Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Bahan Jamu yang Aman untuk Ibu Hamil

jamu untuk ibu hamil

Bahan Jamu yang Aman untuk Ibu Hamil - Jamu ibu hamil mungkin belum banyak yang tahu, bolehkah wanita yang sedang mengandung atau ibu hamil mengonsumsi jamu? Biasanya orang tua di jaman dulu sering menyarankan anaknya yang sedang mengandung untuk meminum jamu dengan tujuan agar bayi tetap sehat. Saat ini, jamu tidak hanya digunakan sebagai obat alami atau obat alternatif pengganti obat berbahan kimia, tapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan dan imunitas tubuh. 

Namun, meminum jamu tradisional saat hamil tidak boleh sembarangan. Ada beberapa kandungan dalam jamu yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Jika ibu hamil ingin meminum jamu, sebaiknya jangan membeli jamu kemasan yang komposisi dan efek sampingnya belum diketahui.  Karena itu artikel ini akan membahas tanaman yang dapat diolah menjadi jamu herbal yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, berikut diantaranya :

5 Bahan Jamu yang Aman untuk Ibu Hamil

1. Jahe

Morning sickness adalah terjadinya mual dan pusing yang menjadi masalah umum yang dialami ibu hamil pada kehamilan trimester pertama. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon sehingga rasa mual tidak bisa dikendalikan.
Nah, untuk mengurangi morning sickness, mual dan pusing selama masa kehamilan, tanaman rempah jahe dapat menjadi salah satu alternatif yang dianggap ampuh untuk meredakan mual dan pusing karena efek menenangkan dan rileksasi.

2. Daun Raspberry

Tanaman herbal raspberry kaya akan mineral, dan bermanfaat untuk menunjang kehamilan tetap. Daun raspberry dapat diolah menjadi jamu dan bermanfaat untuk mengurangi komplikasi yang terjadi selama kehamilan, sehingga meningkatkan peluang kelancaran selama persalinan.
Untuk menambah cita rasa bisa ditambahkan dengan daun mint, jahe atau madu yang diseduh seperti menyeduh daun teh, dengan ditambahkan air mendidih lalu minum setelah hangat.

Baca Juga:

3. Echinacea

Ibu hamil rentan terserang penyakit seperti flu dan batuk, karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Tidak jarang ini membuat ibu hamil menjadi sesak nafas akibat flu dan karena perut yang semakin membesar.
Tumbuhan Bunga echinacea bermanfaat untuk meredakan flu dan batuk pada ibu hamil yang mengalami kondisi serupa dan terbukti aman. Caranya dengan mencampurkan parutan jahe ke dalam air seduhan tanaman echinacea.

4. Cranberry

Perubahan  hormon yang dialami ibu hamil dapat mengakibatkan infeksi, seperti infeksi urinary tract infections atau infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing itu terjadi karena bakteri yang berasal dari luar tubuh masuk ke dalam tubuh melalui saluran kencing dan mengenai uretra.
Akibatnya nyeri, bau, dan terlalu sering ingin kencing. Cranberry dapat menjadi obat alami yang telah terbukti ampuh mengobati infeksi saluran kencing dapat dimakan langsung.

5. Chamomile

Pada beberapa ibu hamil sulit tidur di malam hari adalah masalah yang sering terjadi. Chamomile mengandung flavonoid yang dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh, sehingga ibu hamil akan lebih mudah mengantuk.
Caranya dengan  menyeduh bunga chamomile yang sudah dikeringkan dengan air mendidih, lalu hirup aromanya dan minum, setelah itu akan menyegarkan juga dapat membuat tubuh ibu hamil akan lebih rileks dan santai.

Meski kelima tanaman herbal diatas tergolong  aman dikonsumsi ibu selama kehamilan, namun ibu hamil juga harus membatasi pengonsumsian jamu herbal tersebut karena bisa menimbulkan adanya efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Bahan Jamu yang Aman untuk Ibu Hamil"