Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Bahan Alami untuk menjaga Kesehatan Wajah

cara menjaga kesehatan wajah dengan bahan alami

Bahan Alami untuk menjaga Kesehatan Wajah - Tanaman herbal memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Diantaranya untuk menangkal berbagai penyakit, bahkan memelihara penampilan agar selalu tampil prima. Kulit dapat selalu sehat, terawat, dan awet muda dengan berbagai resep dari bahan alami  yang sering  dijumpai disekitaran rumah kita.

Bagian terluar dan yang paling pertama melindungi tubuh manusia adalah kulit, pada bagian tersebut terdapat lapisan pelindung yang dinamakan epidermis, sedangkan dibagian tengahnya ada yang dinamakan dermis yang mana fungsi serta manfaatnya sama-sama untuk menjaga kulit dari berbagai hal yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh mannusia.

Keinginan yang kuat untuk tetap awet muda dapat membuat orang berpikir pendek dengan mencari jalan yang instan namun berakibat fatal. Misalnya dengan menggunakan berbagai kosmetik atau pemutih racikan yang ilegal dan berbahaya. Karena itu artikel kali akan membahas cara memanfaatkan tumbuhan herbal agar sehat dan wajah terlihat awet muda. Silahkan disimak.

5 Bahan Alami untuk menjaga Kesehatan Wajah

1. Sirih

Berbagai penelitian telah meneliti bahwa sirih mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman yang bermanfaat merangsang saraf pusat dan daya pikir guna menekan risiko kepikunan. Daunnya mengandung eugenol untuk meredakan nyeri.

Kandungan minyak atsirinya, yaitu chavicol dan betlephenol, memiliki daya antijamur, antioksidasi, dan antikuman. Tumbuk 4-6 lembar daun sirih, gunakan sebagai bedak kompres agar kulit tetap sehat, bersih, dan segar.

2. Timun

Timun merupakan sayuran yang juga dapat membantu mengurangi tekanan dalam darah. Tidak hanya itu timun mampu merawat kesegaran kulit wajah yang kaya akan silikon dan fluorin, serta rendah kalori.

Menimbulkan efek dingin dan segar yang terasa nyaman di kulit. Biji timun mengandung vitamin E yang berkhasiat menghambat proses penuaan dan menghapus keriput. Selain dijus, timun juga dapat diiris-iris atau diparut lalu ditempelkan ke kulit wajah anda.

3. Lidah Buaya atau Aloe Vera

Lidah buaya atau aloe vera dikenal mengandung saponin yang bersifat antikuman dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit sehingga meremajakan dan membuat kulit tampak awet muda.

Baca juga:
Gel lidah buaya mengandung lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit dan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, sehingga wajah terlihat segar berseri. Selain itu lidah buaya juga dapat mengatasi berbagai penyakit kronis.

4. Jahe

Tanaman jahe merupakan bahan alami yang cukup populer. Mengonsumsi jahe dapat membantu anda terlihat lebih awet muda dari dalam karena terpeliharanya usus yang membuat metabolisme berjalan dengan lancar dan baik.

Mengolah jahe cukup diseduh air panas atau direbus, atau serbuknya dijadikan tambahan untuk membuat masakan dan berbagai kue. Ada banyak olahan yang bisa dibuat dengan bahan jahe.

5. Bengkoang

Kandungan vitamin A, B, dan vitamin C serta senyawa beta-karoten yang tinggi pada bengkoang sangat baik untuk digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya berbagai macam merek produk perawatan untuk kulit wajah yang menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya.

Selain bermanfaat untuk menjadikan kulit wajah terlihat lebih cerah, bengkoang juga sangat ampuh untuk menyamarkan sekaligus menghilangkan noda hitam bekas jerawat serta efek penuaan dini.

Kegunaan lainnya dari bengkoang yaitu bisa membuat pori-pori wajah menjadi lebih kecil, serta sebagai solusi untuk wajah berminyak yang berlebih. Untuk menggunakan bengkoang sebagai bahan perawatan kulit wajah sangat mudah caranya dan bisa dilakukan sendiri tentunya, salah satunya yaitu dengan mengolahnya menjadi bahan untuk masker wajah.

Membuat bahan masker untuk wajah sendiri bisa menggunakan bengkoang saja, atau juga bisa juga dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya seperti madu, minyak zaitun, jeruk nipis, beras putih, atau juga putih telur.

Uraian diatas adalah beberapa khasiat atau manfaat yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan tanaman herbal yang ada disekitar kita. Tidak hanya mudah di dapat harganya pun terjangkau untuk orang orang menengah ke bawah. Namun yang menarik adalah besarnya khasiat yang bisa kita peroleh dengan menggunakan tanaman herbal. Semoga bisa membantu.

Sampai jumpa lagi di postingan Herbalidoc lainnya, salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "5 Bahan Alami untuk menjaga Kesehatan Wajah"