Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bahan alami Berkhasiat untuk menurunkan Hipertensi

bahan alami obat hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dari penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan, sehingga seseorang yang divonis atau memiliki riwayat darah tinggi harus mengontrol tekanan darahnya agar terhindar dari komplikasi akibat dari hipertensi. Tidak hanya menerapkan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi, anda juga bisa mencoba alternatif lain dengan mencoba obat herbal hipertensi atau cara alami lainnya.

Obat herbal penurun tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya sudah dikemas dalam bentuk kapsul, atau cair, dll.  Namun ternyata Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar Anda dengan mudah, cara mengolahnya pun tidak begitu rumit, sehingga Anda bisa membuatnya sendiri.  Berikut berbagai tanaman dan rempah alami yang bisa anda gunakan untuk menurunkan hipertensi:

Inilah Bahan alami Berkhasiat untuk menurunkan Hipertensi

1. Bawang putih

Bawang putih adalah rempah yang umumnya digunakan sebagai salah satu bumbu wajib disetiap masakan. Namun ternyata, bawang putih juga bisa menjadi obat herbal alami untuk menurunkan hipertensi karena memiliki senyawa allicin yang bekerja dengan meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh sehingga membuat pembuluh darah lebih rileks dan tekanan darah menurun. Dapat dikonsumsi dengan dihaluskan atau menambahkan pada masakan anda.

2. Kayu manis

Kayu manis juga sering digunakan untuk menambahkan cita rasa pada masakan. Ternyata selain digunakan sebagai bahan masakan rempah ini juga dapat menurunkan menurunkan tekanan darah sistolik maupun diastolik pada penderita diabetes tipe 2, karena diabetes tipe 2 ini diketahui menjadi salah satu penyebab terjadinya hipertensi sekunder. Caranya pun mudah hanya dengan menyeduhnya dengan air hangat atau menambahkannya pada bahan masakan.

Baca Juga:

3. Jahe

Jahe adalah rempah yang terkenal berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu jahe juga dapat dijadikan obat herbal yang dapat untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Jahe memiliki kandungan saponin, flavonoid, amine, alkaloid, dan terpenoid, yang dapat meningkatkan relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa menyeduh 1 irisan jahe dengan air hangat atau mencampurkannya pada makanan.

4. Seledri

Seledri biasa digunakan sebagai penambah aroma dan cita rasa masakan. Seledri juga menjadi bahan alami dalam menurunkan tekanan darah tinggi karena seledri mengandung zat kimia alami yang disebut dengan phthalide yang dapat membantu mengendurkan jaringan-jaringan yang terdapat di dinding pembuluh arteri, sehingga tekanan darah akhirnya menurun. Seledri juga memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat menjaga tekanan darah normal.

5. Pegagan

Sudah sejak berabad-abad tahun yang lalu, daun pegangan sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit tertentu, termasuk salah satunya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pegangan memiliki nama latin centella asiatica, atau kalau didaerah jawa barat disebut juga antanan merupakan jenis tanaman liar merambat yang banyak dijumpai dan banyak tumbuh dinegara-negara asia termasuk salah satunya di indonesia.

Kandungan asiatikosid yaitu senyawa glikosida triterpenoid sudah terbukti bisa meningkatkan mikrosirkulasi dan membantu menjaga agar proses mikrosirkulasi tetap stabil dan normal, serta membantu menurunkan permebilitas kapiler.

Demikianlah beberapa obat alami yang dapat membantu Anda menjaga dan menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun perlu diingat tidak ada obat maupun tanaman herbal yang dapat mengobati tekanan darah tinggi. Tanaman maupun rempah alami hanya dapat membantu mengontrol tekanan darah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat ala herbal !

Post a Comment for "Inilah Bahan alami Berkhasiat untuk menurunkan Hipertensi"