Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

khasiat buah mengkudu untuk kesehatan

Buah mengkudu adalah buah yang berwarna hijau jika belum matang dan berwarna kuning jika sudah masak. Buah mengkudu ini banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara termasuk negara Indonesia. Buah mengkudu dipercaya sebagian masyarakat dapat mengobati berbagai macam penyakit salah satunya untuk menurunkan penyakit kolesterol tinggi serta menjaga kesehatan tubuh.

Buah mengkudu biasanya dapat diolah dengan mudah menjadi jus atau dengan mengonsumsi ekstrak mengkudu yang banyak tersedia di apotek. Tidak dipungkiri walaupun memiliki segudang manfaat, buah mengkudu memiliki rasa yang sangat pahit, sehingga kadang orang ragu untuk mengonsumsinya, namun masih banyak orang yang mengonsumsi buah ini karena mengetahui manfaatnya bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari buah mengkudu:

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Mengonsumsi buah mengkudu dapat meningkatkan kesehatan otak karena buah mengkudu mengandung efek terapeutik pada neurodegenerasi, juga antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif yang dapat membahayakan neuron pada otak.  Buah mengkudu dapat diolah sebagai jus untuk mencegah sel-sel otak mati. Bahkan beberapa studi di negara Jepang membuktikan manfaat mengkudu untuk mengurangi stres dan cemas bahkan depresi.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah mengkudu seperti dengan mengolahnya menjadi jus dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Kadar antioksidan yang terkandung dalam jus mengkudu telah dibuktikan melalui subjek penelitian pada perokok berat, yang dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi yang disebabkan oleh merokok tembakau.

Baca Juga:
3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dalam buah mengkudu terkandung sifat analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi, juga kaya akan asam lemak esensial yang merupakan bahan pembangun lemak dan minyak dalam tubuh yang meningkatkan fungsi membran sel, sehingga meningkatkan kesehatan kulit, dan mengobati dermatitis. Caranya dengan mengoleskan jus ke kulit atau wajah, lalu bilas dengan air. Obat serupa juga bisa membantu mengobati tanda-tanda penuaan bahkan jerawat.

4. Mencegah Kanker

Tidak hanya bermanfaat bagi organ luar tubuh seperti kulit. Buah mengkudu juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Dengan adanya berbagai kandungan dan  macam antioksidan, buah mengkudu mampu mengatasi risiko terjadinya kanker, karena memiliki sifaf untuk merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Selain itu mengkudu juga memiliki sifat antivirus sehingga dapat menangkal radikal bebas sebagai salah satu penyebab kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Dibalik aroma bau khas yang menyengat, ternyata buah mengkudu mempunyai banyak sekali manfaat yang luar biasa untuk kesehatan yang belum diketahui oleh banyak orang. Dikarenakan tampilan dan rasanya yang kurang menarik, disertai bau busuk pada mengkudu matang, sehingga buah jenis kopi-kopian ini jarang sekali dikonsumsi langsung.

Untuk digunakan sebagai obat-obatan, buah yang memiliki nama lain buah noni ini biasanya diolah dalam bentuk jus ataupun diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul.

Dengan rajin mengonsumsi buah mengkudu rutin selama sebulan terbukti mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik, dan menurunkan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dalam darah.

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah mengkudu terutama secara teratur. Meski rasanya pahit dan bau yang tajam, ada banyak sekali manfaaf yang bisa kita peroleh sehingga tidak perlu menunda lagi untuk segera mengkonsumsi jus mengkudu dengan teratur setiap hari, agar anda bisa selalu menjaga kesehatan tubuh anda serta keluarga. Cukup mudah pula mengkonsumsinya dengan membuat jus seperti biasanya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh"