Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Kandungan pada Kunyit yang Jarang diketahui

khasiat kandungan kunyit

Kunyit biasa digunakan sebagai salah satu bumbu yang dapat menambah cita rasa lezat suatu masakanan, namun kunyit tidak hanya dapat menyedapkan makanan. Kunyit juga merupakan salah satu rempah yang mempunyai banyak fungsi untuk kesehatan tubuh misalnya mengatasi masalah pencernaan. Kandungan di dalam kunyit memang berkhasiat walaupun jarang diketahui.

Selain dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, kunyit ternyata juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah dengan obat-obatan yang dijual di apotek. Kunyit dapat mengurangi peradangan hingga menjadi penawar bisa ular, tidak hanya itu berikut kami sajikan manfaat-manfaat lain yang terkandung di dalam kunyit bagi kesehatan. Silahkan disimak.

Khasiat Kandungan pada Kunyit yang Jarang diketahui

1. Meredakan peradangan

Kunyit mengandung zat aktif kurkumin sebagai antioksidan yang mengandung efek anti radang poten sekitar lebih dari 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit. Zat ini mampu mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal. Sehingga dapat dijadikan sebagai cara alternatif untuk mengatasi peradangan.

2. Mengobati maag

Rempah kunyit sejak lama populer karena dapat digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami dengan menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyerinya. Curcumin dalam kunyit mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung serta mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

Baca Juga:
3. Mengempiskan perut kembung

Buang gas atau dikenal sebagai kentut menandakan sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik. Namun jika berlebihan menandakan ada sesuatu yang salah dengan perut. Kurkumin dalam kunyit membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar untuk mengurangi tekanan gas dalam perut, sekaligus membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

4. Mengurangi mual

Dalam sebuah penelitian, kunyit yang diracik atau dicampur dengan bubuk lada hitam dapat membantu kunyit bekerja lebih maksimal, karena setelah dikonsumsi, kandungan curcumin dalam kunyit lambat diserap ke dalam aliran darah, sehingga khasiatnya bagi tubuh bisa jadi hilang. Mencampur lada hitam dengan kunyit dapat meningkatkan penyerapan curcumin lebih cepat ke dalam darah sehingga lebih efektif untuk mengatasi mual.

5. Meredakan nyeri haid

Di Indonesia jamu kunyit sudah sangat populer untuk membantu meredakan nyeri haid atau nyeri datang bulan. Kunyit mempunyai manfaat yang sangat baik khususnya khasiatnya dalam mengatasi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim, produksi prostaglandin, yang adalah hormon yang membuat rasa sakit dan peradangan pada saat menstruasi.

Inilah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman rempah berwarna kuning yang cukup populer bagi ibu rumah tangga yang gemar memasak yaitu kunyit. Di beberapa daerah kunyit juga disebut sebagai kunir. Sebenarnya kunyit tidak hanya berwarna kuning, kunyit juga memiliki jenis lain yaitu kunyit putih, jadi anda dapat memilih sendiri kunyit mana yang ingin anda gunakan untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Jika Anda merasa khawatir akan ada efek samping lain setelah mengkonsumsi obat herbal, terutama bagi Anda yang sedang atau pernah mengidap penyakit lainnya, atau memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan tertentu, alangkah lebih baik untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan pakar herbal atau dokter.

Gunakan dan konsumsi obat tradisional alami, ramuan herbal, atau jamu dengan pemilihan bahan-bahan yang tepat disertai pengolahan atau peracikan yang benar supaya khasiatnya benar-benar bisa dirasakan serta berfungsi dengan maksimal.

Semoga bermanfaat, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "Khasiat Kandungan pada Kunyit yang Jarang diketahui"