Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Daun kelor sudah tidak asing lagi bagi warga negara Indonesia. Tanaman daun kelor yang memiliki ukuran kecil ini dapat diolah menjadi bahan makanan misalnya sebagai sayuran untuk menjadi pelengkap menu makanan keluarga dengan cita rasa yang sedap dan sehat sampai dengan keperluan untuk kesehatan.

Tidak hanya sebagai bahan makanan, ternyata daun kelor juga dapat digunakan sebagai obat-obatan herbal yang memiliki kandungan vitamin C, kalsium, kalium, protein hingga zat besi yang tentunya berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Apa saja manfaat daun kelor bagi kesehatan kita? Simak penjelasan berikut!

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Mencegah Radikal Bebas

Radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan rusaknya sel sehingga menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung. Karena itu radikal bebas dalam tubuh harus diimbangi dengan makanan yang tinggi antioksidan, misalnya dengan mengonsumsi daun kelor yang memiliki kandungan senyawa sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit dalam tubuh manusia.

2. Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan masalah kronis, seperti penyakit jantung, ginjal, hingga stroke. Dalam tanaman daun kelor terdapat kandungan senyawa isothiocyanate yang berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah. Bahkan dalam sebuah penelitian seseorang yang mengonsumsi sekitar 50 gram daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21%.

Baca Juga:

3. Mencegah Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan ditandai dengan cedera yang terasa seperti luka bakar atau terinfeksi bakteri dan virus yang jika tidak segera di atasi dapat memunculkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung bahkan kanker. Mengonsumsi daun kelor efektif mencegah peradangan karena daun kelor memiliki efek anti inflamasi yang terbukti dapat meredakan gejala peradangan pada tubuh.

4. Mencegah  Obesitas

Obesitas adalah penyakit kelebihan berat badan yang tidak terkontrol.  Daun kelor memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang berfungsi membantu menurunkan berat badan, serta memiliki kandungan bioaktif yang berperan penting untuk mencegah gangguan metabolisme. Karena itu mengonsumsi daun kelor secara rutin dan teratur dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda untuk mencegah obesitas dan menjaga metabolisme tubuh.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain keempat manfaat di atas,  daun kelor juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Daun kelor memiliki kandungan nutrisi asam amino yang berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh, dan kandungan yang berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Uraian diatas merupakan informasi tentang beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi daun kelor. Sebagai salah satu bahan sayuran masyarakat Indonesia, daun kelor dapat dengan mudah kita peroleh di pasar-pasar tradisional yang menjual aneka sayur-mayur. Bahkan daun kelor juga bisa kita budidayakan dengan menanam sendiri di halaman atau kebun karena tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan"