Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Pengobatan Tradisional

manfaat daun katuk untuk pengobatan

Manfaat Daun Katuk untuk Pengobatan Tradisional -  Tanaman ini banyak ditemui di berbagai negara di Asia Tenggara dengan ketinggian 2 hingga 3 meter. Di negara Indonesia, daun katuk cukup populer untuk di olah sebagai bahan pangan kebutuhan rumah tangga, dan menjadi santapan sayur mayur yang bisa dicampur dengan sayuran lain seperti bayam atau sawi. Siapa sangka manfaatnya bisa untuk pengobatan tradisional.

Tanaman daun katuk cukup populer bagi kalangan ibu hamil atau menyusui karena dipercaya efektif untuk memperlancar dan memproduksi ASI. Selain memiliki cita rasa manis, daun katuk juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung protein, kalsium, magnesium, kalium hingga zat besi. Beberapa kandungan tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang akan dibahas di artikel ini. Simak penjelasannya!

Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Pengobatan Tradisional

1. Mengobati Flu

Tanaman daun katuk memiliki manfaat dapat mengobati flu dikarenakan beberapa kandungan yang terdapat dalam daun katuk seperti zat antioksidan yang tinggi, kaya akan vitamin C, yang berfungsi efektif menyembuhkan demam dan meredakan flu, juga meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk kolagen hingga mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi berkurangnya kepadatan tulang yang dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah pada usia rentan di atas 40 tahun. Tanaman daun katuk memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam mencegah osteoporosis. Untuk itu disarankan mengkonsumsi dengan cara yang benar dan rutin, agar manfaatnya benar-benar bisa dirasakan.

Baca Juga: 
3. Memperbanyak dan memperlancar keluarnya ASI

Daun katuk memiliki kandungan kimia sterol inhalasi yang mampu memberikan efek hormonal sehingga memicu produksi air susu sang ibu. Tidak hanya itu, daun katuk juga mengandung asam amino, vitamin B, vitamin C, zat besi dan fosfor yang dapat melembutkan tekstur ASI. Karena itu mengkonsumsi daun katuk sangat cocok dan dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil atau sedang menyusui.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi daun katuk secara teratur dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan tanaman daun katuk mengandung vitamin A tinggi yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit mata. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara mengolah daun katuk dengan benar agar vitamin A yang terkandung di dalamnya tidak rusak.

5. Memperbaiki kualitas libido

Bagi wanita, daun katuk sangat bermanfaat untuk membantu menambah kualitas dan kuantitas ASI. Namun jika dikonsumsi oleh pria daun katuk sangat berkhasiat untuk memperbaiki vitalitas pria dewasa. Tingginya kandungan senyawa fenol, glikosida, saponin, tanin, flavanoid, dan alakloid pada daun katuk, terbukti mampu melancarkan aliran darah di pembuluh darah pada alat vital pria. Sedangkan yang paling berpengaruh pada fungsi vitalitas pria dewasa adalah kandungan senyawa fitokimia pada daun katuk yang mempunyai manfaat untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas sperma.

Demikianlah beberapa manfaat dari tanaman herbal daun katuk yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain manfaat umum yang kita ketahui seperti memperlancar ASI, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh. Namun perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat memberi efek yang tidak baik bagi tubuh. Sehingga mengkonsumsi daun katuk harus dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Pengobatan Tradisional"