tumbuhan tanpa kayu atau berbatang lunak, tanaman yang masuk kedalam kelas lamiaceae dan memiliki nama latin Ocimum sanctum ini dapat tumbuh subur ditanah yang beriklim tropis.

Selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan, dengan melimpahnya kandungan nutrisi dan zat senyawa penting pada daun kemangi maka tanaman ini pun sangat besar manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan flavonoid dan minyak atsiri pada kemangi, serta efek mendinginkan yang dimilikinya terbukti manjur untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan sekaligus dapat mengobati asam lambung, untuk penggunaannya pun tergolong sangat mudah, Anda hanya perlu mengonsumsinya langsung sebagai lalapan saat makan. Untuk hasil maksimal, sebaiknya dilakukan selama 16 hari berturut-turut.

Kunyit atau Curcuma longa merupakan jenis tumbuhan rimpang yang sering digunakan sebagai bumbu penambah cita rasa pada masakan. Tanaman rempah-rempah yang berasal dari indo-malaysia dan india ini banyak tumbuh subur diberbagai negara di kawasan asia tenggara termasuk salah satunya di indonesia.

Selain biasa dipakai sebagai bumbu penyedap masakan, berkat kandungan berbagai jenis nutrisi dan senyawa pada kunyit maka tak heran rimpang ini juga sering dimanfaatkan  untuk kesehatan.

Tanaman yang masuk kedalam kelas Zingiberaceae atau temu-temuan ini mengandung minyak atsiri yang mempunyai khasiat untuk menetralisir sistem pencernaan bahkan mampu juga mengobati asam lambung. Selain mempunyai efek mendinginkan, anti-oksidan dan anti-inflamasi, kunyit juga mampu menghentikan dan mencegah pendarahan, serta mengurangi gas berlebih pada lambung.

Untuk membuat obat herbal asam lambung dari kunyit bisa dilakukan dengan cara berikut.

Cara pertama, 5 ruas / jari kunyit dimemar-memar atau digeprek, lalu di rebus dengan air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas, angkat, saring dan tiriskan lalu minum teratur ketika perut masih kosong.

Cara kedua, Parut atau blender segenggam kunyit, tambahkan 1/4 sendok makan garam dapur lalu dimasak bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah rebusan kunyit diangkat selanjutnya saring dan peras, konsumsi ketika masih hangat rutin dan teratur selama 2 minggu berturut-turut.

14. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera adalah tanaman dari kelas Genus aloe ini yang berasal dari wilayah jazirah arab yang kemudian pertumbuhannya tersebar luas ke beberapa negara di asia tenggara termasuk indonesia.

Tanaman yang dapat hidup dan bertahan lama dan tumbuh subur dibebagai tempat dengan jenis tanah berbeda ini, selain biasa digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan, lidah buaya juga telah banyak diproduksi sebagai minuman bahkan jadi bahan utama untuk produksi dibidang farmasi atau kesehatan.

Salah satu manfaat lidah buaya bagi kesehatan adalah khasiatnya yang mampu mengobati asam lambung, lidah buaya mempunyai sifat mendinginkan dan mencegah peradangan pada kerongkongan juga dinding lambung sehingga dapat menghentikan refluks lambung.

Untuk mengobati asam lambung menggunakan lidah buaya dapat dilakukan dengan cara meminum jus lidah buaya.

Caranya:

  • 1 Daun lidah buaya yang sudah tua dicuci bersih lalu dikupas untuk diambil daging gel nya saja, cuci kembali untuk hilangkan getah kuningnya
  • Blender gel lidah buaya
  • Tuang hanya 1/2 cangkir saja, boleh dicampurkan 1 sendok makan madu murni untuk menambahkan cita rasa
  • Minum rutin 3 kali sehari setiap sebelum makan namun tidak melebihi 7 hari secara berturut-turut

Perlu diperhatikan, ibu yang sedang hamil atau menyusui dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ramuan lidah buaya terlebih dahulu.

15. Mustard

Mustard atau Brassica juncea merupakan jenis tanaman yang termasuk kedalam jenis sesawi, tumbuhan yang disinyalir berasal dari india  ini biasanya sering digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan, salah satunya mayonaise atau saus sambal.

Namun tahukah Anda, selain dugunakan sebagai bumbu penyedap masakan ternyata mustard juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tingginya kandungan serat pada biji mustard terbukti dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, zat alkalin, mineral, dan cuka asam lemah yang terdapat pada mustard terbukti sangat berkhasiat untuk meredakan asam lambung dan menetralisir gas berlebih dalam lambung.

Untuk memperoleh khasiat mustard sebagai pereda sekaligus mengobati asam lambung bisa dengan cara mengonsumsi langsung 1 - 2 sendok teh minyak mustard ketika asam lambung sedang naik.

Demikian tadi uraian tentang penyebab asam lambung, gejala penyakit asam lambung, serta cara pencegahan sekaligus pengobatan sakit asam lambung.

Jika Anda merasa khawatir akan ada efek samping lain setelah mengkonsumsi obat herbal, terutama bagi Anda yang sedang atau pernah mengidap penyakit lainnya, atau memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan tertentu, alangkah lebih baik untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan pakar herbal atau dokter.

Gunakan dan konsumsi obat tradisional alami, ramuan herbal, atau jamu dengan pemilihan bahan-bahan yang tepat disertai pengolahan atau peracikan yang benar supaya khasiatnya benar-benar bisa dirasakan serta berfungsi dengan maksimal.

Semoga bermanfaat, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "15 Obat Tradisional Herbal yang Ampuh mengobati Asam Lambung Kronis secara Alami"